Otomotif

Mau Mobil Tetap Awet dan Kinclong? Ini Cara Merawat Mobil

Ketika membeli mobil baru dan menjadikannya sebagai kendaraan harian, Anda harus melakukan perawatan rutin terhadap mobil agar selalu dalam keadaan prima. Perawatan mobil baru tidak hanya pada bagian interior, Anda juga harus merawat mobil bagian mesin dan eksterior mobil. Berikut adalah cara merawat mobil baru yang bisa Anda lakukan agar mobil lebih awet dan selalu tampil kinclong.

Cara Merawat Mobil Baru

Merawat Bagian Mesin Mobil

Bagian mesin kadang sering terlupakan oleh para pemilik mobil. Mesin mobil hanya diurus saat terjadi kerusakan saja. Padahal ada baiknya untuk Anda membersihkan bagian mesin mobil dari berbagai debu yang ada didalamnya dengan air bersih dan sikat atau lap yang diberi cairan pembersih. Bisa juga menggunakan produk engine degreaser yang banyak ditemui dipasaran. Saat membersihkan mesin mobil, pastikan bagian mesin tidak ada yang terbuka ataupun terkelupas karena bisa mempengaruhi kerja dari mesin. 

Mengganti Oli Secara Teratur

Walaupun mobil dalam keadaan baru, Anda wajib mengganti oli sesuai dengan prosedur atau paling lama selama 6 bulan sekali. Oli yang terlalu lama didalam mobil biasanya akan mengalami pengendapan yang menjadikan bagian paling inti atau paling dalam mesin terdapat noda. Akibatnya bisa membuat performa mobil menurun dan tidak stabil. Jika ingin menghemat biaya, Anda bisa lho mengganti oli mobil sendiri di rumah. 

Menggunakan BBM yang Sesuai dengan Jenis Mobil

Usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar di tempat-tempat resmi agar kualitasnya terjamin. Kemudian pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan jenis mobil. Standarnya menggunakan jenis bensin atau pertamax untuk versi lebih baiknya. Bahan bakar berkualitas membuat mesin tetap memiliki performa prima dan tidak cepat rusak.

Merawat Eksterior Mobil

Bagian eksterior mobil, terutama cat sangat mempengaruhi penampilan mobil. Kualitas cat yang bagus akan membuat mobil tampil menarik. Oleh karena itu, Anda harus merawatnya dan menghindari dari gesekan benda lain, seperti batang pohon, tembok, besi dan lainnya yang bisa membuat baretan pada mobil. Selain itu rutin mencuci mobil dengan sabun khusus,  menggunakan lap halus, dan mengeringkan dengan tepat, bisa membuat cat mobil selalu dalam keadaan baik.

Hindari Tumbuhnya Jamur

Jamur pada mobil bisa tumbuh di kaca maupun cat bodi dan membuat mobil terlihat tidak terurus. Untuk menghindari jamur, Anda perlu menghindarkan mobil dari lembab yang biasanya terjadi ketika mobil basah terkena hujan lalu panas. Jadi sebaiknya harus langsung dibersihkan dengan lap kering. Lalu hindarkan pemakaian mantel mobil saat hujan karena akan memancing jamur datang dan hinggap di mobil. Merawat mobil

Menghindarkan Mobil Dari Cahaya Terik Matahari

Saat parkir siang hari, usahakan mobil tidak terekspos sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Jika tidak ada ruang tertutup, mobil bisa diletakkan di bawah pepohonan, atau di tempat lain. Efek dari sinar matahari langsung ini membuat mobil menjadi panas dan cat mobil cepat kusam. 

Gunakan Mobil Sewajarnya dan Tidak Berlebihan

Cara perawatan mobil baru yang terakhir adalah gunakan mobil sewajarnya. Dalam artian jalankan mobil dalam batas kecepatan normal, bila berada pada kecepatan rendah gunakan gigi rendah, dan jika dikehendaki kecepatan tinggi juga gunakan posisi gigi kecepatan tinggi. Hindari juga pengereman secara mendadak, karena dapat merusak kampas rem dan dapat menimbulkan kerusakan lain. 

Tambahkan Asuransi Mobil

Selain merawat bagian dalam dan luar mobil, Anda juga harus melindungi mobil dengan asuransi. Asuransi mobil akan mengcover dan memberikan ganti rugi ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Dapatkan penawaran terbaik asuransi kendaraan Anda di cekpremi.com.

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024