Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Jakarta

biaya perawatan saluran akar gigi

Mengalami gigi berlubang yang cukup parah? Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan perawatan saluran akar. Biaya perawatan saluran akar gigi ini bervariasi tergantung dengan klinik atau rumah sakit yang Anda datangi.

Biasanya biaya perawatan ini akan dipatok berdasarkan per kedatangan. Banyak juga yang bertanya perawatan saluran akar gigi berapa kali? Perlu diketahui bahwa Anda setidaknya membutuhkan tiga kali datang ke dokter. Berapa estimasi biayanya di klinik atau rumah sakit di Jakarta bisa Anda simak dulu.

Daftar Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi Klinik dan RS di Jakarta

Perawatan saluran akar ini dipilih dokter untuk menghindari proses pencabutan gigi. Prosesnya sendiri adalah dengan membuang isi dari saluran akar dan membersihkan rongganya. Dokter akan menambal rongga tersebut supaya tidak terjadi infeksi berulang.

Anda yang mengalami infeksi bagian pulpa, gigi patah, gigi berlubang yang dalam dan cedera pada gigi pasti akan disarankan melakukan perawatan ini. Soal biaya perawatan saluran akar gigi berikut ini beberapa estimasinya di area Jakarta.

  • Klinik Miracle

Klinik yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, di Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 8 ini buka 24 jam. Ada tiga jenis perawatan akar gigi yang ditawarkan yaitu endo gigi sulung dan endo gigi permanen anterior dengan biaya Rp350.000.

Ada juga layanan endo gigi permanen posterior dengan harga lebih mahal Rp500.000. Semua perawatan akar gigi akan ditangani oleh dokter langsung jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya. Klinik Miracle juga sudah menyediakan 5 dokter yang profesional.

  • Mayapada Hospital Kuningan

Rumah sakit ini berada di Jalan H.R Rasuna Said, Jakarta Selatan. Khusus untuk perawatan saluran akar gigi Anda bisa memilih dari tiga dokter yang tersedia. Biaya perawatan saluran akar gigi di sini mulai dari Rp743.000 per kunjungan.

Biasanya pasien akan membutuhkan waktu sedikitnya 3 kali kunjungan untuk perawatan akar gigi. Jadi Anda perlu biaya kurang lebih Rp2.229.000.

  • Wide Smile Dental Clinic

Berada di Jalan Raden Saleh Nomor 39G Jakarta Pusat, Wide Smile Dental Clinic menyediakan layanan untuk booking treatment sehingga Anda melewatkan jadwal periksa. Khusus untuk perawatan saluran akar juga tersedia paket khusus.

Anda bisa memilih paket perawatan 1 gigi geraham yang lengkap dengan pembersihan saluran akar, anestesi, tambalan sementara sampai dengan konsultasi. Biaya perawatan saluran akar gigi geraham di sini sekitar Rp3.200.000 secara keseluruhan bukan per kedatangan.

  • Mitra Keluarga Kalideres

Lokasi rumah sakit ini ada di Jalan Bulak Teko nomor 4 Jakarta Barat. Rumah sakit ini melayani perawatan akar gigi dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Anda bisa memilih jadwal yang sudah tersedia dan banyak dokter gigi yang siap untuk melayani.

Soal biaya, rumah sakit ini menetapkan per kedatangan yaitu sekitar Rp519.000. Anda juga mungkin akan disarankan melakukan perawatan dengan tiga kali kedatangan.

  • Tidi Dental Clinic

Anda yang lebih memilih paket perawatan saluran akar gigi bisa mengunjungi Tidi Dental Clinic yang berada di Jalan Tebet Barat Nomor 47, DKI Jakarta. Paket yang ditawarkan ini sudah mencakup konsultasi, tindakan dokter yaitu pembersihkan dan pembentukan saluran akar.

