Biaya Kuret tanpa BPJS, Berapa Estimasinya?

biaya kuret tanpa bpjs

Prosedur kuret atau yang juga disebut kuretase ini adalah sebuah tindakan medis yang cukup umum dilakukan atas saran dokter. Kuret atau kuretase merupakan suatu prosedur medis yang tujuannya adalah untuk mengeluarkan jaringan yang terdapat di bagian dalam rahim, yang biasa disebut dengan endometrium. Adapun prosedur ini dapat dilakukan di Puskesmas yang memiliki peralatan lengkap dan juga rumah sakit. Untuk biayanya sendiri berbeda-beda, berikut penjelasan biaya kuret tanpa BPJS.

Tujuan Tindakan Kuret

Tindakan kuret ini dapat dilakukan untuk keperluan identifikasi dan juga diagnosis suatu penyakit, hingga sebagai langkah pengobatan penyakit tertentu. Anda akan disarankan untuk melakukan tindakan kuret, jika mengalami kondisi seperti berikut ini:

  1. Terjadinya pendarahan abnormal dari rahim.
  2. Mengalami perdarahan dari jalan lahir setelah masa menopause.
  3. Melalui pemeriksaan pap smear ditemukan adanya sel endometrium abnormal
  4. Mengalami keguguran.
  5. Adanya polip di rahim atau organ serviks.
  6. Hamil anggur.
  7. Mengalami pendarahan setelah melahirkan atau masih adanya sisa ari-ari yang masih menempel di dalam rahim.

Berbagai Risiko dan Komplikasi Tindakan Kuret

Meskipun kuret adalah prosedur medis yang umum dilakukan, namun ada beberapa risiko yang terkait dengan tindakan tersebut, termasuk:

  1. Adanya risiko infeksi setelah kuret, sehingga akan memberikan antibiotik guna mengurangi risiko tersebut.
  2. Perdarahan merupakan komplikasi umum setelah kuret yang biasanya akan berkurang dalam waktu beberapa hari atau minggu pasca prosedur.
  3. Terjadinya kerusakan pada dinding rahim, meski sangat jarang terjadi.
  4. Pasca kuret, Anda mungkin saja akan mengalami nyeri perut seperti nyeri menstruasi.
  5. Terjadinya perubahan pada siklus menstruasi.
  6. Mengalami mual dan pusing akibat efek samping penggunaan obat bius.
  7. Perforasi rahim yang bisa saja terjadi, apabila alat bedah menusuk dan mengakibatkan adanya lubang pada rahim.
  8. Munculnya jaringan parut di dalam rahim atau sindrom Asherman.

Meski menjadi sebuah tindakan medis umum, bukan berarti prosedur ini tanpa risiko ataupun komplikasi. Melihat hal ini, maka penting bagi Anda untuk memiliki jaminan kesehatan dari BPJS ataupun asuransi kesehatan. Pasalnya, biaya kuret tanpa BPJS cukup mahal.

Berapa Biaya Kuret tanpa BPJS di Puskesmas?

Layanan kuretase juga bisa dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, yakni puskesmas. Apabila Anda datang ke puskesmas untuk melakukan tindakan kuret, maka biayanya bisa gratis menggunakan BPJS. Sementara bila menggunakan dana mandiri, maka berikut ini rincian biaya kuret tanpa BPJS..

  1. Daftar administrasi Puskesmas sekitar Rp15.000 – Rp20.000.
  2. Biaya konsultasi beserta obat dari dokter bervariasi antara Rp60.000 sampai Rp100.000.
  3. Daftar Konsultasi Dokter Spesialis dan USG minimal Rp100.000.
  4. Tindakan Kuret dengan harga beragam mulai dari 1.200.000 hingga belasan juta.

Meski di Puskesmas, namun harganya tetap terbilang cukup mahal bila tanpa BPJS. Maka dari itu, banyak orang memanfaatkan BPJS untuk biaya kesehatan. Meski nantinya ada obat dan layanan yang tidak dicangkup dalam BPJS, tapi setidaknya biaya yang Anda keluarkan masih cukup terjangkau.

