Simak Cara Mengatasi HP Mati Total, Wajib di Coba

Cara mengatasi HP mati total

Bagaimana cara mengatasi HP mati total? Seperti diketahui smartphone merupakan salah satu kebutuhan setiap orang saat ini, jadi jika HP mengalami kerusakan bisa saja kehidupan terganggu karena bisa merembet ke pekerjaan dan berbagai hal lainnya. Lalu bagaimana pula jika mengalami HP yang mendadak mati total?

HP mati total adalah sebuah kondisi di mana, smartphone Anda tidak bisa digunakan sama sekali dan juga tidak bisa menyala. Namun tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki HP yang mengalami mati total.

Penyebab HP Mati Total

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP mati total, Anda juga wajib paham terlebih dahulu apa saja penyebab dari kondisi ini.

  • Kerusakan Software, hal ini bisa saja terjadi terutama pada bagian sistem operasi. Ketika sistem operasi error, maka sistem berjalan dengan tidak sempurna dan menyebabkan HP tidak berfungsi normal bahkan mati total.
  • Terkena air, HP mati total juga bisa disebabkan karena sebelumnya produk smartphone ini terkena atau terendam air. Terutama jika smartphone Anda tidak menawarkan fitur anti air, sudah pasti HP tidak bisa bertahan dan akhirnya mati total.
  • Hang, kondisi ini bisa terjadi ketika HP tidak merespon perintah apapun yang Anda berikan. Saat Anda menekan tombol power ataupun volume. Hang bisa saja terjadi karena HP tidak bisa mengatasi beban processing data yang terlalu besar.
  • Kesalahan modifikasi, beberapa orang kemungkinan suka memodifikasi smartphone-nya apalagi untuk kategori Android yang memang punya sistem operasi open source. Melakukan modifikasi yang salah juga bisa berakibat membuat HP mati total.
  • Baterai rusak, masalah ini juga bisa terjadi dan membuat HP kamu mati total dan tidak akan menyala. Komponen baterai yang rusak, terjadi karena penggunaan smartphone dalam waktu yang lama sehingga baterai sering mengalami drop dan tidak bisa menyimpan daya lagi.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Untuk kamu yang ingin memperbaiki HP dalam keadaan mati total, berikut ini beberapa cara mengatasi HP mati total yang bisa dicoba.

1. Lakukan Charging

Cara mengatasi HP mati total sendiri yaitu dengan mencolokkan smartphone ke charger kembali, agar dayanya bisa terisi. Tidak perlu menunggu sampai penuh, namun biarkan HP tersambung ke charger beberapa waktu. Setelah itu tekan tombol power untuk menyalakan HP karena kemungkinan HP mati total karena kehabisan daya, namun Anda tidak mengetahuinya.

Jika smartphone Anda saat di charger namun tidak terisi daya, kemungkinan yang rusak bukan HP-nya melainkan charger. Untuk masalah ini, maka Anda bisa cek kabel dan adaptor secara bergantian. Kemudian periksa apakah kabel dan adaptor terhubung atau tidak. Selain itu Anda juga bisa mencoba melakukan pengisian daya baterai dengan charger lain. Jika daya baterai terisi, maka berarti yang bermasalah adalah charger Anda.

2. Melakukan Flashing Ulang

Cara mengatasi HP mati total maka perlu bantuan perangkat tambahan yaitu laptop atau PC. Flashing adalah proses mengganti sistem Android yang bermasalah dengan yang masih normal. Jika Anda sambungkan HP ke komputer atau PC dan masih terdeteksi, maka kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah pada HP.

Setiap merk HP biasanya punya cara flashing yang berbeda-beda. Cara memperbaiki HP mati total dengan flashing maka lakukan sesuai dengan merk HP, maka pastikan melakukan browsing. Setelah itu Anda bisa masukkan kata kunci cara flashing lalu masukkan merk HP. Biasanya Anda akan lebih mudah menemukan cara flash sesuai dengan hasil yang ada di browser.

3. Menghapus File Data dan Cache

Cara mengatasi HP mati total bisa dengan melakukan recovery. Recovery sendiri punya arti yaitu sistem kendali pada Android, untuk melakukan penghapusan dan perubahan di sistem. Di sini Anda akan melakukan penghapusan Data dan Cache lewat recovery.

  • Tekan tombol Power bersamaan dengan Volume Up +Volume Down.
  • Anda tunggu dulu beberapa saat sampai HP bergetar dan masuk ke sistem recovery.
  • Masuk ke menu Wipe, lakukan Wipe Data dan Wipe Cache.
  • Kemudian tunggu saja proses sampai selesai dan sukses.
  • Anda bisa matikan HP lalu nyalakan kembali. Jika cara ini berhasil maka HP akan merespon dan nyala seperti semula.
  • Anda juga perlu tahu bahwa kombinasi tombol untuk masuk ke sistem recovery pada setiap merk Android berbeda-beda. Namun cara masuk ke sistem recovery yang sudah disebutkan adalah yang paling umum dipakai.

4. Periksa Masalah Pada Layar Smartphone

Untuk cara memperbaiki HP mati total baterai tanam wajib juga memeriksa masalah yang ada pada layar smartphone. Berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan.

  • Terlebih dahulu tekan dan tahan tombol Power 10 detik, lalu tunggu 2 menit. Jika HP tidak merespon maka anda wajib menghubungi HP dengan device lain.
  • Setelah itu gunakan fitur Find My Device untuk membuat HP berbunyi.
  • Jika smartphone Anda berbunyi setelah 2 menit, maka yang menjadi masalah adalah layar HP. Sebaiknya ganti layar smartphone Anda ke tukang service terdekat

5. Kunjungi Service Center

Cara mengatasi HP mati total ini wajib Anda lakukan jika tidak bisa memperbaiki HP yang tidak menyala, secara mandiri. Perlu diketahui, bahwa Anda harus mengunjungi service center resmi agar perbaikan HP bisa lebih aman.

Terutama jika penyebab HP mati total adalah karena. Biasanya HP mati total yang susah diperbaiki, mengalami kerusakan pada IC Power yang merupakan komponen untuk menghantarkan daya dari baterai ke komponen lainnya di smartphone. Umumnya perbaikan HP dengan masalah pada IC Power perlu waktu 1 sampai 2 hari dengan biaya bervariasi.

Itu tadi cara mengatasi HP mati total yang bisa Anda coba. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa HP yang mati total bisa disebabkan karena berbagai hal, salah satunya pula karena kurang merawat smartphone. Sama halnya dengan tubuh Anda yang kurang terawat, tentu saja bisa lebih mudah terserang penyakit. Melindungi tubuh agar tidak terserang penyakit tidak hanya butuh perawatan dan menjaga kesehatan tapi juga perlu perlindungan asuransi kesehatan.

Untuk Anda yang ingin punya asuransi kesehatan dari perusahaan terbaik, maka pastikan melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Cekpremi ini membantu Anda untuk menemukan perusahaan asuransi legal dan sudah terdaftar di OJK serta menawarkan premi terjangkau. Selain asuransi kesehatan, portal satu ini juga membantu Anda untuk membandingkan pilihan jenis asuransi lainnya.

Sumber :

Leskompi

Tekno Indside