Berapa Biaya Operasi Ambeien? Ini Estimasinya!

Biaya Operasi Ambeien

Ambeien adalah gangguan yang terjadi di area anus. Kondisi ini bisa muncul tanpa disadari, karena seringkali tanpa menunjukkan gejala. Bila dibiarkan tanpa penanganan dan kondisi tak kunjung membaik, penyakit ini bisa menimbulkan risiko komplikasi. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu ambeien, gejala, penyebab, hingga biaya operasi ambeien, perhatikan informasi berikut!

Apa itu Penyakit Ambeien?

Penyakit ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar rektum atau anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi penyakit ini terbagi ke dalam dua jenis, yakni internal dan eksternal. Pada ambeien internal, pembuluh darah yang terletak di dalam rektum membengkak.

Hal ini membuat benjolan seringkali tidak terlihat atau teraba. Gejala umumnya termasuk perdarahan rektal, terutama saat buang air besar, dan mungkin prolaps (keluarnya jaringan internal ke luar). Sementara pada ambeien eksternal, pembuluh darah yang bengkak terletak di luar anus.

Kondisi ini biasanya terasa atau terlihat sebagai benjolan kecil di sekitar anus dan dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, atau peradangan. Ambeien bisa menjadi masalah yang mengganggu dan memerlukan perawatan medis tergantung pada tingkat keparahan dan gejalanya.

Faktor Risiko dan Penyebab Ambeien

Ambeien atau wasir umumnya disebabkan oleh tekanan berlebihan pada pembuluh darah yang terdapat di sekitar anus/rektum. Terdapat beberapa faktor yang berisiko meningkatkan terjadinya ambeien (wasir), diantaranya seperti berikut.

  1. Sembelit atau konstipasi yang terjadi secara terus-menerus akibat asupan serat tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik.
  2. Gangguan pencernaan seperti diare berkepanjangan.
  3. Mengalami obesitas atau kondisi berat badan berlebih.
  4. Memiliki riwayat ambeien (wasir).
  5. Duduk terlalu lama dan sering
  6. Mengalami batuk dan muntah berkepanjangan.
  7. Terlalu sering mengangkat beban yang berat.
  8. Kehamilan, akibat tekanan ekstra pada pembuluh darah.
  9. Penuaan, karena pembuluh darah di daerah tersebut cenderung melemah seiring bertambahnya usia.

Cara Mengobati Benjolan Ambeien

Untuk mengobati ambeien, pastikan Anda bahwa hanya berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan dan terapi yang sesuai dengan kondisi. Berikut ini beberapa cara yang biasanya disarankan dokter untuk mengobati ambeien:

  1. Konsumsi obat ambeien.
  2. Menggunakan obat oles atau salep suppositoria.
  3. Konsumsi suplemen serat, seperti psyllium dan methylcellulose.
  4. Tindakan operasi pengangkatan penyakit ambeien atau hemoroidektomi, yang dilakukan dengan mengangkat benjolan pembuluh darah dan juga jaringan berlebih yang menjadi penyebab perdarahan.
  5. Stapling hemoroid, dilakukan dengan menutup aliran darah ke jaringan hemoroid, biasanya dilakukan pada jenis ambeien internal.
  6. Trombektomi ambeien eksternal, sebuah prosedur medis terapi ambeien yang dilakukan dengan melakukan sayatan dan juga drainase sederhana.
  7. Ligasi karet gelang, dimana dokter akan memberikan ikatan satu atau dua pitak karet kecil pada area di sekitar ambeien internal yang bertujuan untuk memutus aliran darah.
  8. Injeksi skleroterapi, yakni terapi dengan menyuntikkan larutan kimia khusus ke area benjolan supaya mengempis.
  9. Elektroterapi, merupakan terapi menggunakan arus listrik yang bertujuan untuk mengempiskan benjolan pada ambeien internal.
  10. Terapi inframerah, yang dilakukan untuk membentuk jaringan parut agar memutus aliran darah ke jaringan ambeien yang hanya dilakukan hanya untuk ambeien internal.
  11. Terapi laser, berguna untuk membakar dan mengempeskan benjolan atau pembengkakan ambeien.

