Begini Cara Cek Tagihan PDAM Online yang Benar

cek tagihan PDAM online

Pentingnya mengetahui cara cek tagihan PDAM online semakin meningkat seiring banyaknya pengguna PDAM sebagai air bersih yang dimanfaatkan setiap waktunya. Tidak hanya itu, meningkatnya penggunaan PDAM juga sebanding dengan meningkatnya kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan pokok dalam rumah tangga.

Air bersih yang berasal dari PDAM biasanya digunakan untuk memasak, mencuci, mandi dan berbagai aktivitas keluarga lainnya. Karena sudah sewajarnya penggunaan air bersih yang berasal dari PDAM dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai kebutuhan.

Pemenuhan kebutuhan air bersih telah diatur dengan baik oleh pihak PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Pendistribusian air bersih ke setiap rumah oleh pihak PDAM dikenakan biaya dengan nominal tertentu yang perlu dibayar secara rutin setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda perlu cek tagihan PDAM online untuk lebih mudah.

Pada awalnya, cek tagihan PDAM online lewat hp belum bisa dilakukan. Sehingga masyarakat perlu keluar rumah dan mencari loket yang dapat melayani pembayaran PDAM secara offline untuk bisa membayar sekaligus melakukan cek tagihan PDAM yang dimiliki.

Cek tagihan PDAM online bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang tersambung dengan jaringan internet dengan menggunakan aplikasi cek tagihan PDAM. Sehingga Anda bisa membayar tagihan PDAM secara tepat waktu dan terhindar dari denda yang bisa saja dikenakan apabila telat melakukan pembayaran.

3 Cara Cek Tagihan PDAM Online

Anda bisa melakukan 3 cara ini untuk untuk membayar sekaligus cek tagihan PDAM secara online dengan mudah. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk bisa melakukan pengecekan tagihan PDAM dengan mudah melalui hp.

1. Cek Tagihan PDAM Online Melalui Via Aplikasi

Cara pertama mengecek tagihan PDAM online yaitu melalui via aplikasi. Aplikasi resmi untuk pengecekan tagihan PDAM secara online sebenarnya belum tersedia secara resmi di Google Play Store, namun Anda bisa menggunakan aplikasi berupa informasi pelanggan PDAM.

Pada aplikasi informasi pelanggan PDAM, Anda tidak hanya bisa melakukan pengecekan tagihan secara online. Tetapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan simulasi tagihan dan juga pengajuan komplain.

Cara penggunaan aplikasi informasi pelanggan PDAM juga cukup mudah. Bagi pengguna Android, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store. Kemudian akses menu utama dan pilih bagian informasi tagihan.

Setelah itu, masukkan informasi pendukung seperti nomor sambungan, nama pelanggan dan kabupaten atau kota tempat tinggal Anda. Terakhir, pilih instansi PDAM yang sesuai dengan daerah Anda kemudian klik simpan. Anda bisa mengetahui informasi tagihan PDAM setelah semua data di atas tersimpan di aplikasi tersebut.

2. Melalui Website

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan website resmi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengunjungi situs pengelola PDAM daerah Anda seperti contohnya cek tagihan PDAM Surabaya.

Setelah menemukan dan mengunjungi situs resmi pengelola PDAM daerah Anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memilih menu info perkiraan tagihan pelanggan. Kemudian, lanjutkan dengan memasukkan ID pelanggan yang Anda miliki dan pilih tombol submit untuk cek tagihan.

3. Cek Tagihan PDAM Online Melalui Marketplace

Marketplace merupakan salah satu situs belanja online yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Namun tahukah Anda jika marketplace tidak hanya bisa digunakan untuk mencari besar tagihan PDAM pada periode tertentu?

Salah satu marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk cek tagihan PDAM online yaitu Tokopedia. Cara yang perlu dilakukan juga sangat mudah, cukup dengan membuka halaman Tokopedia tagihan PDAM dan masukkan ID pelanggan.

Kemudian langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memilih nama kota atau kabupaten yang sesuai dengan PDAM langganan Anda. Terakhir, klik tombol bayar atau beli agar muncul besar tagihan PDAM Anda pada bulan tersebut.

Manfaat Cek Tagihan PDAM Online

Anda akan mendapatkan beberapa manfaat jika melakukan cek tagihan PDAM online dengan 3 cara di atas. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

1. Pengecekan Bisa Dilakukan secara Fleksibel

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika melakukan cek tagihan PDAM online yaitu bisa mengecek tagihan yang fleksibel dimana saja dan kapan saja. Sehingga Anda tidak perlu mencari loket offline yang bisa menerima pengecekan dan pembayaran tagihan PDAM serta tidak perlu repot mencari uang cash untuk pembayaran.

2. Mengetahui Jumlah Tagihan secara Spesifik dan Jelas

Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui jumlah tagihan PDAM secara spesifik dan jelas dengan menggunakan aplikasi maupun situs tagihan PDAM online. Karena pada setiap tagihan biasanya ditambahkan biaya admin serta denda jika pembayaran tagihan telat. Sehingga Anda tidak mengetahui jumlah tagihan secara spesifik.

3. Pembayaran Tercatat secara Langsung dan Otomatis

Manfaat lainnya yang juga tak kalah menarik yaitu pembayaran tagihan PDAM yang bisa tercatat secara langsung dan otomatis jika dilakukan secara online. Hal tersebut pastinya sangat berbeda jika Anda melakukan pembayaran tagihan secara offline yang membutuhkan antrian panjang hingga pembayaran jatuh tempo.

Selain menggunakan cara pengecekan tagihan secara online, Anda juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini untuk menggunakan asuransi yang sesuai kebutuhan. Contohnya seperti penggunaan asuransi mobil yang diproses secara online dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Setiap orang tentunya membutuhkan asuransi mobil untuk bisa menjaga keamanan dan juga kenyamanan kendaraan Anda. Karena beberapa hal seringkali berjalan tidak sesuai harapan sehingga membutuhkan asuransi yang dapat membantu proses perbaikan dan perawatannya.

Salah satu cara mendapatkan asuransi mobil secara online yang baik dan benar sesuai dengan keinginan yaitu dengan cara mengakses portal online yang berisi banyak informasi asuransi. Portal online dengan banyak pilihan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan salah satunya yaitu cekpremi.

Bagaimana, menarik bukan beberapa kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan sesuai keinginan dan kebutuhan mulai dari pengecekan tagihan hingga penggunaan asuransi mobil? Demikian ulasan singkat mengenai cara cek tagihan PDAM online, semoga bermanfaat.

Referensi:

BCA

Speed Cash

Flip