Cara Menghitung Bunga Pinjaman secara Efektif dan Mudah

cara menghitung bunga pinjaman

Beragam layanan pinjaman hadir untuk menjadi solusi bagi siapa saja yang membutuhkan dana segar dalam waktu cepat. Sebagai balas jasa karena telah menerima pinjaman dari lembaga yang bersangkutan, Anda akan dikenakan bunga. Maka sebelum melakukan pinjaman, Anda perlu tahu cara menghitung bunga pinjaman.

Layanan pinjaman bisa jadi alternatif untuk berbagai kebutuhan hidup. Layanan tersebut terbukti sangat membantu perekonomian masyarakat ditambah dengan berbagai kemudahan yang bisa dirasakan. Bahkan layanan pinjaman menjadi solusi yang paling sering diambil saat seseorang menghadapi masalah dalam keuangan.

Layanan pinjaman dari lembaga keuangan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Banyak orang melakukan pinjaman untuk membiayai kebutuhan hidup, seperti biaya pendidikan, biaya renovasi rumah hingga biaya pesta pernikahan. Tidak sedikit juga masyarakat mengajukan pinjaman untuk dijadikan modal usaha.

Pengertian Bunga Pinjaman

Dalam proses mengajukan pinjaman, Anda pasti akan berhadapan dengan banyak istilah. Salah satunya adalah bunga pinjaman. Anda perlu tahu pengertiannya sebelum memahami cara menghitung bunga pinjaman. Pasalnya istilah bunga pinjaman merupakan hal penting yang berkaitan dengan proses pinjaman.

Bunga pinjaman adalah balas jasa yang ditetapkan oleh lembaga keuangan kepada peminjam atau pinjaman dana yang diterimanya. Membayar bunga pinjaman merupakan hal wajib bagi penerima pinjaman. Ada konsekuensi tertentu apabila peminjam mangkir dari kewajiban tersebut atau bermasalah selama pembayaran bunga.

Jenis-jenis Bunga Pinjaman

Selain harus tahu pengertian serta cara menghitung bunga pinjaman, Anda juga perlu tahu jenis-jenisnya. Pasalnya bisa saja setiap jenis pinjaman akan dikenakan jenis bunga yang berbeda. Dari jenis bunga yang berbeda, cara perhitungannya juga tidak sama. Pada akhirnya, jumlah total bunga juga bisa berbeda.

Dalam istilah perbankan, bunga pinjaman disebut juga suku bunga. Terdapat beberapa jenis suku bunga yang dibedakan berdasarkan cara menghitungnya. Anda perlu tahu jenis-jenis bunga pinjaman terutama saat mengajukan pinjaman agar mendapatkan gambaran pasti tentang jumlah uang yang harus Anda bayar. Inilah jenis-jenis bunga pinjaman.

1.Suku Bunga Tetap

Suku bunga tetap atau fixed adalah suku bunga yang bersifat tetap atau tidak berubah sampai dengan jatuh tempo selama jangka waktu kredit. Jenis suku bunga ini biasanya diterapkan pada kredit konsumtif seperti kredit kendaraan bermotor. Cara menghitung bunga pinjaman jenis ini adalah dengan menetapkan sejak awal masa pinjaman.

2. Suku Bunga Mengambang

Suku bunga mengambang atau floating yaitu suku bunga yang selalu berubah mengikuti suku bunga di pasaran. Apabila suku bunga di pasaran naik, maka peminjam harus membayar bunga lebih banyak dan begitu juga sebaliknya. Jenis suku bunga floating umumnya digunakan untuk kredit jangka panjang, seperti KPR.

3. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat merupakan suku bunga yang ditetapkan dengan mengacu pada besaran pokok utang di masa pinjaman. Cara menghitung bunga pinjaman jenis ini tergolong lebih mudah dan sederhana dibanding jenis suku bunga lainnya. Karena perhitungan yang sederhana itu, jenis suku bunga ini biasanya diterapkan pada pinjaman jangka pendek.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Ketika Anda mengajukan pinjaman di lembaga keuangan, sebenarnya Anda tidak perlu menghitung sendiri jumlah bunganya secara keseluruhan. Biasanya besarnya bunga sudah dihitung oleh pihak bank atau lembaga sejenis. Anda akan menerima daftar angsuran per bulan yang biasanya sudah merupakan jumlah total cicilan dan bunganya.

