Cara Membatalkan Polis Asuransi BCA Life

cara membatalkan polis asuransi bca life

Ingin membatalkan polis asuransi BCA Life tapi takut uang premi tidak kembali? Tenang, karena Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal ini.

Ada banyak alasan kenapa kita ingin membatalkan polis diantaranya karena asuransi tersebut sudah tidak sesuai kebutuhan, adanya perubahan perencanaan hidup, biaya premi yang ternyata di luar kemampuan, dan alasan-alasan lainnya.

Supaya Anda yakin telah membuat keputusan yang tepat dan ingin mengetahui cara membatalkan polis asuransi dari perusahaan asuransi jiwa Grup BCA, simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Asuransi BCA Life dan Produknya

pembatalan polis asuransi bca life

BCA Life adalah perusahaan yang berada di bawah naungan Grup BCA yang memberikan layanan asuransi jiwa untuk masyarakat Indonesia.Terkait sahamnya, dimiliki oleh PT Bank Central Asia, Tbk. (BCA) dan individu.

Per tanggal 14 Juli 2014, BCA Life telah mendapatkan izin pendirian dan operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar dalam perusahaan asuransi yang diawasi oleh OJK.

BCA Life berfokus pada tiga layanan asuransi jiwa, yaitu asuransi perlindungan, asuransi plus tabungan, dan asuransi kesehatan melalui jalur telemarketing, bancassurance, corporate solution, credit life, digital marketing, dan keagenan.

Asuransi BCA Life memiliki lima produk, yaitu:

  • Proteksi
  • Tabungan
  • Kesehatan
  • Pensiun
  • Rider

Cara Cek Nomor Polis BCA Life

Setelah membeli dan membayar premi, untuk mengecek nomor polis BCA life, Anda bisa membuka polis secara langsung atau melalui aplikasi BCA Life. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktivitas seperti pengecekan nomor polis melalui fitur plis saya.

Aplikasi tersebut dapat Anda unduh di Google PlayStore untuk pengguna Android atau AppStore untuk pengguna iOS.

Jika Anda mengalami kesulitan mengakses aplikasi BCA Life Mobie Services, Anda bisa mengunjungi langsung situs BCA Life. Di situ akan ada opsi Halo BCA untuk berbicara langsung dengan staf BCA life.

Cara Cek Saldo Asuransi BCA Life

Sebagai nasabah, Anda pasti ingin tahu saldo asuransi Anda, bukan? Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengecek saldo asuransi BCA Life.

  • Lihat di surat pemberitahuan bulanan
  • Menghubungi call center
  • Cek melalui agen atau bancassurance
  • Manfaatkan aplikasi BCA Life mobile services
  • Datang ke kantor cabang terdekat

Mempertimbangkan Pembatalan Polis Asuransi BCA Life

Ada beberapa alasan yang membuat kita membatalkan polis asuransi. Menutup polis sah-sah saja selama Anda memiliki alasan yang logis lantaran memiliki perlindungan asuransi itu penting. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk menutup polis asuransi BCA Life.

Menyadari Bahwa Asuransi yang Dibeli Tidak Sesuai Kebutuhan

Rencana hidup seringkali berubah. Ketika awal membeli asuransi mungkin Anda punya rencana lain dan ternyata pada prosesnya Anda harus mengubahnya karena satu dan lain hal.

Hal ini seringkali berdampak pada ketidaksesuaian antara manfaat asuransi dan kebutuhan Anda Apabila Anda merasa memperpanjang asuransi ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan atau memberatkan, lebih baik memilih untuk berhenti saja.

Memiliki Terlalu Banyak Polis Asuransi

Sebagai contoh, Anda sudah memiliki 10 polis asuransi jiwa yang berbeda dengan premi Rp10 juta setahun. Akan tetapi, total uang pertanggungannya misalnya hanya Rp100 juta.

Setelah dihitung, angka tersebut ternyata sama dengan biaya menghidupi keluarga selama satu tahun.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Salah satunya dikarenakan portofolio yang Anda miliki belum optimal karena terpecah-pecah. Kalau hal ini yang tejadi lebih baik Anda menutup sebagian polis asuransi dengan uang pertanggungan kecil.

Dengan begitu, uang preminya bisa dialokasikan untuk upgrade asuransi lain agar mendapat pertanggungan yang lebih besar.

