Daftar Nomor Call Center BPJS Lengkap dan Terbaru 2022

call center bpjs

Sudah daftar BPJS tapi kemudian mendapat masalah dan bingung gimana cara klaim, proses klaim, atau cara menambahkan anggota? Apabila ini yang sedang Anda alami, jangan panik karena Anda dapat menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagerjaan di nomor dan media sosial berikut ini.

Call Center BPJS Kesehatan

call center bpjs kesehatan

Berikut ini adalah cara menghubungi BPJS Kesehatan melalui call center atau care center BPJS Kesehatan lewat telpon yang dapat dihubungi 24 jam, lewat Whatsapp, dan via email.

Nomor Call Center BPJS Kesehatan (24 Jam)

Untuk dapat menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan 24 jam, Anda hanya perlu menelepon ke nomor 1500 400 yangbiasa disebut dengan nomor Care Center. Ini merupakan bentuk apresiasi BPJS Kesehatan terhadap masyarakat.

Ketika menghubungi BPJS Kesehatan di nomor tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai macam layanan yang terkait cara daftar BPJS Kesehatan, layanan pengaduan BPJS Kesehatan, dan layanan konsultasi lainnya. Berbicara pulsa, tentunya gratis untuk semua provider.

Patut dicatat, sebelum menelepon Care Center BPJS Kesehatan, siapkan data-data penting seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Telepon atau HP aktif, alamat Email aktif, Nomor Rekening, pilihan Faskes, dan kantor cabang BPJS terdekat.

Nomor Call Center BPJS Kesehatan lewat WhatsApp

Selain dapat menghubungi langsung lewat call center BPJS Kesehatan Bebas Pulsa, Anda juga dapat menghubungi asuransi sosial tersebut melalui platform messaging WhatsApp di nomor 08118750400. Sebagai catatan, ketika menghubungi WhatsApp BPJS, pastikan Anda telah menyiapkan data dan dokumen berisi informasi penting yang akan digunakan seperti yang sudah kami cantumkan pada poin sebelumnya.

Nomor Call Center BPJS Kesehatan lewat Telegram

Anda tidak menggunakan aplikasi WhatsApp? Jangan khawatir karena Anda juga dapat menghubungi pihak BPJS Kesehatan melalui Telegram. Anda bisa langsung angsung mengetik alamat https://t.me/BPJSKes_bot pada peramban di smartphone atau laptop Anda. Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan ke menu chat Telegram BPJS Kesehatan dan klik ‘Send Message’ untuk memulai percakapan.

Kemudian, klik tombol ‘start’ dan nantinya chatbot akan mengidentifikasi apakah akun Telegram Anda asli atau palsu (scam). Di menu chat ini, Anda harus memberikan informasi data diri Anda seperti nama untuk memulai percakapan. Untuk selanjutnya, Anda dapat mengikuti prosedur chatbot.

Call Center BPJS Kesehatan lewat Facebook Messenger

Menghubungi call center BPJS Kesehatan juga bisa menggunakan Facebook yakni chat langsung lewat Facebook Messenger. Platform ini dapat diakses di smartphone dan laptop Anda. Setelah itu, klik menu inbox pada Facebook BPJS Kesehatan RI dan pilih tombol ‘Live CS’. Selanjutnya, berikan data seperti Nama, tanggal lahir, serta NIK KTP sebelum mengajukan keluhan atau permasalahan .

Akun Media Sosial BPJS Kesehatan

Selain menghubungi BPJS Kesehatan melalui nomor call center di atas, Anda pun dapat menginformasikan keluhan atau mendapatkan informasi lainnya di akun sosial media BPJS Kesehatan berikut ini.

• Facebook
Bagi Anda pengguna Facebook, bisa langsung mengikuti akun resmi ‘BPJS Kesehatan RI’.

• Twitter
Bagi Anda pengguna akun media sosial Twitter, bisa langsung follow akun resmi @BPJSKesehatanRI.

• Instagram
Bagi ANda pengguna media sosial Instagram, bisa mengikuti atau follow akun resmi @bpjskesehatan_ri.

Alamat Kantor Pusat BPJS Kesehatan

Mau datang langsung ke kantor pusat? Berikut ini alamat resmi kantor pusat BPJS Kesehatan.

