Mudah, Ini Dia Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP

cara menghitung persen

Di era digital saat ini, smartphone atau handphone (HP) telah menjadi perangkat yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk komunikasi, HP juga menyediakan berbagai fitur penting, termasuk kalkulator. Kalkulator di HP sangat berguna untuk berbagai perhitungan, termasuk cara menghitung persen.

Memang tidak semua orang menyukai matematika. Meskipun pada kenyataannya matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting dan memiliki manfaat yang luar biasa bagi berbagai macam aspek kehidupan. Apabila Anda sebelumnya memang belum pernah menghitung persen, di sini Anda akan mengetahui cara mudah menghitung persentase.

Menghitung Diskon atau Harga

Bila Anda ingin menghitung berapa jumlah uang yang dibayar saat berbelanja produk diskon maka Anda bisa menggunakan rumus atau cara menghitung persen mudah berikut ini:

Pertama-tama Anda harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi kalkulator yang ada di ponsel. Selanjutnya tinggal masukkan angka-angka yang diinginkan. Apabila Anda adalah ingin membeli sebuah produk diskon maka bisa menggunakan aplikasi kalkulator tersebut.

Misalnya harga awal produk adalah Rp100.000 dan mendapatkan diskon 20%, maka Anda tinggal memasukkan angka 100.000 * 20%. Hasil dari perkalian tersebut adalah Rp20.000.

Selanjutnya Anda bisa menghitung berapa uang yang harus dibayarkan yaitu dengan mengurangkan harga normal dengan besaran diskon yaitu Rp100.000 -Rp20.000 sama dengan Rp80.000. Jadi dari harga normal Rp100.000 Anda hanya harus membayar Rp80.000 karena sudah dipotong diskon 20%.

Menghitung Persen Ke Angka Biasa

Ternyata dalam menghitung persentase ada banyak trik yang bisa dilakukan. Terkadang, Anda ingin menghitung persentase kembali ke angka biasa. Untuk melakukan perhitungal ini di kalkulator HP Anda, maka ikutilah langkah berikut:

  1. Buka aplikasi kalkulator di HP Anda.
  2. Masukkan angka persentase yang ingin Anda hitung ke angka biasa.
  3. Tekan tanda pembagian (/).
  4. Masukkan persentase 100 (untuk mengembalikan ke bentuk desimal, Anda dapat membaginya dengan angka 100. Misalnya, jika Anda ingin mengubah 20% menjadi angka biasa, masukkan “20/100”).
  5. Tekan tanda sama dengan (=).
  6. Hasil yang akan muncul adalah angka desimal atau angka biasa.

Contohnya adalah sebagai berikut, masukkan angka 20%, ternyata angka 20% itu artinya 20/100. Angka 20/100 itu hasilnya adalah 0,2. Jadi 20% jika ditulis dalam angka biasa adalah 0,2.

Langkah ini bisa ada gunakan untuk hitungan matematika atau untuk penerapan sehari-hari. Jika ternyata Anda sudah paham bahwa persen artinya adalah perseratus tentu akan semakin paham bagaimana cara menghitung persen.

Gunakan/Tombol Persen

Sebenarnya untuk menghitung persen menggunakan ponsel sangatlah mudah. Biasanya sudah tersedia tombol persen pada setiap fitur kalkulator modern. Anda bisa langsung memasukkan rumus-rumus sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja Anda ingin menjual sebuah produk dan menghitung diskon yang sesuai, maka bisa langsung menggunakan tombol persen untuk cara menghitung persen yang paling mudah. Sebagai contoh, Anda menjual sebuah tas dengan harga Rp100.000. Kemudian Anda ingin menjualnya dengan Harga Rp80.000.

Anda tinggal menghitung berapa diskon dari produk yang Anda jual. Caranya yaitu memasukkan angka Rp100.000 – Rp80.000 sama dengan Rp20.000.

Angka Rp20.000 ini bisa dihitung menjadi persen yaitu dengan cara: 20.000/100.000* 100%= 20%

Atau = 0,2 * 100% = 20%

Cara menghitung persen seperti ini sangatlah mudah dan praktis. Asalkan Anda mengetahui bagaimana konsep serta cara kerja dari persen, tentu akan semakin mudah ketika memasukkan angka-angkanya.

Sebenarnya masih ada banyak rumus yang bisa Anda pelajari terutama yang berkaitan dengan cara menghitung persen. Biasanya hitungan persentase ini dipakai oleh para pembisnis, pembeli, atau bahkan pelajar.

Banyak orang yang sering bertanya-tanya kira-kira berapa potongan harga yang sebenarnya dari diskon yang sering dipajang di toko-toko. Anda mungkin hanya akan menemukan tulisan 30%, 50% dan lain sebagainya. Akan tetapi jika Anda tahu cara menghitung persentase, tentu akan lebih mudah mengetahui berapa sebenarnya potongan harga yang ditawarkan. Hal ini menjadi salah satu kelebihan utama jika Anda mengetahui cara menghitung persen.

Tidak perlu terlalu pusing mengenai cara menghitung persentase, karena sebenarnya cara ini sangat mudah apalagi sudah ada fitur kalkulator di setiap Ponsel pintar.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Sebagai orang yang paham akan pentingnya melakukan perhitungan dalam berbagai hal, Anda tentu juga ingin melindungi aset Anda dari kerugian. Salah satu cara untuk melindungi aset adalah dengan memiliki asuransi.

Anda perlu sadar bahwa ada banyak kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan. Jika saat ini Anda memiliki kendaraan khususnya mobil, memang sebaiknya melindungi mobil tersebut dengan Asuransi mobil terbaik.

Dengan memiliki asuransi, Anda akan terhindar dari pengeluaran yang tak terduga akibat berbagai macam resiko seperti kecelakaan atau kerusakan. Perusahaan asuransi akan membantu Anda keluar dari beban finansial jika terjadi kerusakan pada mobil.

Anda juga akan merasa lebih tenang karena mobil Anda terlindungi meskipun Anda menggunakannya setiap hari. Saat ini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya asuransi mobil. Jika Anda saat ini juga tertarik untuk memiliki asuransi, penting sekali untuk menemukan layanan yang terpercaya di Indonesia.

Sekarang, jika Anda ingin mendapatkan asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, sangat di sarankan untuk mengunjungi website cek premi. Di website cekpremi, Anda dapat dengan mudah membandingkan berbagai penawaran asuransi dari berbagai perusahaan. Anda dapat melihat premi, cakupan, dan manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia asuransi.

Dengan membandingkan beberapa asuransi mobil, Anda dapat menemukan yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan cakupan yang diberikan, harga premi, serta layanan pelanggan saat membuat keputusan. Dengan melakukan perbandingan ini, Anda akan memiliki perlindungan terbaik untuk mobil Anda.

Dalam cara menghitung persen di kalkulator HP, Anda memahami pentingnya mengelola keuangan dengan bijak, termasuk melindungi investasi berharga seperti mobil Anda dengan asuransi. Jangan ragu untuk menjaga mobil Anda dan keuangan Anda tetap aman dengan memiliki asuransi yang tepat. Kunjungi website CekPremi.com dan bandingkan penawaran asuransi untuk menemukan yang paling cocok dengan kebutuhan.

Sumber

Wiki How

Sonora

Bisnis