Apa Itu BCA Bisnis? Intip Cara Daftar dan Pakainya

bca bisnis

BCA menjadi lembaga perbankan swasta terdapat di Indonesia, pasalnya banyak produknya yang membantu masyarakat. Salah satunya BCA bisnis yang ditujukan untuk mempermudah pebisnis dalam bertransaksi.

Dibandingkan menggunakan rekening pribadi, BCA menawarkan pengusaha untuk membuka rekening bisnis untuk mendapatkan berbagai layanan yang membantu. Nantinya pebisnis bisa dengan mudah melakukan aktivitas seperti transaksi ke mitra bisnis hingga karyawan. Simak informasi selengkapnya.

Apa Itu BCA Bisnis dan Tujuannya

Semakin hari kebutuhan para pebisnis dalam mengelola keuangan sangat banyak dan mendetail. Oleh karena itu pengusaha membutuhkan layanan yang memudahkan pengelolaan keuangan mereka yang hubungannya untuk transaksi.

Melihat kebutuhan masyarakat ini, BCA lantas mengeluarkan layanan khusus bisnis dalam bentuk internet banking yang disebut dengan BCA bisnis. Berbeda dengan internet banking yang bisa langsung digunakan hanya dengan memiliki rekening BCA.

Mengingat produk inovasi dari BCA ini khusus untuk pebisnis untuk bisa menggunakannya Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Tujuan utama BCA menyelenggarakan produk ini adalah untuk mempermudah nasabah bisnis melakukan berbagai transaksi secara online.

Sesuai dengan namanya internet banking, Anda bisa menggunakan layanan ini melalui smartphone atau komputer. Melalui BCA Bisnis ini Anda bisa melakukan aktivitas seperti transfer ke mitra bisnis, klien, konsumen, karyawan, kredit, sampai dengan mengecek informasi finansial.

Bagaimana Cara Mendaftar BCA Bisnis?

Sumber: https://elements.envato.com/business-people-are-meeting-for-analysis-data-figu-BXQ58KA

Perlu Anda ketahui bahwa agar bisa mendapatkan layanan dari BCA ini Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran hanya akan dilayani melalui kantor cabang BCA.

Anda bisa mencari di mana kantor cabang BCA terdekat setelah memenuhi syaratnya. Proses pengajuannya termasuk cepat selama syarat sudah dipenuhi. Berikut ini apa saja syarat sekaligus cara mendaftarnya secara lengkap.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Sebelum datang ke kantor cabang BCA terdekat lebih baik Anda memenuhi syarat berupa dokumen dan juga kepemilikan rekening tertentu. Berikut ini syaratnya.

  • Syarat Rekening

Hanya Anda yang sudah memiliki rekening Tahapan Gold yaitu rekening khusus untuk pebisnis yang bisa mendaftar. Bisa juga Anda yang sudah bergabung sebagai nasabah giro. Nantinya Anda akan diminta menunjukkan buku rekening tersebut.

  • Kartu Identitas

BCA hanya akan menerima kartu identitas berupa e-KTP yang Anda miliki dan dapatkan dari pemerintah. e-KTP ini juga harus asli jadi Anda tidak bisa mewakilkannya pembuatannya untuk orang lain.

  • NPWP

Siapkan juga dokumen berupa NPWP khusus usaha badan bukan pribadi. NPWP ini bisa Anda buat terlebih dahulu secara online melalui e-Reg DJP online.

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Anda juga harus bisa menunjukkan SIUP miliki perusahaan. SIUP ini merupakan surat izin penting yang menandakan bahwa bisnis yang Anda tekuni legal. Proses pengurusannya bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan setempat.

  • Kontak Aktif

Penting juga untuk mempersiapkan kontak yang aktif seperti nomor telepon dan juga alamat email yang bisa dihubungi.

Tahapan Pendaftaran

Sudah memenuhi semua syarat dan mempersiapkan dokumennya? Anda bisa langsung membuat BCA bisnis dengan datang ke kantor cabang terdekat. Khusus untuk dokumen lebih baik untuk fotokopi terlebih dahulu supaya prosesnya semakin cepat.

