Catat! Sebelum Beli Asuransi Kesehatan Perhatikan 7 Hal Ini

beli asuransi kesehatan

Sudahkah Anda beliasuransi kesehatan? Apa produk dan perlindungan yang didapatkan? Jangan sampai menyesal karena salah pilih asuransi hingga akhirnya Anda tidak mendapat perlindungan yang sebenarnya dibutuhkan. Pemilihan asuransi harus dilakukan dengan jeli dan hati-hati. beli asuransi kesehatan

Apalagi jika Anda membeli asuransi bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga keluarga, terutama anak-anak dan orang tua. Usia yang rentan akan risiko penyakit sangat membutuhkan asuransi yang tepat demi perlindungan yang optimal. Lalu bagaimana sebaiknya Anda memilihnya?

asuransi kesehatan

7 Hal Wajib Diperhatikan sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Ada begitu banyak perlindungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi ini, mulai dari rawat inap, rawat jalan, melahirkan, general check up dan masih banyak lagi. Selama memilih asuransi yang tepat, maka manajemen keuangan menjadi aman dan masalah kesehatan tidak akan membuat Anda semakin pusing.

Jaminan perlindungan akan diberikan oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang. Demi mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, beberapa hal berikut ini patut Anda perhatikan.

Tidak Menunda Pembelian Asuransi

Sedini mungkin Anda harus membeli asuransi bahkan saat kondisi Anda sehat dan masih di usia muda. Jangan menunggu diri Anda atau keluarga mengalami risiko kesehatan baru membeli asuransi. Perlu diingat bahwa Anda yang membeli asuransi sekarang belum tentu bisa langsung klaim keesokan harinya.

Bukan hanya itu, apabila Anda membeli asuransi dalam kondisi sakit maka premi yang diberikan pun bisa jadi lebih tinggi. Selain itu pihak asuransi bisa saja menolak pengajuan pendaftaran yang Anda lakukan. Oleh karena itu sedini mungkin Anda harus bisa membeli asuransi baik untuk diri sendiri hingga keluarga.

Mengenali Apa Saja Kebutuhan Diri

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung dan penyedia asuransi akan mengganti biaya pengobatan. Hanya saja jenis perlindungan dan penggantian biaya obat berbeda-beda tergantung perusahaan. Oleh karena itu penting sekali untuk lebih selektif dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Misalnya, Anda belum berkeluarga maka asuransi individu bisa dipilih namun jika sudah memiliki keluarga Anda bisa memilih paket asuransi keluarga. Begitu juga jika Anda adalah pemilik perusahaan, maka asuransi untuk kesehatan karyawan perlu dipertimbangkan.

Mempelajari Sistem Asuransi

Selain kebutuhan Anda harus tahu seperti apa sistem asuransi dan polis pada umumnya. Jangan sampai Anda tertipu dengan penawaran agen asuransi atau promonya saja. Contoh yang paling umum adalah soal sistem penggantian biaya pengobatan hingga perawatan di rumah sakit.

Ada dua sistem yang bisa Anda pilih yaitu reimburse di mana Anda perlu mengeluarkan uang pribadi baru melakukan klaim asuransi. Bisa juga sistem penggantian langsung sehingga Anda tidak perlu membayar biaya pengobatan terlebih dahulu.

Begitu juga dengan bagaimana pengurusan pembelian produk, surat-surat asuransi dan lainnya. Penting juga untuk mempelajari sistem perawatan yang diberikan, apakah asuransi menjamin rawat inap saja, rawat jalan saja atau keduanya.

Menyesuaikan Premi dengan Kemampuan

Hal paling penting yang harus Anda sadari adalah soal kemampuan diri. Biaya beli asuransi kesehatan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Ingatlah bahwa Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi per bulannya. Besar kecilnya premi ini akan menentukan penggantian biaya pengobatan yang bisa Anda peroleh.

Jangan takut dengan biaya premi mahal demi mendapatkan pengobatan yang paling baik. Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan paket-paket asuransi dengan premi yang terjangkau. Lebih mudahnya, Anda bisa mengecek kondisi keuangan supaya bisa memilih premi asuransi yang tepat.

Pasalnya jika Anda membeli asuransi dan gagal membayar premi maka ada beberapa risiko yang dialami. Klaim tidak akan bisa dilakukan hingga status kepesertaan diblokir. Jadi saat Anda mengalami risiko asuransi tidak bisa digunakan, jadi lebih baik sesuaikan keuangan Anda dengan preminya.

Hanya Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Anda tidak akan tertipu dengan asuransi yang sudah dibeli jika dari awal memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Anda perlu mengenal lebih jauh mengenai kapasitas perusahaan asuransi baik dari segi cara klaim sampai dengan proses pembeliannya.

Perusahaan yang terpercaya tidak akan mempersulit Anda ketika mengajukan klaim selama kewajiban premi terlaksana dengan baik. Bagaimana cara Anda tahu reputasinya, bisa mencari informasi melalui pengguna asuransi dari perusahaan tersebut dan media. Begitu banyak perusahaan asuransi terkemuka yang bisa dicek.

Pastikan juga bahwa perusahaan asuransi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengapa OJK? Membeli asuransi sama saja seperti menginvestasikan uang Anda, oleh karena itu perusahaan yang operasionalnya diawasi oleh OJK membuat investasi uang Anda lebih aman.

Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Anda bisa merasakan keuntungan beli asuransi kesehatan selama memilih perusahaan dengan jaringan rumah sakit yang luas. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapat pengobatan di mana saja. Cari tahu apakah perusahaan tersebut memiliki jaringan rumah sakit sampai luar negeri jika Anda kerap bepergian.

Kenali juga apakah rumah sakit yang terjaring tersebut terkemuka, berkualitas, memiliki peralatan kedokteran yang mumpuni begitu juga dengan tenaga kesehatannya. Anda akan mendapat pelayanan terbaik di rumah sakit yang bagus pula.

Jangan Ragu Membandingkan Asuransi

Luangkan waktu Anda untuk memilih produk dan perusahaan asuransi. Anda tidak perlu ragu untuk membandingkan produk-produk yang ditawarkan secara langsung. Ada beberapa hal yang bisa Anda bandingkan saat memilih seperti tinggi rendahnya premi, jaringan rumah sakit, sampai manfaat perlindungan yang ditawarkan.

Kembali lagi pada hal yang harus diperhatikan nomor dua tadi, Anda perlu membandingkan kemudian menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai ada produk yang terlewatkan padahal sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk membandingkannya.

Kini untuk membandingkan mana asuransi kesehatan yang tepat Anda tidak perlu lagi menemui agen asuransi. Anda bisa mencari informasinya hanya melalui Cekpremi hanya dengan mengisi data jenis pertanggungan hingga daerah Anda.

asuransi kesehatan

Beragam informasi produk asuransi dari berbagai perusahaan bisa Anda dapatkan dalam waktu singkat dan gratis! Anda tidak perlu bingung lagi untuk membandingkan dan bisa langsung membeli asuransi yang sesuai kebutuhan. Tidak ada lagi kata menunda, cek di Cekpremi sekarang.