11 Rekomendasi Curug di Purwakarta Paling Hits dan Memesona

Curug di Purwakarta

Curug sebenarnya adalah kata dalam bahasa Sunda yang berarti air terjun. Purwakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata curug yang hampir semuanya masih terjaga keasriannya.

Wisata curug memang selalu menarik untuk disinggahi. Bukan hanya karena alam sekitar yang hijau menawan, jelajah air terjun pun bisa menjadi ajang menguji adrenalin sekaligus memuaskan jiwa petualang.

Berbagai Wisata Curug di Purwakarta yang Memikat

Apabila Anda bosan mengunjungi Pantai, Museum, atau Gunung, tidak ada salahnya menjajal destinasi wisata lainnya seperti curug di Purwakarta. Di sini Anda dapat menikmati indahnya alam secara langsung, menyesap hawa yang sejuk, sekaligus bermain di bawah air terjun yang jernih. Tentu saja semuanya bakal menjadi kenangan tidak terlupakan.

Tak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, curug ada yang masih sangat alami atau belum terjamah banyak orang dan sebagian justru menjadi magnet wisatawan. Anda dapat memilih hendak mengunjungi curug yang lengang atau ramai. Berikut rekomendasi wisata curug di Purwakarta yang harus masuk daftar kunjungan Anda ketika liburan.

  • Curug Ponggang

Curug Ponggang merupakan salah satu curug di Purwakarta yang memiliki panorama alam menawan. Pepohonan di sekitar aliran sungai besar menjadikan area wisata makin sejuk dan rindang. Untuk dapat menikmati kecantikan Curug Ponggang dengan aman dan nyaman, sebaiknya datang saat musim kemarau sehingga debit air terjun tidak terlalu besar.

  • Curug Putri

Curug Putri Purwakarta memiliki ketinggian mencapai 35 meter dengan air cukup jernih. Suasana yang sejuk dan asri menjadikannya cocok dikunjungi untuk melepas penat. Curug ini juga mempunyai tebing batu di setiap sisinya. Keunikan lainnya yaitu adanya batuan hitam yang mirip pondasi air mengalir.

  • Curug Cipurut

Curug di Purwakarta berikutnya adalah Curug Cipurut yang ada di tengah-tengah Gunung Burangrang. Hawa segar akan menyambut kedatangan Anda tatkala berkunjung ke Curug Cipurut. Ketinggian curug utamanya sekitar 25-30 meter. Kawasan sekitar Curug Cipurut kerap dimanfaatkan sebagai lokasi perkemahan pada Sabtu dan Minggu.

  • Curug Cilamaya

Curug Cilamaya terletak di kaki Gunung Burangrang dan menawarkan panorama alam yang alami. Curug ini belum banyak dikunjungi orang sehingga menjadi pilihan tepat ketika ingin mencari ketenangan. Curug Cilamaya juga bisa diakses dengan berjalan kaki. Medannya relatif mudah dan jaraknya juga dekat dengan perkampungan warga.

  • Curug Tilu

Curug Tilu berada di lereng Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Wisata air terjun ini masih asri, alami, dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Curug Tilu selalu ramai kunjungan wisatawan. Bila diperhatikan dengan saksama, airnya sangat jernih berwarna kehijauan. Karena kemiripannya dengan Grand Canyon, orang-orang menjulukinya sebagai Grand Canyon dari Purwakarta.

  • Curug Suhada

Curug Suhada juga menjadi satu dari sekian banyak curug di Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan karena kondisinya yang sangat asri. Lokasi Curug ini berada di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Perjalanan menuju destinasi wisata ini dapat ditempuh dengan trekking atau berjalan kaki melewati persawahan dan hutan bambu lebih dulu. Setiba di sana mata akan dimanjakan dengan panorama yang menawan.

  • Curug Cijalu

Wisata Curug Cijalu terletak di kawasan yang sama dengan Curug Putri. Pesona air terjun Cijalu sangat memikat, hawanya sejuk, dengan panorama asri. Nama Cijalu berarti lelaki perjaka atau umum disebut air terjun jantan.

Tak sekadar bermain di bawah air terjun, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti berkemah hingga rock climbing.

  • Curug Ciseoh

Curug Ciseoh Purwakarta juga berada di kawasan Gunung Burangrang. Destinasi wisata yang masih alami dengan pepohonan besar di kanan kirinya tersebut sangat disukai oleh para petualang.

Salah satu penyebabnya adalah jalanan menuju air terjun yang cukup menantang dengan medan licin. Jarak yang ditempuh untuk dapat sampai curug sekitar 1 km berjalan kaki.

  • Curug Cisomang

Curug Cisomang merupakan Curug di Purwakarta yang disebut sebagai harta karun yang tersembunyi di bawah jembatan Cisomang. Kendati secara administratif, air terjun ini masuk kawasan Bandung Barat, tetapi akses ke lokasi utama lebih mudah ditempuh dari Purwakarta.

Bila Anda ingin berkunjung ke wisata Purwakarta satu ini disarankan ketika cuaca cerah. Hal ini tak lain karena jalur trekking berupa tanah merah yang berkelok-kelok cenderung licin saat musim penghujan.

  • Curug Cimata Indung

Curug Cimata Indung terletak di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Sama halnya dengan destinasi wisata curug lainnya, kawasan wisata ini begitu asri dan menyejukkan sehingga membuat pengunjung betah tinggal berlama-lama. Curug Cimata Indung menjadi alternatif tempat wisata menarik untuk Anda yang berjiwa petualang.

  • Curug Walanda

Curug Walanda dipercaya sebagai tempat persembunyian orang-orang dari para penjajah di masa lalu. Air terjun ini konon ditemukan oleh orang Belanda sehingga dinamakan Walanda. Anda dapat mencapai curug ini menggunakan kendaraan bermotor. Untuk dapat bermain di sekitar air terjun, harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Destinasi wisata curug di Purwakarta dapat menjadi tujuan wisata yang tepat bagi Anda serta keluarga. Tinggal buat rencana, memilih tanggal, cek kondisi kendaraan, dan tentukan tujuannya sehingga perjalanan wisata akan berlangsung lancar.

Bagi Anda yang senang traveling, tentu harus melindungi diri dari berbagai kemungkinan seperti kecelakaan dalam perjalanan, keterlambatan pemberangkatan dan bagasi, hingga kehilangan barang pribadi. Oleh sebab itu, penting membeli produk asuransi perjalanan terbaik sebagai upaya perlindungan diri selama melancong.

Kini Anda tak perlu bingung memilih ragam produk asuransi sebab sudah ada cekpremi.com yang merupakan portal pembanding asuransi berbasis online tepercaya di Indonesia. Hanya dengan beberapa kali sentuhan layar, Anda akan memperoleh asuransi perjalanan sesuai kebutuhan tanpa biaya tambahan apapun.

Asuransi perjalanan di cekpremi.com tersedia dalam tiga pilihan. Tipe Worldwide bakal menjamin perjalanan ke seluruh negara di dunia. Tipe Domestik yang memberikan jaminan perjalanan darat, laut, maupun udara dalam wilayah Indonesia. Lalu ada tipe Asia yang menjamin perjalanan ke berbagai negara yang ada di Benua Asia.

Cekpremi.com telah bermitra dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Melalui portal ini Anda tak perlu susah payah mencari produk asuransi atau membandingkannya. Jadi, jangan ragu mempercayakan perlindungan perjalanan Anda bersama cekpremi.com.