Ini Dia, Beberapa Lokasi Pengisian Baterai Mobil Listrik

baterai mobil listrik

Saat ini popularitas mobil listrik memang semakin tinggi di tengah masyarakat. Banyak orang yang kini beralih menggunakan mobil listrik dibandingkan dengan mobil yang menggunakan BBM. Apabila Anda termasuk orang yang sekarang menggunakan mobil listrik atau tertarik dengan mobil ini, maka sebaiknya mengetahui di mana lokasi pengisian baterai mobil listrik.

Saat ini di Indonesia sendiri, ada sekitar lebih dari 60.000 unit kendaraan listrik yang beroperasi. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap kendaraan dengan daya listrik semakin meningkat. Banyak produsen mobil yang kini menyediakan kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan baterai.

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh kendaraan-kendaraan yang menggunakan baterai dibandingkan mobil yang masih menggunakan BBM. Salah satu keunggulan utamanya adalah mobil tersebut ramah lingkungan.

Dengan mengetahui di mana saja lokasi pengisian baterai mobil listrik, Anda bisa memperkirakan kira-kira seperti apa jika Anda memiliki mobil tersebut. Semakin mudah ditemukan lokasi pengisian baterai mobil, tentu akan semakin nyaman bagi masyarakat yang ingin memilih menggunakan mobil listrik.

Lokasi Pengisian Baterai Mobil Listrik

Berbeda dengan mobil yang menggunakan bahan bakar bensin atau bahan bakar minyak, mobil listrik memiliki sumber tenaga dari baterai. Untuk melakukan pengisian baterai mobil listrik, tentu harus mengetahui di mana lokasi yang menyediakan pengisian baterai. Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa lokasi pengisian baterai mobil listrik yang ada di Indonesia:

1. Jabodetabek dan Bandung

Bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek dan Bandung, pengisian mobil listrik bisa ditemukan di banyak tempat. Berikut adalah beberapa lokasinya:

Rest Area KM 6 Jakarta – Cikampek, PLN UP3 Pondok Kopi, Indomobil MT. Haryono – Jakarta Timur, AEON Mall Tanjung Barat, PLN UP3 Jatinegara, PLN UP3 Lenteng Agung, Kantor Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, AEON JGC Cakung, PLN UP3 Cempaka Putih, BBG Plaza Mandiri, PT Pos Fatmawati, PLN UP3 Bulungan, PLN Kantor Pusat, PLN UID Jakarta Raya, KFC Artha Gading, PLN UP3 Kebon Jeruk, PLN UP3 Tanjung Priok, PLN UIP JBB, Depok, AEON BSD, PLN UP3 Bandengan, PLN UP3 Bandengan, Tangerang, PLN UID Banten, Supermall Karawaci, PLN ULP Bandung Utara, Apartemen Aeropolis, Tangcity, PLN UP3 Bandung.

2. Sumatera

Selanjutnya untuk Anda yang ingin mengetahui lokasi pengisian baterai mobil listrik di wilayah Sumatera, maka berikut adalah beberapa lokasinya:

Rest Area KM 20 B Trans-Sumatera, Els Coffee Roastery Lampung, PLN UIW Bangka Belitung, PLN UIW Riau & Kepri, Pekanbaru, Rest Area KM 49 A Lampung, PLN UIW S2JB Rivai, Palembang, PLN UIW Sumbar Kota Padang, PLN ULP Parapat Simalungun., PLN ULP Tebing Tinggi, CityView Medan, PLN ULP Medan Kota, PLN ULP Brastagi, Sumatera Utara, dan PLN UIW Aceh.

3. Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan jalan Tol Trans-Jawa

Lokasi pengisian baterai mobil listrik juga sudah tersebar di berbagai wilayah sekitar Jogjakarta, Jawa tengah, Jawa timur hingga jalan tol trans Jawa. Berikut adalah beberapa lokasinya:

Rest Area KM 208 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, Rest Area KM 519 A Ruas Solo-Ngawi, Rest Area 626B Madiun, Rest Area KM 208 B Ruas Palikanci, Rest Area KM 389 B Ruas Batang -Semarang, Rest Area KM 519 B Ruas Solo-Ngawi, Rest Area 626A Madiun, SPKLU Taman Wisata Candi Borobudur, SPKLU PLN UP3 Semarang, PLN UP3 Surakarta, SPKLU Kawasan Candi Prambanan, PLN ULP Embong Wungu, PLN S2JB Demang, SPKLU PLN UID Jawa Tengah & DIY, PT PJB, Surabaya, Jawa Timur, PLN WTC Surabaya Mall, PLN UP3 Malang, PLN UP3 Banyuwang, dan PLN UP3 Situbondo.

