Simak Cara Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung & 2 Tabung

Cara membersihkan mesin cuci

Seperti diketahui mesin cuci terdiri dari berbagai model dan juga spesifikasi, salah satunya yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah mesin cuci satu tabung dan 2 tabung. Tentunya produk mesin cuci yang merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga ini, akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu cara untuk membuat mesin cuci bisa digunakan secara awet adalah dengan melakukan perawatan yaitu membersihkan mesin cuci secara rutin. Bagaimana cara membersihkan mesin cuci satu tabung dan 2 tabung?

Perlu diketahui pula bahwa mesin cuci satu tabung dan 2 tabung punya model yang berbeda dan tentu ada perbedaan pula, saat perawatan dan membersihkannya. Apakah Anda penasaran dengan cara membersihkan mesin cuci dengan satu tabung dan 2 tabung ini?

Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung

Yang pertama Anda harus tahu terlebih dahulu, cara membersihkan mesin cuci satu tabung. Berikut ini akan dijelaskan langkah langkahnya di setiap poin pembahasan.

  • Persiapkan Alat

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci 1 tabung? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena alat-alat yang dipersiapkan juga cukup sederhana mulai dari bahan kain serat mikro, air sabun hangat, kuas kecil dan juga botol semprotan. Kemudian perlu juga dipersiapkan alat pembersih mesin cuci, agar mesin cuci 1 tabung anda tidak mudah rusak.

  • Jalankan Mesin Cuci dengan Siklus Normal

Mengapa cara ini harus dilakukan? Ternyata menjalankan mesin cuci dengan siklus normal menggunakan air panas dapat membersihkan bagian drum, ini cukup efektif untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan. Kemudian setelah siklus berakhir, maka tinggal membersihkan sisa residu yang ada pada tabung mesin cuci.

  • Cabut Steker Mesin Cuci

Berikutnya Anda tinggal mencabut steker mesin cuci setelah siklus berakhir dan bersihkan sisa residu. Cara ini paling aman untuk membersihkan saluran pembuangan dan filter. Cari panel kecil di bagian depan bawah mesin cuci, lalu siapkan handuk atau nampan untuk menampung air.

Anda bisa buka panel dan buka dial secara perlahan, agar mengontrol air saat mengalir keluar. Setelah itu periksa filter dan saluran pembuangan dan jauhkan benda-benda asing yang bisa menyumbat bagian filter seperti serat kain atau benda lainnya. Karena jika ada sisa benda-benda yang terdapat pada filter, akan membuat mesin cuci mengeluarkan getaran yang berlebihan dan waktu siklus yang semakin lama. Anda wajib membersihkan bagian filter dengan menggunakan air hangat lalu gosok menggunakan sikat kecil yang sudah dipersiapkan.

  • Semprot Air Sabun Panas

Cara membersihkan mesin cuci bagian dalam adalah dengan menyemprot dengan air hangat. Ini bisa mencegah bakteri serta jamur berkembang biak, akibat residu sabun dan air di dalam karet pintu yang bertumpuk terlalu lama karena jarang dibersihkan. Anda bisa semprotkan air sabun panas ke gasket lalu tarik perlahan lipatan agar benar-benar masuk dan lap dengan kain bersih. Tetap juga bagian dalam pintu.

Bersihkan juga bagian dispenser deterjen dan gosok semua sisa-sisa residu yang ada dengan air sabun hangat. Dispenser deterjen yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penyumbatan. Cara membersihkan mesin cuci satu tabung seperti ini sangat efektif untuk memastikan semua residu benar-benar hilang.

  • Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Tentu saja ketika membersihkan mesin cuci, tidak hanya membersihkan area dalam mesin tapi juga bagian luar. Cara membersihkan mesin cuci bagian luar, bisa mengelap seluruh bagian luar mesin cuci dengan menggunakan kain yang lembab. Terutama jika memang mesin cuci Anda diletakkan di luar ruangan, yang menyebabkannya mudah terkena debu ataupun tetesan air.

Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Setelah mengetahui cara membersihkan mesin cuci satu tabung, berikut ini akan dijelaskan pula tips membersihkan mesin cuci dengan jenis 2 tabung.

  • Kuras Air Tabung

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung yang pertama adalah dengan menguras terlebih dahulu air yang ada di tabung setelah dipakai. Cara menguras yang paling tepat adalah dengan menghubungkan selang ke bagian bawah mesin, lalu diposisikan ujung selang yang lain ke ember atau bak cuci.

Posisikan tombol mesin cuci pada mode Drain. Hal ini untuk membuat air mengalir keluar dan tunggu sampai habis sebelum memindahkan selang agar tidak tercepat air. Jika air dalam tabung sudah terkuras, maka cabut steker mesin cuci agar tidak tersambung ke listrik. Hal ini untuk membuat proses bersih-bersih mesin cuci jauh lebih aman.

  • Lap Bagian Dalam Mesin

Proses berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan bagian dalam mesin cuci 2 tabung. Anda bisa lap bagian dalam dengan menggunakan kain lembab yang dibasahi air hangat atau dingin. Bersihkan bagian dalam bak terlebih dahulu dengan gerakan memutar, agar bagian dalam mesin seluruhnya bisa bersih. Sebaiknya jangan menggunakan kain kasar atau sikat, untuk mesin cuci mesin cuci.

  • Keringkan Bagian Dalam Mesin Cuci

Cara membersihkan mesin cuci berikutnya adalah dengan mengeringkan bagian dalam tabung. Anda bisa memanfaatkan handuk bersih berbahan lembut seperti misalnya kain microfiber untuk membersihkan bagian dalam tabung, hingga ke dasarnya lalu bersihkan dengan gerakan melingkar kecil.

Jika sudah dilap biarkan tutup mesin cuci terbuka selama 1 jam agar benar-benar kering.

  • Bersihkan Filter Tabung

Setelah membersihkan bagian dalam tabung, berikutnya cara membersihkan mesin cuci 2 tabung adalah dengan merawat area filter. Bagian filter tabung juga harus dibersihkan. Di mana filter ini ada di bagian dalam tabung. Cara membukanya adalah dengan menekan panah bagian bawah dan tarik keluar filter serat dengan lembut, lalu bersihkan filter dalam ember bersih berisi air.

Anda bisa menggunakan jari, untuk menghilangkan serat yang ada di filter kemudian pasang kembali filter dengan mendorong ke dalam secara lembut pada bagian pengaplikasian filter.

Itu tadi beberapa cara membersihkan mesin cuci satu tabung dan 2 tabung yang cukup efektif. Tentu saja Anda bisa juga menambahkan desinfektan, saat membersihkan mesin cuci agar benar-benar terhindar dari bakteri dan kuman. Menjaga kesehatan dengan rutin merawat mesin cuci tentu saja sangat baik, karena jika mesin cuci bersih maka pakaian yang dicuci dengan mesin juga ikut bersih dan bebas kuman.

Selain menjaga kesehatan dengan benar-benar memastikan bahwa pakaian yang digunakan bersih, penting juga untuk melindungi diri dan keluarga dengan memiliki asuransi kesehatan. Dapatkan asuransi kesehatan dari perusahaan terbaik dengan melakukan perbandingan lewat platform online Cekpremi. Adapun platform ini dapat membantu anda untuk memilih asuransi kesehatan terbaik dengan premi yang sesuai dengan budget pula. Kunjungi platform Cekpremi.com, untuk info lebih lanjut.

Sumber :

Pinhome

CleaniPedia

Electrolux

Berita 99