8 Cara Memilih Asuransi Perjalanan yang Pas dengan Liburan

cara memilih asuransi perjalanan

Punya hobi liburan setiap tahunnya? Anda harus mempertimbangkan memiliki asuransi perjalanan. Bukan hanya soal kendaraan hingga kesehatan saja yang membutuhkan asuransi, perjalanan liburan Anda juga butuh perlindungan.Sayangnya masih banyak yang masyarakat kurang paham bahkan tidak tahu soal asuransi ini. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi asuransinya hingga akhirnya salah pilih. Cek bagaimana cara memilih asuransi perjalanan dengan benar.

8 Cara Menentukan Asuransi Perjalanan Sesuai Jenis Liburan

Banyak perlindungan yang diberikan dari asuransi untuk perjalanan yaitu mulai dari pengobatan ketika sakit di tempat wisata, kecelakaan, kerusakan atau kehilangan bagasi. Bahkan ada juga perlindungan dalam bentuk ganti rugi untuk keterlambatan atau pembatalan keberangkatan.

Memiliki asuransi untuk perjalanan liburan Anda tentunya sangat menguntungkan untuk mengatasi berbagai risiko yang bisa terjadi. Supaya tidak salah pilih, Anda bisa memilih asuransi perjalanan yang tepat sesuai jenis liburan.

  • Pilih Asuransi Worldwide Provider untuk Liburan ke Luar Negeri

Anda sering liburan ke luar negeri meskipun masih di wilayah Asia? Sebaiknya carilah perusahaan asuransi yang masuk dalam kategori worldwide provider. Menyandang kategori worldwide provider akan memudahkan Anda dalam klaim asuransi di negara yang termasuk layanan.

Nantinya saat Anda ingin klaim asuransi di negara lain tinggal menunjukkan saja kartu asuransi ke rumah sakit tersebut. Jangan lupa untuk datang ke rumah sakit rekanan supaya asuransi bisa diklaim. Hal ini memudahkan Anda tanpa harus mengeluarkan pribadi dan baru mencairkan dana asuransi nantinya.

  • Pilih Asuransi Tahunan untuk Liburan Rutin

Punya jadwal rutin liburan setiap tahun, baik itu di akhir atau pertengahan tahun? Jika iya, lebih baik jika Anda membeli asuransi perjalanan tahunan. Asuransi ini akan menanggung atau menjamin perjalanan dengan maksimal waktu 90 hari di sepanjang tahun. Jadi kapan saja Anda ingin liburan tidak perlu pusing lagi memilih asuransi.

Anda hanya perlu sekali membeli asuransi dan membayar premi layaknya asuransi mobil, kesehatan dan lainnya. Mengingat pembayaran premi rutin jadi Anda tidak perlu khawatir juga dengan premi yang melambung tinggi. Program asuransi tahunan ini sangat memudahkan Anda dan keluarga liburan kapan saja..

  • Pilih Asuransi Single Trip untuk Liburan Dadakan

Tidak punya rencana liburan tahunan? Anda yang suka merencanakan liburan mendadak lebih cocok memilih asuransi single trip. Asuransi ini memiliki jaminan hingga 180 hari perjalanan. Asuransi ini tersedia untuk perjalanan dalam dan luar negeri sehingga Anda bisa bebas menentukan tujuan wisata.

Anda bisa memanfaatkan asuransi ini jika memiliki agenda liburan kurang dari 3 kali dalam setahun. Pembeliannya juga bisa sekali beli dan bisa digunakan hingga maksimal waktu perjalanan yang sudah tertera pada polis.

  • Pilih Asuransi dengan Add On untuk Liburan ke Tempat Ekstrem

Anda ingin liburan ke tempat wisata alam liar kemudian berpetualang? Jangan lupa untuk memilih asuransi perjalanan dalam negeri atau luar negeri yang menyediakan premi tambahan. Cek ketersediaannya dan apakah lokasi wisata tersebut termasuk wilayah yang mendapat perlindungan asuransi.