Berapa Biaya Kuret tanpa BPJS di Rumah Sakit?

Biaya kuret ini dapat ditanggung oleh BPJS atau asuransi. Namun, bila Anda tidak memiliki BPJS dan asuransi, Anda tetap dapat melakukan tindakan kuret hanya saja dengan biaya yang tidaklah murah. BPJS memang memberikan manfaat yang menguntungkan bagi setiap pesertanya.

Kehadiran BPJS mampu memberikan pelayanan kesehatan secara gratis di rumah sakit. Hal ini merupakan upaya yang positif guna meningkatkan akses masyarakat yang lebih baik terhadap pelayanan kesehatan. Meski begitu, beberapa orang tidak memiliki BPJS, sehingga pembayaran harus dilakukan dengan biaya sendiri.

Adapun biaya kuret di rumah sakit dapat bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, konsultasi dokter, prosedur kuret, biaya ruang perawatan (jika diperlukan), obat bius yang digunakan, serta biaya-biaya lain seperti biaya laboratorium dan biaya administrasi.

Secara umum, kisaran biaya kuret tanpa BPJS di rumah sakit Indonesia cukup bervariasi dengan harga paling murah sekitar Rp1.200.0000 hingga belasan juta rupiah. Hanya saja, biaya ini belum termasuk dengan pelayanan lain yang diperlukan selama perawatan dan pemulihan.

Berikut ini adalah beberapa daftar biaya kuret tanpa BPJS di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia. Anda bisa menjadikannya referensi sebelum melakukan tindakan kuretase.

  1. Rumah Sakit Agung

Rumah Sakit Agung berlokasi di Setiabudi, Jakarta Selatan yang biayanya relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp1.452.000.

  1. Rumah Sakit Umum Zahirah

Untuk biaya kuretase di Rumah Sakit Umum Zahirah yang terletak di Jagakarsa, Jakarta ini cukup terjangkau, mulai dari Rp2.221.000.

  1. Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran

Selanjutnya, ada Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, yang memberikan layanan kuret dengan harga cukup terjangkau dimulai dari Rp5.025.000.

  1. Rumah Sakit Premier Jatinegara

Layanan kuret di Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta mulai dari harga Rp8.000.000, tergantung dari fasilitas pelayanan yang diberikan.

  1. Mayapada Hospital Kuningan

Tindakan kuret di Mayapada Hospital Kuningan yang berlokasi di Setiabudi, Jakarta dimulai dari harga Rp8.430.000.

  1. Rumah Sakit Brawijaya Antasari

Rumah Sakit Brawijaya Antasari menawarkan layanan kuret yang dimulai dari harga Rp11.218.000.

  1. Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Berikutnya, ada Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang menyediakan layanan kuretase dengan biaya paling murah adalah sekitar Rp12.550.000.

  1. MRCCC Siloam Hospital Semanggi

Sementara itu, biaya melakukan kuretase di MRCC Siloam Hospital Semanggi tidaklah murah, dimana Anda akan dikenakan biaya paling murah sekitar Rp16.000.000.

  1. RSIA Bunda Jakarta

RSIA Bunda Jakarta yang berlokasi di daerah Menteng, Jakarta ini menawarkan layanan kuret dengan biaya paling murah mulai dari Rp17.000.000.

Kuret adalah prosedur medis yang memerlukan biaya bila dilakukan tanpa BPJS. Untuk mendapatkan perkiraan biaya kuret tanpa BPJS yang lebih akurat, sebaiknya Anda menghubungi rumah sakit pilihan dan bertanya langsung tentang biaya kuret yang berlaku di tempat tersebut. Dengan asuransi kesehatan, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan biaya yang harus Anda bayar secara pribadi.

Jumlah biaya tersebut tergantung pada polis asuransi Anda. Kuret biasanya melibatkan rawat inap di rumah sakit. Asuransi kesehatan bisa membantu menanggung biaya perawatan, termasuk biaya kamar, perawatan medis, dan perawat. Dapatkan informasi dan rekomendasi asuransi kesehatan terlengkap dengan bantuan tim ahli di Cekpremi.com!

Referensi :

IDX Channel

Alodokter

Lancar