Lakukan 11 Cara Agar Cepat Haid dan Waktunya Teratur

cara agar cepat haid

Masa haid biasanya berlangsung setiap bulan selama 2 hingga 8 hari, tappi tidak jarang beberapa wanita mengalami jadwal haid tidak teratur. Jadwal haid yang tidak teratur tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri sehingga perlu menggunakan cara agar cepat haid secara teratur yang aman.

Banyak wanita yang sering mengalami terlambat haid karena berbagai faktor, mulai stres, gangguan hormon, atau kehamilan. Namun, Anda patut waspada ketika terlambat haid karena faktor tertentu yang berisiko membahayakan kesehatan sehingga perlu pencegahan sejak dini.

11 Cara Agar Cepat Haid Sesuai Jadwal

Apa yang menyebabkan haid terlambat? Beberapa kondisi bisa menyebabkan siklus haid terlambat sehingga tidak teratur. Selain mengatasi keterlambatan haid, cara cepat haid juga bisa Anda lakukan ketika ada keperluan seperti bepergian jauh dan lainnya.

  • Olahraga secara Rutin – Cara Agar Cepat Haid

Memperhatikan siklus haid sangat penting bagi wanita selama usia produktif agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Terlebih masa haid berkaitan dengan kesehatan sehingga terlalu berisiko jika Anda abaikan terutama ketika jadwal tidak teratur.

Cara agar cepat haid sebenarnya mudah bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, yaitu berolahraga setiap hari. Olahraga dapat memulihkan hormon yang tubuh butuhkan guna mengembalikan siklus haid yang teratur.

  • Penerapan Pola Makan sehat

Selain olahraga rutin, pola makan juga bisa mempengaruhi siklus haid berlangsung secara teratur atau tidak. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang sehat secara sembarangan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh.

Hormon yang tidak seimbang tentu bisa mempengaruhi siklus menstruasi sehingga perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Caranya dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, dan daging merah.

  • Konsumsi Vitamin C dan D

Tidak perlu bingung jika Anda ingin cepat haid sesuai waktu atau siklus tanpa harus berobat ke dokter. Siklus yang tidak teratur bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Tidak jarang Anda butuh cepat haid karena hendak pergi liburan atau akan pergi Umroh sehingga bisa menggunakan cara yang aman. Cara agar cepat haid bisa dengan mengonsumsi Vitamin C untuk meningkatkan kadar estrogen dan Vitamin D dalam mengatur masa ovulasi.

  • Pijat – Cara Agar Cepat Haid

Pijatan pada beberapa titik tubuh juga bisa menjadi cara cepat hamil serta membuat lebih nyaman dan rileks. Meskipun terkenal sebagai cara pengobatan tradisional, nyatanya cara ini masih populer dan banyak orang gunakan hingga sekarang.

Anda bisa melakukan pijatan ringan pada bagian kepala, pundak, punggung tangan, dan kaki yang menjadi titik saraf reproduksi. Tubuh yang rileks akan membuat rahim mendorong haid atau menstruasi lebih cepat dari biasanya.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan agar mempercepat siklus haid agar teratur atau tepat waktu sangat mudah. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan yang mahal demi mempercepat siklus haid.

Cara agar cepat haid selanjutnya tergolong sederhana, yaitu menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, tubuh memerlukan sedikit lemak guna mendukung produksi hormon yang membentuk siklus haid atau menstruasi.

  • Relaksasi – Cara Agar Cepat Haid

Bagaimana cara agar haid cepat keluar? Pastinya Anda pernah memikirkan pertanyaan tersebut karena faktor tertentu. Terlebih haid yang tidak teratur bisa berisiko mengalami berbagai penyakit berbahaya tentu akan mengkhawatirkan.

Jika Anda ingin cepat haid cukup buat tubuh lebih relaksasi dengan melakukan kegiatan yang membahagiakan hati. Mulai dari melakukan yoga, meditasi, spa, bersantai di alam terbuka, atau melakukan kegiatan positif lainnya.

  • Konsumsi Nanas atau Jahe

Tidak jarang beberapa wanita mengalami masalah terkait siklus haid yang terlambat atau ingin segera haid karena suatu rencana. Cara agar cepat haid bisa Anda lakukan guna mengatasi masalah tersebut sehingga tidak perlu bingung lagi.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa makanan yang bisa membantu melancarkan atau mempercepat haid. Dengan mengonsumsi nanas dan jahe dapat mempengaruhi estrogen serta dapat memicu kontraksi rahim sehingga haid lebih cepat.

  • Konsumsi Kayu Manis

Tidak hanya nanas dan jahe yang membantu haid keluar lebih cepat, namun mengonsumsi kayu manis juga memiliki manfaat sama. Menurut penelitian, kayu manis bisa membantu melancarkan haid serta mengurangi rasa nyeri secara signifikan.

Bahkan kunyit terbukti menjadi obat bagi wanita yang memiliki riwayat PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Bagi Anda yang menyukai pengobatan tradisional bisa menggunakan kayu manis ini untuk mempercepat haid serta mengobati penyakit tertentu.

  • Konsumsi Cuka Sari Apel

Cara agar cepat haid lainnya dengan mengonsumsi cuka sari apel yang terkenal memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh. Cuka sari apel ini berkhasiat dalam mengatur waktu menstruasi agar lebih teratur.

Selain itu, mengonsumsi cuka sari apel juga berkhasiat dalam membantu menyeimbangkan hormon pada wanita. Pasalnya, cuka sari apel ini dapat menurunkan berat badan serta mengontrol gula darah dan insulin dalam tubuh yang menjadi penyebab haid tidak lancar.

  • Berhubungan Seks atau Orgasme

Bagi Anda yang sudah menikah, terlambat haid terkadang membawa kabar membahagiakan karena salah satu tanda kehamilan. Namun, terlambat haid bisa membuat Anda khawatir apabila tubuh terserang penyakit yang berbahaya sehingga butuh mempercepat siklus haid.

Anda bisa mempercepat siklus haid dengan rutin melakukan hubungan seks rutin bagi yang sudah menikah. Cara agar cepat haid dengan melakukan hal tersebut dapat membantu produksi kombinasi hormon serta kontraksi rahim sehingga serviks melebar dan melepas haid.

  • Konsumsi Obat Hormonal

Minum apa yang bisa membuat cepat haid? Konsumsi obat hormonal dapat membantu gangguan hormon penyebab haid tidak teratur. Penyebab terlambat haid bisa dikarenakan gangguan hormon reproduksi, antara lain hormon estrogen dan progesteron.

Sebenarnya terlambat datang bulan termasuk hal tidak bisa Anda sepelekan karena berisiko mengalami penyakit berbahaya. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan asuransi kesehatan terbaik guna memberikan perlindungan kesehatan secara keseluruhan.

Anda bisa langsung mengunjungi website cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang perusahaan asuransi terbaik. Demikian beberapa cara agar cepat haid sesuai jadwal dengan aman sehingga tidak perlu khawatir lagi mengalami masalah terlambat haid.

Referensi:

Halodoc

Bocah Indonesia

Alodokter

Detik