9 Cara CEK IMEI iPhone Paling Mudah

cek IMEI iPhone

Setiap produk smartphone, baik Android maupun iPhone tentu saja memiliki yang namanya IMEI. Fungsi IMEI yang paling banyak diketahui oleh masyarakat, terlebih untuk pengguna iPhone adalah cara paling mudah untuk identifikasi apakah iPhone asli atau palsu saat beli iPhone bekas. Untuk cek IMEI iPhone Anda bisa lakukan dengan beberapa cara.

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara paling mudah untuk mengecek IMEI iPhone, akan lebih baik jika Anda tahu terlebih dahulu apa saja fungsi IMEI pada iPhone.

Fungsi IMEI iPhone

Sebelum cek imei iPhone Anda wajib terlebih dahulu tahu fungsi dari IMEI ini pada salah satu produk Apple ini.

1. Mengecek Garansi iPhone

Selain bisa mengetahui apakah iPhone Anda asli atau palsu dari IMEI, fungsi IMEI juga bisa membantu melacak serial number untuk bisa mengetahui garansi iPhone. Anda tinggal masukkan saja nomor IMEI di situs IMEI Info, maka lalu bisa langsung mendapatkan informasi serial number. Ketika sudah mendapatkan serial number saat cek IMEI online, maka akan lebih mudah cek garansi di situs dukungan resmi Apple.

2. Mengetahui Nomor model iPhone dan Negara Asalnya

IMEI juga dapat membantu Anda untuk mengetahui nomor model iPhone dan negara asal pembuatan Smartphone Apple tersebut. Karena seperti diketahui, iPhone yang dipasarkan sampai ke Indonesia dirilis di beberapa negara. Jadi dengan IMEI, Anda bisa lebih mudah untuk melacak nomor model iPhone secara spesifik lewat situs www.imei.info.

3. Mencari iPhone yang Hilang

Berikutnya, IMEI juga sangat bisa Anda manfaatkan saat kehilangan iPhone. Nomor IMEI adalah sistem paling spesifik yang tidak mungkin sama dengan perangkat lain. Ketika iPhone hilang, maka Anda bisa langsung melakukan pencarian iPhone dengan mengakses situs IMEI info.

See also Jenis Perlindungan Asuransi Mobil Terhadap Bencana Alam

Jadi meski kemungkinan HP iPhone Anda tidak kembali, namun data yang ada di dalamnya tidak bisa diakses bahkan tidak bisa disalahgunakan oleh pencuri atau orang yang menemukan smartphone tersebut.

Cara Cek IMEI iPhone

Setelah mengetahui apa saja fungsi IMEI pada perangkat iPhone, berikut ini akan dijelaskan juga beberapa cara cek IMEI iPhone yang paling mudah.

1. Cek IMEI Lewat Pengaturan

Cara cek IMEI iPhone paling mudah adalah lewat pengaturan dari perangkat iPhone itu sendiri. Pertama Anda tentu harus masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu pada iPhone.

  • Jika sudah masuk ke menu pengaturan maka Buka Pengaturan dan klik Umum lalu klik Mengenai.
  • Scroll sampai kebawah hingga menemukan IMEI/IMEID dan ICCID
  • Setelah itu akan langsung muncul informasi nomor IMEI yang berisi 15 angka, tinggal Anda salin saja sesuai kebutuhan.

2. Cek IMEI Lewat Kode USSD

Cek IMEI iPhone dengan kode USSD juga terbilang menjadi alternatif yang mudah.

  • Anda tinggal masuk ke menu dial.
  • Kemudian tekan kode USSD di *#06#.
  • Kemudian nomor ini bisa langsung muncul pada layar perangkat iPhone Anda.
  • Jika Anda menggunakan operator XL Axiata atau Telkomsel bahkan terdapat beberapa perintah USSD yang bisa dimanfaatkan untuk melihat IMEI.
  • XL Axiata : tekan USSD *123*817#
  • Telkomsel : tekan USSD *123*817#

4. Cek IMEI Lewat Browser

Opsi lain untuk cek IMEI iPhone adalah melalui browser. Caranya juga tidak kalah mudah sebagai berikut.

