Bagaimana Cara Menghitung Diskon? Ini Rumusnya!

cara menghitung diskon

Kehadiran diskon seringkali diserbu oleh pelanggan sebagai kesempatan untuk menghemat uang. Diskon dapat membuat harga produk atau layanan yang dijual menjadi lebih terjangkau. Hal ini jelas mampu membuat banyak orang merasa senang dan puas ketika mereka berhasil mendapatkan barang dengan harga diskon atau potongan harga. Untuk macam-macam dan cara menghitung diskon bisa Anda lihat di bawah ini.

Macam-macam Diskon yang Perlu Anda Tahu

Inilah beberapa macam diskon yang mungkin sering Anda jumpai di pasaran. Ketahui jenisnya sebelum mengenal cara menghitung diskon suatu produk.

  1. Diskon Potongan Harga

Pertama, yakni diskon potongan harga yang seringkali menjadi strategi pemasaran yang umum digunakan untuk menarik pelanggan. Penggunaannya juga mampu meningkatkan penjualan atau membersihkan stok barang tertentu.

Diskon potongan harga merupakan penurunan harga yang diberikan pada suatu produk atau layanan. Diskon ini biasanya diberikan dalam bentuk persentase tertentu dari harga asli atau dalam bentuk jumlah tetap yang dikurangkan dari harga tersebut.

  1. Diskon Produk Khusus

Selanjutnya, ada diskon produk khusus yang biasanya diberikan dalam rangka promosi atau untuk mendorong penjualan produk tertentu. Penawarannya sering dijadikan strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka agar membeli produk yang ditawarkan dengan harga lebih rendah.

  1. Diskon Gratis Ongkir

Menarik, karena dalam promo ini pelanggan dapat memperoleh pengurangan atau potongan harga pada biaya pengiriman. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk pengiriman barang yang dibeli.

Biasanya, syarat dan ketentuan tertentu berlaku.dalam promo ini, misalnya seperti jumlah pembelian minimum atau lokasi pengiriman tertentu. Diskon gratis ongkir biasanya menjadi daya tarik bagi pelanggan karena efektif membantu menghemat biaya pengiriman.

  1. Diskon Potongan Harga
See also Cara Cek Resi Anteraja Terbaru dan Tips Mudah saat Cek Resi

Mungkin Anda pernah mendapatkan pengurangan harga dari harga asli suatu produk atau layanan, yang dihitung sebagai persentase dari harga asli. Diskon persen ini kerap menjadi cara umum untuk menunjukkan potongan harga atau penawaran promosi. Misalnya, jika suatu barang dijual di sebuah toko dengan harga Rp1.000.000 dan Anda membeli, maka Anda akan mendapatkan diskon pengiriman.

  1. Diskon Buy One Get One

Mungkin Anda sering tergoda dengan diskon Buy One Get One saat berbelanja. Tawaran promosi ini biasanya diberikan ketika Anda membeli satu produk, maka Anda akan mendapatkan produk lain secara gratis.

Dalam penawaran ini, Anda bisa mendapatkan dua produk dengan satu harga saja. Misalnya, jika ada penawaran “Beli satu gratis satu”, ketika Anda membeli sepasang sepatu, Anda akan mendapatkan pasang sepatu lainnya tanpa biaya tambahan.

Inilah Rumus dan Cara Menghitung Diskon

Diskon seringkali dituliskan dalam bentuk persentase (%). Sehingga untuk memudahkan Anda mengonversikan bentuk persentase ini ke dalam rupiah dan menyesuaikan harga produk dengan anggaran, perhatikan rumus perhitungan diskon beserta contoh di bawah ini.

  1. Cara Menghitung Diskon Tunggal

Diskon tunggal adalah potongan harga yang diberikan pada suatu produk atau layanan dalam bentuk persentase tertentu dari harga aslinya. Cara untuk menghitung diskon tunggal ini sangat sederhana, semisal Diskon 30%. Jika Anda menemui jenis diskon seperti ini, berikut rumusnya.