  • Jl. Letjend Suprapto No.14, RT.10/RW.7, East Cempaka Putih, Cempaka Putih, Central Jakarta City, Jakarta 10510

Call Center BPJS Ketenagakerjaan

call center bpjs ketenagakerjaan

Sebagai catatan bahwa ketika Anda menghubungi BPJS Ketengakerjaan biasanya mereka akan lebih cepat merespons pada hari Senin hingga Jumat. Selain itu, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti nomor KTP atau NIK.

Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan 24 Jam

Jika Anda ingin menghubungi layanan telepon BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan pulsa, Anda dapat menelepon ke nomor (021) 5207797. Layanan 24 jam ini melayani permintaan, pertanyaan, dan keluhan dari pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan. Berbicara soal tagihan pulsanya, gratis!

Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan lewat WhatsApp

Mau chatting saja dengan tim BPJS Ketenagakerjaan? Anda dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp di nomor 081380070175.

Nomor Call Center BPJS Ketenagakerjaan lewat Email

Apabila lewat telepon dan WA BPJS Ketenagakerjaan tidak merespons Anda, Anda dapat menghubungi mereka via email di alamat care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Akun Media Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat terus terhubung dan tidak ketinggalan informasi terbaru seputar BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat mengikuti berbagai akun media sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

• Facebook
Anda dapat mengikuti akun Facebook dengan nama ‘BPJS Ketenagakerjaan’.

• Twitter
Bagi pengguna Twitter dapat mem-follow akun resmi @bpjstkinfo.

• Instagram
Bagi pengguna Instagram, dapat menemukan akun resmi IG BPJS Ketenagakerjaan dengan nama id @bpjs.ketenagakerjaan.

Alamat Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah alamat kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta.

  • Jl. Gatot Subroto No.79 8, RT.8/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930

Manfaat Layanan Call Center BPJS 24 Jam

Layanan call center BPJS Ketenagakerjaan dan care center BPJS Kesehatan memiliki beberapa manfaat, antara lain.

1. Memberikan Informasi Terkait Program JKN-KIS

Anda dapat melakukan pengecekan status peserta JKN-KIS, melakukan perubahan faskes dan memperoleh informasi tentang tata cara pembayaran serta denda JKN-KIS. Anda juga dapat bertanya soal jumlah tagihan Anda.

2. Melakukan Pendaftaran Peserta BPJS

Belum punya BPJS? Anda bisa melakukan pendaftaran dengan langsung menghubungi call center di atas terlebih dahulu. Hal ini supaya Anda bisa mendapatkan informasi secara lengkap terutama terkait dengan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Jangan lupa karena BPJS Kesehatan juga merupakan asuransi kesehatan, ajukan pertanyaan seputar asuransi secara mendetail.

3. Melayani Pengubahan Data

Melalui layanan call center, pihak customer service BPJS Kesehatan akan membantu Anda dalam melayani perubahan data yang dikehendaki. Tak hanya perubahan data alamat tempat tinggal dan email aktif, Anda juga dapat mengajukan perubahan data terkait kelas perawatan atau faskes dan cara mengganti rumah sakit rujukan BPJS.

3. Melayani Pengaduan Layanan BPJS

Apakah Anda menerima pelayanan yang kurang baik ketika menggunakan BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan? Hadirnya call center dan akun media sosial BPJS bisa menjadi tempat mengadu. Selain melalui sambungan telepon, Anda juga dapat mengirim email langsung ke wbs@bpjs-kesehatan.go.id. Ini bisa Anda lakukan jika memang terdapat bukti-bukti kecurangan (fraud) agar pihak BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan evaluasi.

4. Melayani Telekonsultasi

Layanan call center BPJS Kesehatan juga membuka ruang konsultasi yang akan difasilitasi langsung oleh para agen Care Center. Dengan layanan ini Anda bisa berkesempatan bertanya langsung kepada para dokter terpercaya. Sebagai catatan bahwa layanan ini dibuka setiap pukul 7 pagi sampai dengan pukul 8 malam.

Demikian informasi daftar lengkap nomor call center BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan beserta alamat kantornya. Anda dapat menghubungi nomor-nomor tersebut jika Anda sedang membutuhkan layanan informasi atau cara cek BPJS Kesehatan yang aktif atau tidak yang dibuka 24 jam.