Paket ini juga termasuk pengisian saluran akar dan hanya mencakup satu saluran saja. Hanya saja belum termasuk tambal terakhir gigi. Biaya yang Anda perlu bayar adalah sekitar Rp1.600.000.

  • Primera Dental

Pilihan selanjutnya ada di Jakarta Timur yaitu Primera Dental yang lokasinya ada di Cipinang Indah Mall lantai 2. Primera Dental juga menawarkan paket perawatan akar gigi yang mencakup layanan konsultasi dan layanan perawatan sampai selesai. Jadi bukan dihitung per kedatangan.

Biaya perawatan saluran akar gigi Rp2.600.000 yang termasuk dengan foto rontgen periapikal jadi Anda tidak perlu rontgen di fasilitas kesehatan lainnya.

  • Siloam Hospital TB Simatupang

Lokasi rumah sakit ini ada di Jalan RA Kartini Nomor 8 Cilandak, Jakarta Selatan. Di sini tersedia sekitar 10 dokter gigi yang siap memberikan pelayanan terbaik. Soal biaya per kedatangan mulai dari Rp375.000 namun belum termasuk biaya obat dan laboratorium.

Biaya tersebut baru mencakup tindakan dokter saja. Estimasi maksimal Anda bisa melakukan perawatan saluran akar gigi di sini adalah sekitar Rp4.815.000 sampai dengan selesai.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Perawatan Saluran Akar Gigi

Anda yang akan melakukan perawatan akar gigi harus memperhatikan beberapa persiapannya. Persiapan ini bertujuan agar pada saat dokter melakukan tindakan maka prosesnya berjalan dengan lancar.

Selain itu juga membuat waktu kunjungan menjadi lebih singkat dan selesai tepat waktu. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu diperhatikan.

  • Tidak Minum Obat Penahan Nyeri

Sering mendengar bahwa perawatan akar gigi membuat ngilu Anda mungkin bersiap-siap dengan minum obat pereda nyeri. Jangan lakukan ini karena ketika akar tidak terasa sakit dokter akan sulit mendeteksinya.

Sebaiknya meskipun Anda sedang merasakan sakit perlu menahannya sampai tindakan selesai. Tujuannya agar dokter bisa mendeteksi sumber masalah pada gigi dengan tepat.

  • Hindari Merokok

Anda juga sebaiknya tidak merokok minimal 24 jam atau lebih baik 72 jam sebelum datang ke dokter. Begitu juga dengan meminum minuman beralkohol. Pasalnya rokok dan minuman beralkohol bisa menimbulkan komplikasi dan membuat penyembuhan semakin lama.

Jadi lebih baik bagi Anda untuk berhenti merokok atau menguranginya. Ikuti puasa rokok selama 72 jam sebelum tindakan dan selama Anda melakukan perawatan saluran akar gigi. Baru hasilnya akan lebih maksimal dan rasa sakit tidak akan muncul kembali.

  • Menghindari Makanan Kenyal dan Keras

Supaya rasa sakit tidak menjadi berlebihan Anda sebaiknya menghindari makanan dengan tekstur yang kenyal dan juga keras. Kemungkinan makanan tersebut masuk ke lubang gigi yang besar juga semakin tinggi.

Lebih aman jika Anda mengonsumsi makanan yang teksturnya halus atau lunak. Rasa sakit pun bisa lebih berkurang baik sebelum dan sesudah tindakan.

Sudah mengetahui biaya perawatan saluran akar gigi? Bisa dibilang biaya ini tidaklah murah. Supaya biaya menjadi lebih ringan Anda sebaiknya memiliki asuransi kesehatan dari sekarang. Langsung saja pilih mana asuransi terbaik di cekpremi.com.

Cekpremi.com akan membantu Anda membandingkan dan menemukan asuransi kesehatan yang tepat sesuai kebutuhan. Langsung saja cek di website cekpremi.com untuk mengetahuinya.

Sumber:

Dokter Gigi Kita

HD Mall

Alodokter

Alodokter

Honest Docs