Cek Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

biaya tune up mobil

Kapan terakhir kali Anda tune up mobil? Jangan sampai terlambat dan tidak perlu khawatir dengan biaya tune up mobil. Jika dilihat sekilas nominalnya memang tinggi, namun tidak seperti service, tune up mobil hanya perlu dilakukan setahun 1 sampai 3 kali.

Waktu tune up ini juga bisa menyesuaikan dengan jarak tempuhnya dan kondisi mobil. Misalnya mobil jadi lebih boros hingga muncul suara yang mengganggu dari bagian mesin. Bagi Anda yang berencana untuk tune up bisa cek terlebih dahulu biayanya baik di bengkel resmi dan umum.

Estimasi Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Authorized

Tune up sendiri merupakan perawatan rutin mobil yang tujuannya memastikan performa mesin tetap optimal. Pemeriksaan yang dilakukan oleh teknisi bengkel sangat menyeluruh sekaligus mengganti komponen yang aus atau rusak.

Biaya tune up biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan service bulanan dan bisa Anda lakukan di bengkel resmi sesuai dengan merk mobil. Ada juga di bengkel umum. Alasan memilih bengkel resmi atau authorized tidak lain karena mobil masih dalam masa garansi dan lokasinya yang dekat.

Ada beberapa biaya tune up yang bisa Anda perhatikan jika melakukannya di bengkel resmi sebagai berikut:

  • Tune Up di Auto 2000

Banyak yang bertanya berapa biaya tune up mobil Avanza, Anda bisa mengetahuinya dengan datang ke bengkel Auto2000 yang merupakan bengkel resminya. Biaya yang ditetapkan adalah mulai dari Rp399.000 dan belum termasuk dengan penggantian suku cadang.

Misalnya jika terjadi kerusakan pada filter oli dan harus mengganti oli mesin serta komponen lainnya maka biaya bisa bertambah. Anda mungkin akan menghabiskan biaya tune up mobil di Auto2000 sampai Rp1.000.000 secara keseluruhan.

  • Tune Up di Bengkel Suzuki

Suzuki yang juga termasuk perusahaan produksi mobil telah menyediakan banyak bengkel resmi Suzuki di berbagai daerah dan menyediakan layanan tune up. Anda yang memiliki mobil Suzuki seperti Ertiga, Karimun, Grand Vitara bisa langsung datang ke bengkel resmi Suzuki ini.

Soal berapa biaya tune up, Suzuki menyediakan harga mulai dari Rp1.200.000 jika mendapatkan banyak penggantian komponen. Contohnya mengganti oli transmisi, radiator coolant dan masih banyak lagi.

  • Tune Up di Honda Service

Khusus Anda yang memiliki mobil Honda lebih baik untuk melakukan perawatan servis hingga tune up di Honda Service yang merupakan bengkel resmi. Lokasi Honda Service ini sudah cukup tersebar di Indonesia sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Soal biaya untuk tune up, Honda Service menyediakan harga dari Rp1.300.000 yang sudah termasuk tune up dan juga servis. Biasanya harga akan menyesuaikan kerusakan dan juga kapasitas mesinnya.

  • Tune Up di Bengkel Nissan

Ada juga bengkel resmi Nissan yang tersedia di kota-kota besar. Bengkel ini menerima mobil Nissan seperti Magnite, Serena, Elgrand dan masih banyak lagi. Biaya tune up yang harus dipertimbangkan adalah mulai dari Rp700.000 sampai lebih dari Rp1.000.000.

  • Tune Up di Bengkel Resmi Daihatsu

Bagi Anda yang memiliki mobil seperti Sigra, Sirion, Hi-Max maka akan lebih aman untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu. Biaya yang dikeluarkan untuk tune up di bengkel ini mulai dari Rp1.100.000 yang sudah termasuk penggantian oli hingga filter udara.

Biaya Tune Up untuk Bengkel Non Authorized

Selain memperhatikan biaya tune up mobil 2023 di bengkel resmi, Anda juga perlu mengetahui biayanya di bengkel umum atau non authorized. Jika dibandingkan, biaya yang akan Anda keluarkan bisa jauh lebih murah.

Ada beberapa bengkel umum ternama yang bisa diandalkan berikut ini lengkap dengan biayanya.

  • Tune Up di Dokter Mobil

Dokter Mobil adalah bengkel spesialis AC dan tune up yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia. Layanan tune up yang disediakan mulai dari membersihkan mesin mobil dari kotoran hingga kerak.

Jika Anda mengalami mobil sering panas, maka langsung saja tune up ke Dokter Mobil. Biaya yang ditetapkan adalah mulai dari Rp1.200.000 untuk pengecekan menyeluruh. Anda bisa melakukannya satu tahun sekali.

  • Tune Up di Shop and Drive

Bengkel umum yang menjadi bagian dari Astra Otoparts ini menyediakan layanan tune up yang tersedia di banyak kota. Sebagai bengkel umum, Shop and Drive menerima berbagai merk mobil untuk servis hingga tune up.

Biaya yang ditawarkan untuk pengecekan mobil secara keseluruhan untuk tune up mulai dari Rp350.000 saja. Biaya ini akan meningkat menyesuaikan dengan pergantian suku cadang apa saja yang akan diperlukan.

  • Tune Up CarFix

Bengkel umum yang memiliki jaringan cukup luas, CarFix menyediakan layanan tune up yang bisa Anda akses sekarang juga. Menariknya dari bengkel ini adalah sering mengadakan promo untuk tune up mulai dari Rp349.000.

Biaya tune up mobil relatif sangat murah untuk mengecek segala mobil dari kapasitas rendah hingga tinggi. Anda tinggal datang saja ke CarFix, mobil akan segera dicek oleh teknisi yang handal.

  • Tune Up di AutoFun

Sama seperti CarFix, bengkel umum AutoFun juga tersedia di banyak kota. Anda yang merasakan mobil sudah mulai tidak nyaman dikendarai perlu datang langsung untuk melakukan tune up.

Biayanya sendiri mulai dari Rp400.000 sampai dengan Rp600.000 untuk mobil yang sudah memiliki capaian 10.000 km dari tune up terakhir. Menerima semua merk mobil, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Jika memperhatikan biaya tune up mobil ini, artinya Anda tetap harus menyisihkan uang yang cukup banyak setiap bulannya. Walaupun Anda hanya melakukannya setahun satu sampai tiga kali saja.

Demi meringankan biaya tune up ini, Anda sebaiknya memiliki asuransi mobil sejak sekarang. Asuransi akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada mobil Anda. Nantinya jika terjadi kerusakan yang cukup berat setelah pengecekan tune up oleh teknisi bengkel Anda tidak kesulitan memperbaikinya.

Soal asuransi, Anda bisa mengecek dan membandingkan ketersediaannya terlebih dahulu melalui Cekpremi. Pemilihan asuransi mobil tentunya tidak bisa dianggap sepele, karena Anda harus mendapatkan yang terbaik.

Sumber:

Auto2000

Suzuki Aceh

Oto Seken

Daihatsu

Dokter Mobil

Autofun