Misalnya saja Anda yang ingin liburan ke Amerika Serikat untuk berpetualang ke Grand Canyon. Maka memilih asuransi yang memberikan perlindungan tambahan untuk pendakian gunung sangat diperlukan. Adanya perlindungan tambahan ini akan membuat Anda lebih aman ketika terjadi risiko.

  • Pastikan Negara Tujuan Masuk Wilayah Perlindungan Asuransi

Berbeda dengan liburan dalam negeri, tidak semua negara termasuk perlindungan asuransi. Oleh karena itu Anda yang ingin liburan ke luar negeri harus mengecek apakah negara tujuan wisata masih dalam perlindungan.

Mengingat ada beberapa asuransi tidak menyediakan asuransi untuk negara yang terdampak konflik. Apabila Anda sudah menentukan negara tujuan untuk liburan maka langsung saja untuk mencari asuransi yang memberikan perlindungan lengkap.

  • Pertimbangkan Asuransi dengan Paket Keluarga

Saat ini perusahaan asuransi semakin kreatif untuk memberikan perlindungan perjalanan. Bagi Anda yang ingin berwisata dalam atau luar negeri bersama keluarga lebih baik untuk memilih asuransi dengan paket keluarga.

Sekali membeli Anda bisa mendapat perlindungan asuransi untuk seluruh anggota keluarga. Contohnya asuransi untuk 4 orang yaitu 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Membeli asuransi jenis ini akan jauh lebih murah preminya dan Anda tidak perlu bingung mengatur dan membeli asuransi satu per satu.

  • Pilih Asuransi Domestik untuk Perjalanan Dalam Negeri

Lebih suka melakukan perjalanan dalam negeri? Anda bisa memilih asuransi domestik yang menawarkan premi lebih terjangkau. Meskipun asuransi domestik, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai perlindungan seperti penundaan perjalanan, biaya medis, keterlambatan bagasi, perubahan perjalanan dan masih banyak lagi. cara memilih asuransi perjalanan

Asuransi domestik juga tersedia untuk perjalanan tahunan atau single trip sehingga Anda bisa menyesuaikannya saja. Soal area, biasanya asuransi domestik memberikan perlindungan di seluruh Indonesia jadi Anda tidak perlu bingung untuk menentukan tempat tujuan wisata.

  • Selalu Pilih Perusahaan Asuransi yang Bonifide

Terakhir, Anda harus memastikan perusahaan asuransi yang dipilih dapat dipercaya dengan baik. Apapun jenis liburan yang Anda pilih, perusahaan asuransi harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Mulai dari segi kemudahan klaim, perlindungan tepat guna dan juga premi yang jelas tanpa ada biaya tambahan tersembunyi.

Cara mengetahui perusahaan yang terpercaya adalah dengan melihat informasi melalui pengguna asuransi lainnya. Bisa juga mengunjungi forum online yang menyediakan review-review mengenai perusahaan asuransi. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai reputasi secara lengkap.

Luangkan waktu Anda untuk mencari asuransi perjalanan luar negeri atau luar negeri yang sesuai. Lebih baik lagi setelah Anda memutuskan tempat tujuan wisata langsung saja untuk memilih asuransinya.

Khususnya jika negara tujuan Anda termasuk wilayah yang kerap terdampak konflik maka harus mencari asuransi yang memberikan perlindungan lengkap. Begitu juga ketika Anda ingin melakukan aktivitas ekstrim di negara tujuan wisata, pilih asuransi tambahan perlindungan. cara memilih asuransi perjalanan

Apapun asuransi perjalanan yang akan Anda pilih pastikan untuk mengetahui polis secara lengkap. Demi memudahkan Anda menemukan asuransi, Anda bisa mengeceknya melalui Cekpremi. Masukkan informasi data perjalanan Anda, maka beragam produk asuransi yang tersedia bisa diperoleh.

Anda bisa membandingkan langsung asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget liburan. Aktivitas liburan pun jadi lebih aman dan juga nyaman.

Sumber:

Sukapi Uangmu