Mengenal Fungsi Coil Ignition dan Cara Kerjanya

Coil Ignition

Bukan hanya busi yang berperan penting dalam sistem pengapian mobil namun juga coil ignition. Komponen yang satu ini berbentuk kumparan kawat tembaga yang nantinya akan dialiri listrik. Tanpa adanya ignition coil, busi tidak akan bisa bekerja mengeluarkan percikan api. Anda sebagai pemilik mobil tentunya wajib tahu secara terperinci seperti apa fungsi hingga cara kerja komponen penting ini.

Apa Itu Coil Ignition dan Fungsinya

Ignition coil adalah komponen yang hanya digunakan pada mobil bermesin mobil. Tanpanya, mobil tidak akan bisa menciptakan listrik tegangan tinggi yang akan membantu busi untuk menciptakan percikan api.

Secara umum, ignition coil bekerja untuk menciptakan tegangan aki menjadi lebih tinggi sesuai kebutuhan busi. Di dalamnya terdapat kumparan primer dan kumparan sekunder yang akan bekerja menghasilkan tegangan tinggi dengan induksi elektromagnetik.

Misalnya saja aku dengan daya 12 volt dapat diubah menjadi 25.000 volt. Berdasarkan pengertiannya tersebut maka ada beberapa fungsi ignition coil yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

Menciptakan Tegangan Tinggi

Sulit untuk membawa daya dengan tegangan tinggi di dalam mobil, oleh karena itu ignition coil bekerja untuk mengubahnya. Aki yang tadinya memiliki tegangan rendah bisa berubah menjadi tinggi baik itu 20.000 sampai dengan 50.000 volt.

Menciptakan Pembakaran yang Efisien

Percikan api yang baik dihasilkan oleh busi bisa membantu pembakaran mesin menjadi lebih baik. Secara tidak langsung ignition coil yang membantu busi menciptakan percikan api juga bekerja untuk menciptakan pembakaran lebih efisien.

Mobil Lebih Hemat Bahan Bakar

Pembakaran yang sempurna akan membuat bahan bakar yang dikonsumsi menjadi hemat. Anda tidak perlu takut bepergian jarak jauh selama sistem pengapian bekerja dengan optimal.

Menghindari Endapan di Ruang Pembakaran

Saat pembakaran terjadi dengan baik, maka akan semakin minim adanya endapan di ruang bakar. Perlu diketahui bahwa endapan ini sulit dibersihkan oleh karena itu lebih baik mengontrol sistem pembakaran dengan menghasilkan percikan api yang stabil.

Mesin Mobil Bekerja Lebih Stabil

Kondisi mesin mobil juga akan lebih aman karena campuran udara, bahan bakar dan api bekerja efektif. Mesin pun akan terhindar dari masalah seperti muncul getaran ketika berjalan atau sulit dihidupkan.

Komponen Ignition Coil

Ada beberapa komponen ignition oil yang membuatnya bisa bekerja dengan baik. Komponen ini saling terhubung untuk bisa menghasilkan tegangan listrik yang lebih tinggi yaitu:

Kumparan Primer

Gulungan kawat tembaga ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menerima aliran listrik dari aki. Ukurannya adalah diameter 0,5mm hingga 1mm dan jumlahnya sampai 300 kali gulungan yang mengelilingi kumparan sekunder.

Kumparan Sekunder

Sama-sama dibuat dari kawat tembaga, ukuran diameternya lebih kecil yaitu 0,05mm hingga 0,1 dengan jumlah gulungan lebih banyak. Sebuah ignition coil bisa memiliki 15.000 sampai 30.000 lilitan kawat tembaga. Fungsinya sendiri adalah untuk mengalirkan arus listrik ke busi.

Penyekat

Komponen inilah yang bekerja untuk memisahkan kumparan primer dan sekunder agar tidak terjadi korsleting. Kemampuannya untuk menahan panas sangat baik sehingga dapat bertahan saat tegangan tinggi terbentuk.

Core dan Cover

Pada bagian luar ignition coil terdapat pelindung yang merupakan core dan cover untuk menutup kedua kumparan. Komponen ini juga dibuat dari bahan yang tidak mudah rusak karena panas.

Mengintip Cara Kerja Ignition Coil

Memperhatikan pengertian, fungsi sampai dengan komponen pembentuknya lantas seperti apakah cara kerja ignition coil? Ada beberapa cara kerja coil ignition ford yang singkat sebagai berikut:

  1. Pada saat pertama kali mesin dinyalakan maka aki akan mengalirkan tegangan pada kumparan primer ignition coil.
  2. Tegangan tersebut masih berupa tegangan DC yang kemudian dikonversikan menjadi tegangan AC.
  3. Proses konversinya menciptakan energi magnetik dalam spool yang berputar pada inti logam.
  4. Energi magnetik yang tercipta lalu menciptakan medan listrik pada inti logam.
  5. Semakin kuat putaran dan banyaknya kumparan maka voltase yang tinggi pun akan terjadi.
  6. Pada saat voltase sudah meningkat maka akan dialirkan ke bagian bawah rotor melalui kumparan sekunder.
  7. Baru setelah itu medan listrik yang tinggi sampai ke busi melalui kabel busi dan terciptalah percikan api.

Pada saat mesin mobil menyala artinya berhasil menciptakan tegangan listrik tinggi yang memicu busi mengeluarkan percikan api. Anda pun bisa berkendara dengan nyaman dan proses kerja ignition coil akan terus berlanjut sampai mesin mobil dimatikan.

Ciri Ignition Coil Mengalami Kerusakan

R usak sudah pasti mobil tidak akan bisa dinyalakan karena busi tidak dapat menghasilkan percikan api. Selain mobil susah menyala ada beberapa ciri lain yang bisa Anda perhatikan berikut ini:

Mobil Lebih Boros

Anda harus bersiap untuk menggunakan bahan bakar yang lebih banyak saat ignition coil rusak. Hal ini disebabkan percikan api tidak stabil membuat pasokan bahan bakar jadi berlebih.

Mobil Terasa Berat

Saat berkendara Anda juga akan merasakan mobil terasa semakin berat. Tenaga yang dihasilkan tidak optimal karena terjadi masalah pada sistem pengapian dan pembakarannya.

Mobil Mudah Panas

Pengapian dan pembakaran yang tidak beres akan membuat mesin bekerja keras, jadi bukan hal aneh jika mobil mudah panas. Bahkan dalam beberapa kasus bisa membuat mesin mati mendadak.

Anda yang merasa adanya indikasi kerusakan pada ignition coil bisa mengecek dengan cara mudah. Anda hanya perlu mematikan mesin mobil, cek kabel busi sudah terpasang dengan baik dan konektor ke koil. Bisa juga dengan mengecek arus AC dan DC apakah sudah sesuai dengan standar.

Memperhatikan komponen mobil penting bagi Anda apalagi jika terjadi kerusakan yang membutuhkan biaya besar. Demi menjaga mobil tetap nyaman dikendarai dan Anda merasa aman dari risiko kerusakan, asuransi mobil menjadi jawabannya.

Anda yang belum memiliki asuransi mobil bisa mulai mencari mana asuransi paling tepat melalui Cekpremi. Dapatkan informasi produk asuransi paling lengkap sehingga Anda lebih mudah untuk membandingkannya.

Cukup dengan mengisi data kendaraan melalui Cekpremi Anda bisa menggali informasi terlengkap. Ayo kunjungi Cekpremi sekarang juga.