Berikut ini langkah pendaftaran di kantor cabang BCA.

  1. Datang ke kantor cabang BCA dan mengambil nomor antrian ke customer service.
  2. Kemudian jelaskan niat Anda untuk mendaftar BCA untuk bisnis, maka petugas bank akan memberikan formulir pendaftarannya.
  3. Isi formulir dengan benar kemudian serahkan juga dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  4. Petugas akan mengecek permohonan Anda kemudian mendaftarkan sesuai dengan identitas.
  5. Apabila permintaan Anda disetujui maka petugas akan memberikan user ID, Corporate ID, KeyBCA, dan VPN Installer. Semua data ini akan digunakan untuk mengakses akun di internet banking. Termasuk PIN KeyBCA yang akan dikirim terpisah demi keamanan.

Cara Menggunakan BCA Bisnis

Berhasil mendaftar? Langkah selanjutnya adalah mengakses akun pertama kali. Pastikan terlebih dahulu koneksi internet Anda aman dan juga lancar. Prosesnya akan menggunakan PIN KeyBCA yang sifatnya rahasia oleh karena itu keamanan jaringan sangat penting.

  1. Anda bisa langsung masuk ke halaman https://vpn.klikbca.com terlebih dahulu di web browser smartphone atau komputer.
  2. Pada halaman utama Anda bisa memasukkan user ID dan corporate ID di kolom pertama tanpa menggunakan spasi.
  3. Kemudian pada kolom berikutnya Anda bisa memasukkan password yang didapatkan dari keyBCA tadi dengan menekan angka 1.
  4. Kemudian Anda akan diarahkan ke login KlikBCA selanjutnya dan masukkan lagi corporate ID serta user ID namun kali ini pada kolom yang berbeda.
  5. Masukkan kembali password baru dari KeyBCA dengan menekan angka 1.
  6. Setelah itu Anda akan diarahkan ke KlikBCA login, dari sini barulah pilih login ke akun bisnis.
  7. Sekarang akun bisnis Anda sudah aktif dan siap untuk digunakan.

Selama menggunakan layanan ini pastikan bahwa informasi seperti user ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA tidak diketahui oleh orang lain. Biasakan untuk selalu logout setelah Anda login dan tidak meninggalkan komputer atau smartphone.

Fitur-Fitur Penting untuk Dipelajari

KlikBCA individual bisnis sudah menyediakan beberapa fitur penting untuk digunakan oleh pebisnis. Anda yang sudah berhasil mendaftar dan login bisa mempelajari beberapa fitur berikut ini.

  • Informasi Finansial

Pada fitur ini Anda bisa mengecek informasi seperti saldo rekening, mutasi rekening, mutasi rekening bulk, rekening koran sampai dengan e-statement.

  • Laporan Finansial

Ada juga fitur yang memudahkan Anda untuk mengecek laporan finansial. beberapa laporan seperti laporan portofolio nasabah ketika Anda melakukan investasi. Begitu juga laporan debit BCA.

Anda yang menggunakan kartu kredit akan mendapatkan laporan juga berupa transaksi dan juga limitnya.

  • Transfer Dana

Informasi mengenai transfer dana antar rekening BCA, ke BCA virtual account, rekening dalam negeri menggunakan BI Fast sampai dengan kiriman valas ke rekening bank lain akan muncul.

BCA bisnis sangat mudah dimiliki dan memiliki banyak fitur yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis. Demi pengelolaan finansial lebih baik lagi, Anda yang memiliki kendaraan pribadi atau untuk bisnis juga perlu memeliharanya dengan baik.

Salah satunya dengan memiliki asuransi mobil sebagai bentuk perlindungan di masa mendatang. Anda bisa membandingkan terlebih dahulu mana asuransi yang sesuai kebutuhan melalui Cekpremi.

Cekpremi akan memudahkan Anda mencari asuransi yang sesuai kriteria, caranya hanya perlu memasukkan informasi kendaraan. Informasi asuransi pun akan muncul dan bisa Anda langsung bandingkan. Yuk cek di Cekpremi sekarang.

Sumber:

Tempo

BCA

Kompas