Jangan Panik, Beginilah Cara Reset HP Vivo yang Bisa Anda Coba Sendiri

Cara reset HP Vivo

Vivo merupakan salah satu merk gadget pilihan banyak orang, karena berbagai tipe dan seri yang dikeluarkan dijual dengan harga terjangkau. Bahkan Anda juga bisa memilih produk HP Vivo, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dalam penggunaan HP Vivo, mungkin Anda mengalami kendala yaitu smartphone yang terasa lambat dan lelet yang disebabkan karena berbagai faktor. Jika hal ini terjadi, salah satu solusi yaitu dengan melakukan reset. Bagaimana cara reset HP Vivo yang baik dan benar?

Cara Reset HP Vivo

Berikut ini beberapa cara reset HP Vivo yang bisa Anda coba.

1. Melalui Factory Reset

Cara reset HP Vivo adalah dengan menu setelan pabrik atau factory reset. Berikut ini merupakan cara paling umum yang bisa Anda coba dengan melakukan riset Vivo melalui metode factory reset atau reset pabrik. Bahkan bisa dibilang cara ini adalah cara yang resmi untuk mengembalikan HP Anda ke mode awal.

  • Masuk terlebih dahulu ke menu Settings
  • Setelah itu pilih More Settings
  • Kemudian pilih kembali Backup and Reset. Pada menu ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan reset data.
  • Reset All Settings : fungsinya untuk mempertahankan data meski melakukan reset pabrik.
  • Erase All Data : sekalian menghapus data ketika melakukan reset pabrik.
  • Jika pilih Erase All Data maka lanjut dengan memilih Erase Phone Storage dan Reset Phone.
  • Anda akan diminta memasukkan PIN.
  • Kemudian sistem akan berjalan melakukan proses riset pabrik dan tunggu sampai selesai.
  • Jika proses sukses maka HP anda akan melakukan restart sendiri dan menyala seperti sedia kala dengan tampilan seperti layaknya HP baru.

2. Melalui Recovery Mode

Cara reset HP Vivo dengan Recovery Mode. Untuk melakukan Recovery Mode, maka pastikan baterai HP cukup karena sistem akan melakukan Hard Reset agar bisa berjalan sukses dan tidak berhenti di tengah jalan.

  • Cara reset HP Vivo dengan tombol untuk masuk ke Recovery Mode dengan Power+Volume Up bersamaan selama beberapa saat sampai Anda bisa memilih menu Select Boot Mode atau Fast Boot.
  • Setelah itu pilih Recovery Mode dengan bantuan tombol Power dan untuk menggerakkan ke atas dan ke bawah dengan bantuan tombol volume up dan down.
  • Lakukan Hard Reset dengan menu Clear Data lalu pilih Clear All Data.
  • Lalu tekan Ok.
  • Bisa saja Anda diwajibkan untuk memasukkan pola kunci atau PIN, jangan sampai salah.
  • Kemudian masuk ke proses reset tunggu sampai berhasil. Jika berhasil, Anda akan masuk ke menu utama dengan memilih Return lalu lakukan restart.
  • Biasanya Anda juga harus rajin Gmail dengan kata sandi yang ada untuk bisa menggunakan HP Vivo seperti sedia kala.

3. Melalui Wipe Data dengan Google Find My Device

Untuk cara reset HP Vivo dengan kondisi Anda jauh dari smartphone, maka bisa memanfaatkan fitur Google Find My Device dengan Wipe Data. Cara ini bisa dilakukan jika HP tidak sengaja hilang atau dicuri orang agar HP Anda, tidak bisa dimanfaatkan untuk hal-hal kurang bertanggung jawab.

Adapun cara reset Vivo ini dapat membantu anda untuk melakukan riset HP sekaligus menghapus semua data yang ada di Smartphone dari jarak jauh secara otomatis. Syaratnya adalah HP yang hilang atau terjatuh, harus terhubung ke jaringan internet.

  • Masuk ke halaman Find My Device, Anda bisa melakukannya lewat browser di komputer maupun smartphone.
  • Kemudian login ke akun Google yang terhubung ke HP Vivo, yang hilang.
  • Setelah itu klik Hapus Perangkat konfirmasi.
  • Biasanya Anda akan diminta kembali untuk memasukkan email dan kata sandi akun Google yang terhubung ke HP Vivo.
  • Lakukan verifikasi kemudian Google akan langsung menghapus data pada perangkat dan mengembalikan smartphone Android Vivo ke setelan awal.

4. Melalui Kode Dial

Cara reset HP Vivo berikutnya juga bisa menggunakan kode dial. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada beberapa tipe Vivo salah satunya Y91C. Untuk caranya mirip dengan cara melakukan pengecekan pulsa Anda, hanya perlu mengetikkan perintah panggilan dengan *#*#7780#*#* lalu klik Dial atau Panggil.

Cara ini terbilang sangat mudah karena hanya tinggal melakukan perintah panggilan saja namun sayangnya tidak berlaku untuk semua HP Vivo. Anda bisa juga coba untuk mengetikkan perintah tersebut apakah bisa digunakan untuk tipe HP Vivo Anda atau tidak silakan mencoba saja.

Manfaat Melakukan Reset HP

Setelah mengetahui beberapa cara reset HP Android Vivo, maka Anda juga perlu tahu apa saja manfaat dari melakukan riset HP terutama untuk HP Android.

  • Hilangkan virus, melakukan riset HP bisa membantu anda untuk menghilangkan virus atau Malware yang bisa membuat smartphone jadi rusak. Karena saat melakukan reset, pengaturan HP akan dikembalikan ke pengaturan awal. Untuk menghilangkan virus atau Malware dengan riset ponsel maka pastikan data Anda sudah di backup terlebih dahulu, agar tidak hilang saat HP normal kembali.
  • Bersihkan memori, reset HP juga dapat membantu Anda untuk membersihkan memori penyimpanan yang penuh. Jadi saat reset, yang hilang bukan hanya virus dan Malware, tapi data di ruang penyimpanan juga ikut hilang. Risiko dari melakukan reset, memang data Anda akan hilang tapi memori penyimpanan akan lebih lega.
  • Mengembalikan kunci ke pola awal, banyak orang yang lupa dengan kunci pola dan sandi pelindung smartphone. Solusi yang bisa dilakukan agar smartphone bisa digunakan kembali adalah dengan melakukan reset. Saat reset maka kunci akan hilang dan ponsel tidak bisa terbuka kembali seperti biasa.

Itu tadi beberapa cara reset HP Vivo yang bisa Anda coba dan sekaligus manfaat melakukan reset HP. Melakukan reset pastinya dapat memberikan perlindungan, kepada smartphone Anda. Karena hakikatnya perlindungan sangat penting dilakukan untuk berbagai hal tidak hanya smartphone, tapi juga diri sendiri salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan untuk perlindungan kesehatan tubuh.

Melakukan pemilihan asuransi kesehatan dari perusahaan terbaik Anda bisa melakukan perbandingan dengan portal online Cekpremi. Cekpremi merupakan portal online terbaik, untuk memilih perusahaan asuransi legal yang sudah terdaftar di OJK. Portal online ini juga dapat membantu anda untuk memilih dan membandingkan premi sesuai dengan kebutuhan. Informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi Cekpremi.com.