Panduan Lengkap Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

buku tabungan hilang

Setiap nasabah bank tentu harus mengetahui syarat dan cara pengurusan buku tabungan hilang pada bank terkait. Terlebih fungsi dan kartu ATM sangat penting agar lebih mudah mengambil, memasukkan, serta memeriksa saldo tabungan.

Biasanya Anda akan langsung mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM setelah terdaftar menjadi nasabah bank. Akan tetapi, masalah buku dan kartu rusak atau hilang sering kali terjadi sehingga membuat bingung mengatasinya.

Dokumen Syarat Urus Buku Tabungan yang Hilang

Bagaimana cara mengurus buku tabungan yang hilang? Pasti masih banyak nasabah bank yang bingung saat mengalami masalah ini. Pasalnya, mengurus buku tabungan yang hilang berbeda dengan mengurus buku tabungan rusak atau habis.

Bahkan sering kali nasabah membiarkan buku hilang tanpa mengurusnya sehingga rekening tidak dapat digunakan lagi. Padahal cara mengurusnya tergolong mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

  • Surat Kehilangan

Anda bisa mengurusnya dengan mudah tanpa perlu bantuan orang lain jika memiliki dokumen lengkap. Syarat dokumen yang pertama adalah surat kehilangan dari kepolisian setempat sebagai bukti kehilangan sah.

  • Kartu Identitas

Mengingat fungsi buku tabungan sama pentingnya dengan kartu ATM, tentu Anda tidak boleh menyepelekan ketika hilang. Oleh karena itu, Anda bisa mengurusnya dengan membawa syarat dokumen lain berupa kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor.

  • Kartu ATM

Tidak hanya membawa surat kehilangan dari kepolisian dan kartu identitas saja, namun Anda juga perlu membawa kartu ATM. Pastikan kartu ATM sesuai dengan jenis bank dan nomor rekening yang tertulis dalam buku tabungan yang hilang.

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

Dokumen pribadi memang perlu Anda persiapkan lantaran buku tabungan juga bersifat pribadi sesuai identitas tertera. Dengan begitu, tentu saja pengurusan buku tabungan yang hilang tidak bisa Anda wakilkan kepada orang lain.

Selain dokumen, Anda juga perlu membawa sejumlah uang untuk biaya administrasi penggantian buku tabungan yang hilang. Adapun cara mengurusnya dengan mudah bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Hubungi Call Center

Anda bisa menyimpan uang atau harta berharga lainnya melalui bank agar lebih nyaman dan keuangan lebih teratur. Biasanya nasabah yang menggunakan produk tabungan bank akan mendapatkan buku tabungan sebagai pegangan atau tanda kepemilikan.

Akan tetapi, jika buku tabungan hilang apakah bisa diganti? Tentu saja, Anda bisa melakukan penggantian dengan mudah. Cara yang pertama bisa melalui call center, segera hubungi call center begitu mengetahui buku tabungan Anda hilang.

Anda bisa melaporkan kehilangan kepada pihak bank via telepon, maka pihak bank akan segera melakukan langkah antisipasi. Bahkan pihak bank akan melakukan pemblokiran agar tidak bisa bertransaksi sehingga uang tabungan tetap aman.

  • Lapor ke Polisi

Tidak hanya masalah buku rusak atau lembar habis saja, hal tersebut juga kerap membuat panik. Pasalnya, tidak sedikit orang yang memiliki tabungan di bank masih bingung perihal cara mengurus buku tabungan yang hilang.

Ketika mengalami masalah kehilangan buku tabungan, Anda bisa langsung menghubungi call center serta membuat surat kehilangan. Anda bisa melakukan pengaduan kepada polisi guna mendapatkan surat kehilangan untuk mengurus ke pihak bank.

Caranya dengan mengunjungi kepolisian terdekat dan menceritakan kejadian yang Anda alami secara lengkap. Surat keterangan hilang tersebut menjadi syarat sah dalam pengurusan buku tabungan yang hilang ke bank terkait.

  • Kunjungi Kantor Cabang Bank Terdekat

Pengurusan buku tabungan tidak hanya sekedar menghubungi call center dan membuat laporan ke polisi saja. Akan tetapi, Anda juga harus menindaklanjuti pengurusan tersebut ke kantor cabang bank terdekat agar lebih aman.

Meskipun hilang Anda tetap bisa mendapatkan ganti buku baru dari pihak bank jika sudah diurus dengan benar. Setelah memiliki dokumen lengkap, Anda bisa membawa dokumen tersebut ke bank terdekat dengan menemui customer service.

Jika bingung, Anda bisa bertanya pada security yang berjaga di depan pintu bank dan Anda akan mendapatkan pengarahan. Customer service bank nantinya langsung memproses data guna menerbitkan buku tabungan yang baru.

Biaya Ganti Buku Tabungan di Berbagai Bank

Saat mendatangi bank cabang terdekat, Anda perlu membawa dokumen lengkap serta sejumlah uang untuk membayar administrasi. Lantas, berapa biaya ganti buku tabungan? Biasanya bank memiliki ketentuan biaya administrasi yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bank besar dan terpercaya serta memiliki cabang di berbagai daerah. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk mengurusnya sehingga Anda perlu mengetahui kisaran biaya administrasi yang berlaku.

  1. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 25.000,-
  2. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 15.000,-
  3. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 15.000,-
  4. PT. Bank Central Asia Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 5.000,-
  5. PT. Bank CIMB Niaga Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 25.000,-
  6. PT. Bank Bukopin memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 20.000,-
  7. PT. Bank Danamon Indonesia Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 15.000,-
  8. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 15.000,-
  9. PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk memberlakukan biaya administrasi senilai Rp 10.000,-

Rincian biaya administrasi yang tertera di tas dapat berubah kapan saja sesuai ketentuan yang pihak bank masing-masing. Dengan melihat kisaran biaya tersebut tentu bisa menjadi gambaran Anda sebelum mengurus buku tabungan.

Buku tabungan yang hilang bisa mendapatkan ganti baru jika Anda mengurus ke cabang bank terkait dengan membawa syarat dan membayar biaya. Selain itu, biaya administrasi untuk menerbitkan buku tabungan baru berbeda-beda sesuai ketentuan pihak bank.

Dengan memiliki tabungan, Anda bisa lebih mudah membeli apapun seperti mobil sekaligus membayar asuransi mobil. Tentu perlindungan dan perawatan untuk barang berharga sangat penting dengan mendaftar pada asuransi mobil terbaik.

Sekian penjelasan mengenai cara mengurus buku tabungan hilang tanpa perlu khawatir uang untuk membeli mobil akan hilang. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang perusahaan asuransi mobil terbaik dan terpercaya bisa langsung kunjungi website cekpremi.com.

Referensi :

Accurate

Dolar Hijau

Kontan