  • Masuk ke browser web lalu ke masukkan alamat Appleid.apple.com
  • Kemudian tinggal masukkan ID Apple yang ada digunakan pada perangkat iPhone.
  • Setelah itu pilih Perangkat.
  • Jika berhasil maka akan muncul 15 angka IMEI

5. Cek IMEI Lewat Finder dan iTunes

Cek IMEI iPhone tentu juga bisa anda lakukan lewat Finder dan iTunes.

  • Pertama-tama, sambungkan dulu terlebih dahulu perangkat iPhone ke Mac.
  • Pada Mac dengan MacOS Catalina buka Finder. Sementara pada Mac dengan MacOS Mojave buka iTunes.
  • Temukan perangkat iPhone.
  • Pada Finder tab menu berada pada tab Umum. Sedangkan pada iTunes Anda bisa klik tab Ringkasan agar bisa melihat informasi di dalamnya.
  • Lalu untuk iPhone tinggal klik Nomor Telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat agar bisa menemukan IMEI/MeID dan ICCID.
See also Langkah Pertama Saat Ball Joint Mobil Rusak

6. Cek IMEI Pada Box iPhone

Jika Anda merasa cukup kesulitan, untuk mengecek IMEI pada perangkat iPhone ataupun opsi lainnya, maka cara yang juga tidak kalah mudah adalah dengan cek IMEI iPhone Apple pada box iPhone. IMEI biasanya terletak pada bagian belakang bawah kardus yang posisinya berdekatan dengan barcode. Pada bagian tersebut Anda tinggal cari tulisan IMEI atau MEID.

Namun jika saat beli iPhone baru dan box-nya langsung dibuang, maka cara ini tidak bisa dilakukan. Atau jika beli iPhone bekas dan tidak dengan box kardus asli, kemungkinan cara ini juga tidak bisa Anda coba untuk mendapatkan imei iPhone.

7. Cek iPhone Asli atau Palsu dengan IMEI.

Setelah mendapatkan 15 angka IMEI, untuk Anda yang ingin mengetahui apakah perangkat iPhone Anda asli atau palsu maka sangat mudah tinggal kunjungi website kemenperin. Berikut beberapa cara cek IMEI iPhone asli atau palsu.

  • Terlebih dahulu Anda bisa buka situs https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Pada kolom Cek IMEI, masukkan nomor IMEI 15 angka.
  • Jika berhasil maka akan muncul kalimat IMEI terdaftar di database Kemenperin.
  • Jika sudah begini, berarti itu menandakan bahwa perangkat iPhone Anda adalah produk asli. Namun jika tidak muncul, maka Anda wajib waspada pada perangkat iPhone yang akan dibeli.

Itu tadi beberapa cara cek IMEI iPhone yang bisa Anda coba sendiri, tanpa harus datang ke gerai iBox ataupun gerai resmi Apple lainnya. Seperti diketahui, harga produk iPhone tentu saja tidak murah apalagi untuk kategori iPhone rilisan terbaru. Untuk Anda yang masih muda dan menginginkan financial freedom di masa tua, maka tentu akan lebih baik jika investasi saja dibanding harus beli iPhone yang harganya mahal.

See also Begini Cara Menghitung Persen, Rumus, beserta Contohnya

Ada banyak sekali pilihan investasi yang memberikan keuntungan jangka panjang, salah satunya investasi properti. Ketika sudah memiliki yang namanya aset properti, maka jangan lupa pula untuk menambahkan perlindungan dengan asuransi properti. Asuransi properti dari perusahaan terbaik bisa Anda temukan lewat portal online asuransi yaitu Cekpremi.

Cekpremi adalah situs yang membantu Anda untuk membandingkan pilihan asuransi dari berbagai perusahaan yang ada untuk menemukan perusahaan asuransi terbaik. Situs ini juga dapat membantu Anda untuk menemukan pilihan premi asuransi sesuai kebutuhan dan budget.

Sumber :

Rakyat Maluku

Kata Data