Camper Van, Mobil Apa Saja yang Cocok Dijadikan Camper Van

camper van

Berkemah dengan keluarga besar atau orang tersayang lainnya adalah hal yang menyenangkan. Salah satunya berkemah dengan camper van atau caravan.

Campervan atau caravan merupakan kendaraan modifikasi yang dapat mendukung untuk berkegiatan wisata hingga berkemah.

Isi kabinnya nanti bisa diisi seperti isi dalam rumah. Mulai dari tempat tidur sampai dengan dapur mini.

Nah, apa saja sih jenis-jenis mobil yang bisa dijadikan camper van?

  • Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max bisa menjadi referensi pertama untuk membangun mobil camper van. Kabinnya yang cukup luas, cocok untuk didesain sebagai camper van untuk keluarga.

Desain yang unik dengan pintu bagian tengah sudah menggunakan model geser sehingga memudahkan kita sebagai penggunanya keluar-masuk.

Untuk kamu yang suka camping ke alam terbuka, mobil ini juga cocok untuk menemani kamu bersama orang tersayang berlibur.

Harga mobil ini terbilang cukup murah untuk yang bekas, kisaran harga Rp60 jutaan hingga Rp120 jutaan dan tergantung kondisi.

  • Nissan Evalia

Referensi lainnya yang bisa kamu cari tau yaitu Nissan Evalia.

Kabinnya yang cukup luas memudahkan kamu memodifikasi dalam kabin menjadi isian seperti di dalam camper van. Kamu bisa menaruh lemari serbaguna, komponen dapur, dan lain-lain.

Namun kini Nissan Evalia tak lagi diproduksi. Kamu bisa mencari mobil bekasnya dengan kisaran harga Rp60 jutaan sampai Rp90 jutaan.

  • Suzuki Jimny

Kamu perlu mobil yang bisa dibawa ke alam bebas dengan melewati jalanan yang cukup ekstrim. Suzuki Jimmy yang dikenal dengan ketangguhannya bisa lebih fleksibel digunakan di segala medan jalan.

  • Suzuki APV

Mobil jenis APV ini memiliki ukuran kabin yang juga cukup luas. Untuk memodifikasinya juga cukup mengeluarkan kocek yang tak terlalu banyak karena mobil jenis ini memiliki desain “boxy”.

Namun, mobil jenis ini memiliki pintu tengah yang belum menggunakan pintu model geser.

Harga dari jenis mobil ini juga cukup terjangkau untuk kamu yang ingin memodifikasi mobil biasa menjadi camper van.

  • Toyota Hiace

Referensi berikutnya adalah Toyota Hiace. Desain kabin yang lebar dan panjang bisa memuat banyak penumpang.

Harga Toyota Hiace cenderung memiliki harga yang relatif mahal. Hal ini karena banyak fitur yang cocok dijadikan camper van.

  • Chevrolet Trooper

Chevrolet Trooper merupakan SUV yang pernah tren di era 1980-an akhir hingga 1990-an.

Fitur penggerak 4×4 yang bisa digunakan ketika digunakan menuju tempat camping yang licin.

Kisaran harganya berkisar antara Rp40—90 jutaan. Pilihan mesinnya pun terdiri dari bensin 2.300 cc, dan diesel 2.300 cc dengan transmisi manual 5 percepatan.

  • Hyundai H1

Selanjutnya ada Hyundai H1 yang juga cocok dijadikan mobil camping. Kabinnya sangat besar karena dimensinya setara dengan Alphard.

Pilihan mesinnya pun ada banyak yaitu terdiri dari bensin dan juga diesel.

Harga Hyundai H1 ini lumayan mahal. Karena harga bekasnya saja kisaran Rp150 jutaan hingga Rp300 jutaan dan tergantung tahun produksi.

  • Daihatsu Luxio

Banyak orang yang mencari mobil yang bisa dimodifikasi menjadi camper van dengan pintu yang geser atau sliding door.

Daihatsu Luxio bisa jadi pilihan lainnya untuk kamu yang mencari mobil untuk berlibur ke alam bersama keluarga atau orang tersayang lainnya. Dengan fitur tersebut, kamu bisa dengan mudah untuk keluar-masuk kabin.

  • Suzuki Carry

Pasti kamu tak asing dengan Suzuki Carry si mobil “sejuta umat”. Mobil ini termasuk mobil yang irit bahan bakar dan memiliki kabin yang luas.

Kabin yang luas tersebut bisa kamu gunakan untuk tempat tidur dan dapur mini.

Harganya yang terjangkau bisa kamu jadikan referensi lain untuk membuat camper van.

  • VW Combi

Mobil klasik yang banyak dijadikan sebagai campervan yaitu Volkswagen Combi.

Desain kabin yang lumayan luas, membuat kamu lebih leluasa dalam berkegiatan di dalam mobil dan cocok menambahkan fasilitas-fasilitas yang mendukung seperti dapur mini, kasur, hingga tenda yang bisa disambungkan dengan mobil.

  • Nissan Serena

Fitur unik yang dimiliki Nissan Serena panoramic roof bisa menambah ketertarikan kamu untuk memilih mobil ini menjadi camper van. Cocok untuk dibawa ke alam karena bisa dipakai untuk melihat bulan dan bintang saatcamping nanti.

  • Nissan X-trail

Mobil sehari-hari ini ternyata bisa juga dijadikan sebagai mobil campingkarena memiliki kabin yang cukup luas. Desainnya yang sportydan fitur tambahan untuk campervan akan nanti menjadikan kegiatan berlibur menjadi lebih menyenangkan.

  • Kia Carnival

Berikutnya ada Kia Carnival yang populer di era 2000-an. Harga bekasnya kisaran Rp30—50 jutaan saja.

Fitur pendukung saat kita ingin camping yaitu sunroof, sliding door, hingga kabin yang cukup luas.

Itu tadi jenis –jenis mobil yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuatnya menjadi camper van. Mencari jenis mobil dengan desain yang cocok juga merupakan hal penting untuk memodifikasi mobilnya, namun kamu juga perlu memikirkan perlindungan seluruhnya terhadap mobil mu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Asuransi Mobil

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]