  • Diskon dalam rupiah = (%diskon X harga asli produk dalam rupiah), lalu hitung harga produk setelah didiskon = harga asli produk dalam rupiah – diskon dalam rupiah
  • Harga produk setelah didiskon = (100% – % Diskon) X harga asli produk dalam rupiah. Persentase diskon ini akan dikonversikan ke dalam bentuk desimal, dimana % diskon X 1/100. Misalnya saja untuk diskon 30% menjadi 30% x 1/100 = 0,30.
See also 7 Cara Jual Apartemen yang Benar, Dijamin Cepat Laku!

Sebagai contoh, ada sebuah produk kecantikan yang berasal Korea dengan harga Rp425.000 dan menawarkan diskon sebesar 30%. Selanjutnya Anda perlu melakukan perhitungan, yakni total diskon sebesar 30% X Rp425.000 = 0,30 x Rp425.000 = Rp127.500. Setelahnya, harga yang sudah didiskon menjadi Rp425.000 – Rp127.500 = Rp297.500.

Cara lain untuk bisa langsung mengetahui harga setelah didiskon, yakni (100% – 30%) X Rp425.000 = 70% X Rp425.000 = 0,70 x Rp425.000 = Rp297.500. Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli produk kecantikan ini adalah sebesar Rp297.500. Kedua rumus ini bisa dibilang cukup sederhana dan Anda bisa menerapkannya dengan mudah saat berbelanja.

  1. Cara Menghitung Diskon Ganda

Inti dari cara menghitung diskon diskon ganda adalah menghitung diskon satu per satu dan mengurangkan jumlah diskon dari harga asli atau harga setelah diskon sebelumnya untuk mendapatkan harga akhir setelah semua diskon diterapkan. Contohnya adalah diskon 20% + 10%. Ternyata, diskon ganda seperti ini memerlukan cara tersendiri untuk menghitung nya. Berikut contoh sederhana menghitung diskon ganda.

  • Harga awal suatu barang adalah Rp1.000.000.
  • Terdapat diskon sebesar 20% untuk semua pelanggan.
  • Pelanggan yang memiliki kartu anggota tambahan mendapatkan tambahan diskon 10%.

Pertama-tama, kita hitung diskon pertama: Harga setelah diskon pertama = Harga Awal – (Harga Awal x Diskon Pertama) = Rp1.000.000 – (Rp1.000.000 x 20%) = Rp1.000.000 – Rp200.000 = Rp800.000

Selanjutnya, kita hitung diskon kedua: Harga setelah diskon kedua = Harga setelah diskon pertama – (Harga setelah diskon pertama x Diskon Kedua) = Rp800.000 – (Rp 800.000 x 10%) = Rp800.000 – Rp80.000 = Rp720.000. Jadi, setelah kedua diskon, harga barang tersebut menjadi Rp720.000.

Ini adalah contoh sederhana dari menghitung diskon ganda. Jika ada lebih banyak diskon yang diterapkan, Anda bisa menghitungnya dengan cara yang sama. Namun perlu diingat, bahwa banyak orang terjebak dengan sistem diskon gamanda ini. Karena kebanyakan tidak melihat cara kerjanya dan hanya berdasarkan angka yang tertera saja.

See also Iklan di HP Mengganggu, Ini Cara Menghilangkannya

Maka dari itu, pastikan Anda memahami bagaimana cara menghitung diskon di atas untuk memaksimalkan pengelolaan dana rumah tangga. Selain perhitungan diskon, manajemen keuangan yang baik dalam sebuah dana rumah tangga juga perlu Anda lakukan pada beberapa aspek lain. Misalnya saja seperti penggunaan mobil untuk transportasi harian.

Melihat hal ini, maka penting untuk selalu memberikan proteksi pada kendaraan Anda agar semuanya berjalan lancar tanpa kendala. Miliki asuransi mobil dan bandingkan premi dari beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan penawaran terbaik. Cekpremi.com memberi Anda layanan informasi dan bantuan dari tim ahli untuk memilih produk asuransi yang tepat.


Referensi :

Akseleran

Populix

Run System