Ini Cara Mengajari Anak Menulis Usia 3 Tahun Paling Efektif

Cara mengajari anak menulis usia 3 tahun

Bagaimana cara mengajari anak menulis usia 3 tahun paling efektif? Mungkin bagi beberapa orang, hal tersebut cukup sulit dilakukan namun ternyata ada cara-cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk bisa mengajari anak mulai belajar menulis di usia yang dini.

Seperti diketahui, menulis merupakan kemampuan motorik halus yang harus dimiliki oleh anak meski nantinya saat sekolah anak akan diajarkan oleh guru untuk mulai belajar menulis. Namun apa salahnya, bagi para orang tua untuk mulai mengajarkan anak cara menulis di usianya yang dini, misal di usia 3 tahun. Apakah Anda penasaran bagaimana cara mengajar anak belajar menulis di usia dini?

Cara Mengajari Anak Menulis Usia 3 Tahun

Berikut beberapa cara mengajari anak menulis usia 3 tahun yang bisa Anda coba terapkan, di rumah.

1. Mulai dengan Krayon

Cara mengajari anak menulis usia 3 tahun yang pertama, yaitu hendaknya anak diajarkan untuk fokus ke dasar cara menulis terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan menggunakan krayon atau bisa juga dengan memanfaatkan pensil grip. Penggunaan krayon untuk memudahkan anak menggenggam dan sekalian melatih motorik halus.

Sementara jika ingin menggunakan pensil grip maka dapat memudahkan anak untuk belajar memegang pensil dengan baik.

2. Perkuat Cengkeraman Tangan Anak

Tahapan ini cukup penting mengingat anak baru mulai belajar untuk mencengkeram alat tulis dan kemungkinan akan kesulitan di awal. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kekuatan tangan anak saat menggenggam pensil dalam proses menulis.

Bisa juga dengan mulai latihan untuk koordinasi otot-otot tangan, agar bisa menggenggam alat tulis dengan baik. Meskipun di awal disebutkan anak cukup bagus belajar menulis dengan menggunakan krayon terlebih dahulu, namun pastikan Anda memilih alat tulis yang cocok untuk tangan anak agar hasil tulisan bisa lebih baik.

3. Mulai dengan Menulis Huruf

Di usia 3 tahun, tentu saja merupakan awal anak untuk belajar menulis dengan mulai mengenalkan huruf. Cara mengajar anak menulis, terlebih dahulu dengan huruf kapital. Mengapa demikian? Mulai menulis dengan huruf lurus akan membuat anak lebih mudah untuk belajar menulis, lalu kemudian setelah itu anak bisa diajarkan untuk menulis huruf kecil dengan banyak lengkungan.

Anda juga wajib membantu anak untuk belajar mengingat huruf, bukan hanya sekedar menghafalnya. Misalnya mengenalkan huruf B, yang bentuknya seperti garis dengan dua gelembung. Huruf D dengan garis dan satu perut besar. Huruf H, layaknya dua jalan yang dilintasi jembatan dan seterusnya. Jika anak sudah bisa mengingat huruf, maka untuk menuliskannya juga jauh lebih mudah dibanding hanya dengan menghafal saja.

4. Manfaatkan Buku Menulis Bergaris

Cara mengajari anak menulis usia 3 tahun dengan menggunakan bantuan berupa buku menulis bergaris. Setelah itu pada bagian baris pertama, Anda bisa berikan contoh tulisan agar anak bisa mengikuti contoh tulisan tersebut. Saat anak mulai belajar menulis, sebaiknya berikan apresiasi terhadap tulisan tersebut meskipun mungkin hasilnya belum rapi dan masih ada beberapa kesalahan yang perlu dikoreksi.

Apresiasi diperlukan untuk membuat anak lebih semangat agar bisa menulis dengan baik nantinya. Anda juga bisa sekalian memberikan nasehat kepada anak, seperti misalnya tidak boleh melewati garis ketika menulis agar tulisan rapi. Berikan juga masukan untuk menulis sesuai dengan contoh dan huruf yang sudah dipelajari, agar pembaca bisa mengerti apa tulisan yang anda buat.

5. Biarkan Anak Menghasilkan Karyanya

Setelah anak sudah rutin belajar menulis maka selanjutnya cara mengajar anak 3 tahun menulis, maka wajib memberikan kesempatan anak untuk menghasilkan karya tulisan. Sediakan alat tulis yang lengkap untuk membuat anak lebih bisa berimajinasi, saat menghasilkan karya tulisan.

Apapun hasil dari tulisan anak tadi kata berikan apresiasi untuk membangun kemampuan dan jiwa kreatif anak sejak dini. Bahkan bisa pula melibatkan proses menulis anak dalam kehidupan sehari-hari.

6. Belajar Menulis dengan Permainan

Berikutnya, cara mengajari anak menulis usia 3 tahun yang bisa Anda coba menulis dengan permainan. Anda bisa memanfaatkan permainan sambung huruf atau puzzle. Bahkan cara ini terbilang cukup efektif, untuk mengajari anak menulis dengan cepat terutama di usia dini.

Memang untuk belajar menulis di usia yang sangat dini, tidak mudah dan butuh kesabaran dari orang tuanya sendiri. Maka dari itu, bisa dengan alternatif yaitu melakukan latihan menulis dengan metode permainan.

7. Belajar Dasar Menulis

Cara mengajari anak menulis usia 3 tahun berikutnya adalah dengan mengajarkan dasar menulis. Pada tahap ini, anak harus lebih fokus untuk mengetahui dasar cara menulis yang baik dibanding mengetahui bagaimana cara menulis dengan indah dan rapi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengetahui semua dasar yang membuat sebuah tulisan, menjadi baik termasuk belajar struktur bahasa.

8. Hindarkan Anak dari Gadget

Cara mengajari anak menulis usia 3 tahun, penting juga untuk menjauhkan anak dari gadget sejak dini pula. Baik handphone ataupun tablet, sebaiknya dijauhkan dari anak sejak usia dini untuk menghindarkan kecanduan sehingga anak jadi malas untuk belajar terutama belajar menulis.

Anda tidak boleh untuk mulai mengajarkan anak belajar menulis menggunakan smartphone. Karena ini bisa jadi awal, mengapa anak kecanduan terhadap gadget dibanding belajar.

Itu tadi beberapa cara mengajari anak menulis di usia 3 tahun yang bisa dicoba. Memang waktu paling tepat bagi anak untuk mulai belajar menulis adalah usia 4 tahun namun tidak ada salahnya untuk belajar lebih awal. Setiap orang tua harus bertanggung jawab penuh terhadap anak. Tidak hanya soal pendidikan sejak dini, tapi juga kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memiliki asuransi kesehatan untuk diri sendiri maupun anggota keluarga. Bahkan anak sejak dini juga sudah wajib memiliki asuransi kesehatan untuk berbagai resiko yang bisa saja terjadi di depan, terkait masalah kesehatan. Anda bisa memanfaatkan portal online Cekpremi untuk memilih asuransi kesehatan dari perusahaan terbaik.

Cekpremi tidak hanya dapat membantu untuk membandingkan pilihan asuransi kesehatan terbaik, tapi juga membantu Anda untuk memilih premi yang tepat sesuai budget. Di Cekpremi, Anda juga bisa membandingkan asuransi jenis lainnya. Seperti misalnya asuransi perjalanan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa dan masih banyak lagi.

Sumber :

SehatQ

NutriClub

HaiBunda