4. Bali dan Nusa Tenggara

Saat ini masyarakat di sekitar wilayah pulau Bali dan Nusa tenggara juga bisa menemukan banyak tempat pengisian baterai mobil. Berikut adalah beberapa lokasinya:

PLN ULP Negara Jembrana, PLN ULP Tabanan Bali, Wisma PLN Bedugul, PLN ULP Singaraja Buleleng, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Munggu Kabupaten Badung, PLN ULP Denpasar, SPKLU Kintamani, Indonesia Power Bali, SPKLU Hayam Wuruk, Kota Denpasar, SPKLU Semawang-Sanur, SPKLU Tohpati, Kota Denpasar, Central Park ITDC Nusa Dua, PLN ULP Klungkung, PLN UP3 Matara, PLN ULP Gianyar, PLN ULP Karangasem, PLN UIW NTB, PLN Kampung Ujung, Labuan Bajo, dan Paradox Kupang, NTT

5. Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, Maluku, hingga Papua

Bagi masyarakat di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Maluki juga bisa melakukan pengisian daya di berbagai tempat seperti:

PLN ULP Mattoanging Sulawesi Selatan, PLN UP3 Pare-Pare, PLN ULP Wua Wua, Kendari, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, PLN Kawasan Megamas Manado, PLN UIW Papua & Papua barat, PLN UP3 Palu, PLN UIW Suluttenggo, PLN ULP Ambon Kota, GAIA Mall, Kalimantan Barat, PLN UIW Kalimantan Selatan dan Kalimantang Tengah, PLN UIW Katimra, EVC Merak Square Samarinda, EVC Plaza balikpapan, dan PLN UP3 Samarinda.

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik

Setelah Anda mengetahui di mana saja lokasi yang bisa digunakan untuk mengisi baterai pada mobil listrik maka juga perlu mengetahui tentang cara mengisi baterai. Ketika mengisi baterai, biasanya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan petugas.

Anda harus menyiapkan konektor, dan juga adaptor agar bisa terhubung ke sumber listrik. Anda juga harus memahami bahwa ternyata terdapat dua macam pengisian daya baterai yaitu on- board charger dan juga out-board charger.

Jenis pengisian on-board adalah untuk jenis mobil yang chargernya sudah terpasang pada mobil. Sedangkan off-board charger, memiliki charger terpisah. Mobil saat ini kebanyakan menggunakan jenis yang pertama yaitu on-board charger. Hal ini tentu akan memudahkan masyarakat untuk mengisi daya secara praktis.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya masyarakat tetap bisa mengisi baterai mobil listrik di rumah. Hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mengisi mobil di rumah akan jauh lebih lama yaitu bisa mencapai 17 jam. Sedangkan apabila Anda mengisi di tempat pengisian umum, maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 3 jam saja.

Bagi pemilik kendaraan seperti mobil baik itu mobil dengan bahan bakar minyak ataupun bahan menggunakan baterai, sebaiknya mempertimbangkan untuk memiliki asuransi mobil. Anda bisa dengan mudah menemukan penyedia layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia dengan membuka website cekpremi.

Website ini akan membantu Anda untuk menemukan penyedia layanan terpercaya di Indonesia. Anda bisa membandingkan beberapa menyedia layanan kemudian menentukan pilihan mana yang terbaik. Tidak perlu ragu lagi, apabila ingin memberikan perlindungan untuk mobil Anda maka bisa langsung membandingkan premi melalui website Cekpremi. Kini Anda telah mengetahui dimana lokasi pengisian baterai mobil listrik dan bagaimana cara menemukan asuransi terbaik. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Auto2000

Mobil 123