2 Contoh Surat Kuasa yang Kerap Digunakan Sehari-hari

contoh surat kuasa

Membuat surat kuasa perlu memperhatikan contoh surat kuasa yang benar agar memahami unsur dan ciri yang terkandung dalam surat tersebut. Pembuatan surat kuasa juga tidak bisa sembarang karena termasuk hal penting yang memiliki dasar hukum.

Ketika kesulitan untuk mengurus dokumen, seperti perpanjangan STNK, mengurus KK dan KTP, Anda bisa mewakilkan melalui orang lain. Agar lebih jelas mengenal tentang surat kuasa, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Pengertian dan Ciri Surat Kuasa

Apa itu surat kuasa? Surat kuasa adalah dokumen yang memuat tentang pemberian wewenang atau kuasa dari seseorang kepada orang lain. Secara sederhana, surat kuasa menjadi bukti legalitas pada pihak lain sebagai perwakilan Anda.

Biasanya penggunaan surat ini berfungsi untuk mengurus administrasi atau birokrasi ketika yang bersangkutan tidak bisa melakukannya sendiri. Bahkan pembuatan surat kuasa tidak boleh secara sembarangan karena memiliki dasar hukum yang sah.

Oleh karena itu, dalam membuat surat kuasa harus menggunakan format yang baik dan benar atau bisa melihat contoh surat kuasa. Adapun ciri dari surat kuasa yang benar harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Pembuatan surat kuasa yang baik harus menggunakan Bahasa Indonesia baku serta mudah dipahami.
  2. Penggunaan bahasa dan kata-kata dalam surat kuasa harus sesuai dengan peruntukannya.
  3. Surat kuasa memuat pernyataan terkait peralihan wewenang dari diri sendiri pada orang lain guna mengurus suatu hal.

Jenis Surat Kuasa

Tidak sedikit orang yang menganggap pembuatan surat kuasa bisa sesuai keinginan, baik format hingga isi. Memang benar jika isi surat kuasa bisa sesuai keinginan atau keperluan Anda, namun harus menggunakan format yang benar.

Surat kuasa tergolong jenis surat formal sehingga Anda perlu memperhatikan unsur-unsur penyusun isi surat. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengenal jenis-jenis surat kuasa terlebih dahulu agar lebih mudah saat membuatnya sendiri.

  • Surat Kuasa Umum

Sebelum melihat contoh surat kuasa, Anda perlu mengetahui jenis dari surat kuasa yang biasa orang-orang pergunakan. Salah satunya surat kuasa umum yang memiliki landasan hukum Pasal 1796 KUHP.

Surat kuasa umum ini merupakan bentuk pemberian wewenang secara umum meliputi tindakan-tindakan yang berkaitan dengan pengurusan. Misal tindakan memindahtangankan barang, meletakkan hipotek, atau tindakan lain yang bisa dilakukan oleh pemilik.

Dalam artian lain, surat kuasa ini bertujuan agar pihak tertunjuk mengurus kepentingan pembuat surat kuasa secara umum. Oleh karena itu, surat kuasa umum tidak bisa menjadi dasar perwakilan pembuat surat di hadapan pengadilan.

  • Surat Kuasa Khusus

Jenis dari surat kuasa tidak hanya secara umum saja, namun ada jenis surat kuasa khusus yang juga memiliki landasan hukum. Surat kuasa khusus ini merupakan pemberian kuasa atau wewenang secara khusus kepada orang lain.

Banyak contoh surat kuasa yang bisa Anda lihat agar lebih sesuai dengan peruntukannya termasuk contoh dari surat kuasa khusus. Biasanya surat ini berfungsi untuk mengurus segala kepentingan dari pemberi kuasa.

Selain itu, pernyataan yang termuat biasanya meliputi tindakan apa saja yang boleh penerima kuasa atau pihak ketiga lakukan. Bahkan surat kuasa khusus ini bisa menjadi perwakilan dari pemberi kuasa di depan pengadilan.

2 Contoh Surat Kuasa

Apa saja contoh surat kuasa? Tentu Anda sudah penasaran dengan bagaimana contoh format surat kuasa yang baik dan benar. Sebenarnya ada banyak contoh yang bisa Anda lihat sesuai dengan peruntukannya masing-masing.

Surat Kuasa Ahli Waris

Surat kuasa ahli waris merupakan surat atau dokumen atas pemberian kuasa atau wewenang terkait kepemilikan harta, seperti tanah atau rumah. Anda bisa mengutus orang lain untuk melakukan jual beli aset melalui surat kuasa ini dan contoh surat kuasa sebagai berikut:

SURAT KUASA AHLI WARIS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Nomor KTP :

Pekerjaan :

Hubungan :

Alamat Lengkap :

Selanjutnya disebut dengan Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Nomor KTP :

Hubungan dengan Pemberi Kuasa:

Alamat Lengkap :

Yang selanjutnya disebut dengan Penerima Kuasa.

Saya sebagai pemberi kuasa menyatakan bahwa pemberian wewenang atau kuasa kepada penerima kuasa untuk mengurus harta waris peninggalan. Adapun harta peninggalan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah seluas …. meter persegi dan rumah seluas …. meter persegi yang berdiri atas nama …………. dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor …………

Saya akan memberikan kuasa kepada penerima kuasa atas kepemilikan sebidang tanah dan rumah setelah saya meninggal dunia.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di :……

Pada Tanggal:…..

Surat Kuasa Pengambilan Barang

Contoh surat kuasa berikutnya adalah surat kuasa atau pemberian wewenang atas pengambilan barang tertentu karena pemilik berhalangan. Barang tersebut biasanya bersifat berharga sehingga tidak bisa sembarang menyerahkan ke sembarang orang selain pemiliknya.

SURAT KUASA PENGAMBILAN BARANG

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Pekerjaan :

Alamat :

Memberi kuasa Kepada:

Nama :

Pekerjaan :

Alamat :

Saya sebagai pihak pertama telah memberikan wewenang kepada pihak kedua selaku wakil pihak pertama untuk mengambil barang berupa….. di Pegadaian…..

Demikian surat kuasa ini saya buat, semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

(Tempat, Tanggal pembuatan surat)

(Tanda tangan) (Tanda tangan)

(Nama lengkap pihak pertama) (Nama lengkap pihak kedua)

Sebenarnya masih banyak contoh surat kuasa lainnya yang bisa Anda lihat dan perhatikan sehingga tidak perlu bingung saat membuatnya. Dengan mengetahui berbagai jenis dan format surat kuasa tentu akan lebih mudah mengutus orang lain saat Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Saat membeli mobil baru lengkap dengan pendaftaran asuransi mobil terbaik Anda juga bisa menggunakan surat kuasa. Anda bisa membuat surat kuasa ketika kesulitan atau tidak bisa melakukannya hal tersebut sendiri dengan menunjuk orang lain.

Sebelum memberi wewenang sebaiknya Anda mencari informasi tentang perusahaan asuransi terbaik melalui cekpremi.com. Sekian penjelasan mengenai pengertian dan contoh surat kuasa sesuai format peruntukan yang bisa Anda gunakan ketika membutuhkan.

Referensi:

Medcom

Akseleran

Kompas

BFI