Cara untuk mengobati benjolan ambeien sebaiknya dilakukan dengan konsultasi kepada dokter untuk diagnosis yang tepat. Lantas, kapan Anda harus memeriksakan diri ke dokter dan berapa biaya operasi ambeien? Anda harus periksa dokter bila mengalami tanda dan gejala yang mengarah ke ambeien.

Waspadai pula bila Anda mengalami kondisi seperti benjolan yang terasa nyeri dan tak kunjung membaik meski sudah diobati di rumah, BAB berdarah atau berwarna kehitaman, serta merasakan pusing atau kliyengan. Apabila mengalami kondisi yang parah dan semakin memburuk seperti ini, segeralah berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan terbaik.

Berapa Biaya Operasi Ambeien?

Untuk mengobati penyakit ambeien, salah satu langkah efektif yang akan dokter sarankan adalah dengan melakukan operasi. Meski begitu, perlu Anda tahu bahwa biaya operasi ambeien juga tidaklah murah.

Biaya tindakan operasi ambeien di rumah sakit yang dilakukan tanpa alat tambahan biasanya berkisar antara Rp4.000.000 – RP8.000.000. Sementara bila memerlukan tambahan alat, biasanya biayanya akan berkisar antara Rp10.000.000 – Rp30.000.000.

Secara umum, biaya untuk operasi ambeien ini bisa menjadi mahal karena melibatkan prosedur medis yang memerlukan tindakan pembedahan dengan dokter spesialis. Biaya ini meliputi biaya rumah sakit, konsultasi dan tindakan dokter, anestesi, obat-obatan, hingga perawatan pasca operasi.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan bagian administrasi rumah sakit untuk mendapatkan perkiraan biaya operasi ambeien yang lebih akurat sebelum memutuskan menjalani operasi ambeien. Maka dari itu, menggunakan jaminan kesehatan bisa menjadi solusi untuk membantu menutupi sebagian biaya tersebut.

Solusi Atasi Biaya Operasi Ambeien yang Mahal

BPJS Kesehatan di Indonesia bisa menjadi salah satu jaminan kesehatan untuk pengobatan ambeien. Kepemilikan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sangat penting untuk operasi ambeien karena memberikan jaminan kesehatan bagi pesertanya.

Dengan BPJS, peserta dapat mendapatkan layanan medis, termasuk operasi ambeien, tanpa harus membayar biaya penuh. Pasalnya, biaya operasi ambeien bisa mahal, karena memerlukan rawat inap dan tindakan bedah. Tanpa adanya jaminan kesehatan, tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk operasi.

Namun terkadang, BPJS tidak akan menanggung biaya operasi ambeien secara penuh karena beberapa faktor seperti pilihan rumah sakit, dokter spesialis, serta adanya tambahan obat-obatan tertentu. Melihat hal ini, maka asuransi kesehatan dapat membantu melindungi Anda dari biaya medis yang tinggi.

Dengan asuransi, Anda dapat mengakses perawatan kesehatan yang lebih berkualitas yang mungkin diperlukan untuk operasi ambeien. Asuransi kesehatan juga dapat mencakup pemeriksaan rutin dan perawatan awal, yang dapat membantu mencegah perkembangan ambeien menjadi tahap yang memerlukan operasi.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat memiliki perasaan tenang dan fokus pada pemulihan setelah operasi tanpa harus khawatir tentang beban keuangan yang besar. Namun perlu Anda ketahui, pastikan untuk memperhatikan polis asuransi kesehatan yang Anda beli benar-benar mengcover biaya untuk operasi ambeien.

Cekpremi hadir untuk membantu Anda dalam menyediakan berbagai informasi dan produk mitra asuransi yang terpercaya. Kunjungi Cekpremi.com dan Anda akan mendapatkan bantuan dari para tim ahli dalam memilih produk asuransi yang tepat!

Sumber :

Eka Hospital

Halodoc

Siloam Hospital

Grid

Hello Sehat

Vena Wasir