Namun jika Anda ingin memastikan jumlah bunga pinjaman, maka Anda perlu mengetahui cara menghitungnya. Sebelumnya, Anda harus mengetahui jenis bunga apa yang diterapkan pada pinjaman atau kredit yang Anda ambil. Berikut ini adalah cara menghitung bunga pinjaman yang dibedakan menurut jenisnya.

1.Bunga Flat

Cara menghitung bunga flat relatif lebih mudah karena sistem penghitungan bunga ini adalah yang paling sederhana. Jenis bunga ini paling banyak diberlakukan untuk pinjaman ringan mulai dari kredit smartphone hingga kredit motor. Bunga flat dihitung dengan rumus (p x l x t) / jb dengan keterangan sebagai berikut:

p : pokok pinjaman

l : suku bunga

t : jumlah dari jangka waktu kredit

jb : jumlah atau total bulan dalam jangka waktu kredit.

Contoh menghitung bunga flat, misalnya Anda meminjam uang sebesar Rp60 juta selama 12 bulan dengan suku bunga 10% per tahun, maka bunga pinjaman dihitung seperti berikut:

Pokok pinjaman per bulan = Rp60 juta / 12 = Rp5 juta.

Bunga per tahun = Rp60 juta x 10% = Rp6 juta.

Bunga per bulan = Rp6 juta / 12 = Rp500 ribu.

Jadi, cicilan per bulan yang harus dibayar setiap bulan adalah sebesar: Rp5 juta + Rp500 ribu = Rp5.500.000,00.

2. Bunga Efektif

Suku bunga efektif merupakan kebalikan dari suku bunga flat, yaitu bunga pinjaman dengan sistem penghitungan berdasarkan sisa pokok hutang atau berdasarkan jumlah yang belum dibayarkan. Akhirnya akan diperoleh nilai angsuran yang semakin sedikit setiap bulannya. Bunga efektif dihitung dengan rumus sp x i x (30/360) dengan keterangan sebagai berikut:

sp : saldo pokok utang bulan sebelumnya

i : suku bunga per tahun

30 : jumlah hari dalam satu bulan

360 : jumlah hari dalam satu tahun

Contoh menghitung bunga efektif, misalnya Anda mengajukan kredit sejumlah Rp60 juta dengan suku bunga per tahun sebesar 10%. Besar bunga pinjaman dihasilkan dengan cara menghitung seperti di bawah ini:

Angsuran bulanan pokok = Rp60 juta / 12 = Rp5 juta.

Bunga bulan ke-1 = (Rp60 juta – (1-1) x Rp5 juta) x 10% / 12 = Rp458.333,33

Jadi, angsuran bulan pertama yang harus dibayar sebesar:

Rp5 juta + Rp458.333,33 = Rp5.458.333,33.

Demikian seterusnya hingga pada bulan ke-12, cara perhitungannya adalah:

Bunga bulan ke-12 = (Rp60 juta – (12-1) x Rp5 juta) x 10% / 12 = Rp41.666,67

Sehingga, angsuran di bulan ke-12 sebesar:

Rp5 juta + Rp41.666,67 = Rp5.041.666,67.

Itulah cara menghitung bunga pinjaman berdasarkan jenis bunga yang diterapkan. Dengan mengetahui cara tersebut, Anda bisa memperkirakan jenis pinjaman mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mengetahui sistem penghitungan bunga pinjaman akan menyelamatkan Anda dari kerugian. Sementara untuk melindungi kendaraan Anda, manfaatkan layanan asuransi mobil. Agar menemukan produk asuransi yang tepat, kunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Glints

Danamon

Amartha