Menghemat Biaya Bulanan

Selain rencana hidup, kondisi finansial pun bisa saja berubah. Misalnya karena habis tertimpa musibah atau ada keperluan mendadak lainnya.

Ketika membayar premi menjadi lebih berat dalam kondisi finansial yang sulit, menutup asuransi untuk mengurangi pengeluaran bulanan mungkin dapat Anda jadikan solusi.

Asuransi Investasi (Unit Link) Merugi

Beberapa agen asuransi menawarkan produk asuransi yang diiringi dengan produk investasi, misalnya asuransi investasi unit link.

Dalam dunia investasi pasti ada untung dan rugi. Nah, apabila Anda mengalami kerugian pada produk unit link, bukan tidak mungkin Anda ingin menutup polis tersebut.

Cara Membatalkan Polis Asuransi BCA Life

Setelah Anda sudah merasa pasti untuk membatalkan polis asuransi BCA Life Anda, berikut ini adalah hal yang harus dilakukan untuk menutup polis perusahaan asuransi jiwa tersebut.

Patut diingat bahwa ada kemungkinan uang premi yang sudah dibayarkan tidak akan dikembalikan. Terlebih jika pembatalan Anda lakukan tanpa memberitahu BCA Life sebelumnya sehingga tagihan tetap berjalan dan semakin menumpuk.

  • Datang ke Kantor Asuransi BCA Life di Chase Plaza Lt. 22, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 21 Jakarta Selatan 12920 atau Anda bisa telepon HALO BCA di nomor 1500888 atau email ke customer@bcalife.co.id
  • Dengarkan, pahami, baca dengan cermat, dan cek kembali isi yang ada di dalam formulir pembatalan tersebut, termasuk dokumen pendukung lainnya.
  • Sebagai catatan, bahwa BCA Life tidak akan memproses pengajuan pembatalan apabilan Anda tidak melengkapi persyaratan yang diberikan. Untuk itu, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua persyaratannya.
  • Tunggu konfirmasi dari pihak BCA Life.

Catatan lain: Apabila Anda baru membeli dan dalam kurun waktu 14 hari Anda tidak menyetujui syarat dan ketentuan dalam polis karena alasan apapun, BCA Life akan mengembalikan Premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan polis.

FAQ/Pertanyaan Seputar Pembatalan Polis Asuransi BCA Life

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang cara membatalkan asuransi BCA life.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h3″ question-0=”1. Apakah bisa membatalkan Asuransi BCA Life?” answer-0=”Bisa. Polis asuransi BCA Life dapat dibatalkan dengan cara datang ke kantor BCA Life atau menghubungi Call Center BCA di 1500888. Umumnya, Anda akan ditanya mengenai nomor polis, alasan pembatalan, tanggal efektif pembatalan dan nomor rekening pengembalian premi.” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”2. Apakah dengan pembatalan polis uang premi akan kembali?” answer-1=”Premi dapat dicairkan jika polis dibatalkan dalam kurun waktu 14 hari setelah pembeliannya karena alasan apa pun. BCA Life akan mengembalikan premi yang telah dibayarkan dikurangi biaya pembatalan polis. Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengajukan pembatalan polis asuransi BCA Life untuk mengikuti semua langkah dan prosedur yang ada. Dengan kata lain, pemberhentian tidak bisa Anda lakukan secara sepihak atau Anda akan terus membayar premi dengan jumlah yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Setelah pengajuan mendapatkan persetujuan dari pihak BCA life, Anda tinggal tunggu uang premi yang akan dikembalikan.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]

Itulah informasi seputar cara membatalkan asuransi BCA life. Karena asuransi menjadi cara untuk memberikan perlindungan maksimal untuk diri sendiri dan anggota keluarga tercinta, pastikan Anda membuat keputusan yang tepat apabila ingin membatalkan polis asuransi.

Jika masih bingung, takut, atau khawatir tertipu saat memilih asuransi, lakukan riset dan kumpulkan review. Cara ini bisa membantu mengetahui perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih. Atau jika ingin lebih mudah, hubungi CekPremi dan insurance specialist akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Selain mendapatkan asuransi jiwa terbaik, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan seputar asuransi apapun.

Semoga informasi yang diberikan di atas dapat bermanfaat dan bijaklah dalam membuat keputusan terkait asuransi karena akan berdampak pada kesejahteraan, kenyamanan, perlindungan, serta keuangan.