Keindahan Curug Pangeran Gunung Salak di Jawa Barat

curug pangeran gunung salak

Jawa Barat memiliki cukup banyak tempat wisata tersembunyi dengan air dan udara segar seperti Curug Pangeran Gunung Salak. Lokasinya yang sangat jauh dari perkotaan menjadikan tempat wisata ini pas untuk dikunjungi di akhir pekan.

Anda yang sedang mencari ketenangan bisa datang ke tempat wisata yang satu ini. Hanya saja perlu persiapan yang matang karena perjalanannya membutuhkan waktu dan cukup terjal. Seperti apa keindahan yang ditawarkan, cek terlebih dahulu.

Beragam Keindahan di Curug Pangeran Gunung Salak

Menurut mitosnya, Curug Pangeran ini merupakan petilasan dari Prabu Kian Santang yang berasal dari Kerajaan Pajajaran. Oleh karena itulah tempat ini disebut dengan Curug Pangeran. Tak hanya itu, cukup banyak mitos yang meliputi tempat ini seperti airnya yang bisa membuat awet muda sampai sering terdengar suara gamelan setiap malam Jumat.

Di luar mitos tersebut, Curug Pangeran adalah tempat yang sangat indah. Anda yang berlibur ke tempat ini akan dipuaskan dengan berbagai keindahan berikut ini:

  • Air Terjun yang Tidak Deras

Dalam bahasa Sunda, curug artinya adalah air terjun. Benar saja, di Curug Pangeran Gunung Salak ini Anda akan menemukan air terjun yang tingginya 6 hingga 7 meter. Hanya saja aliran airnya tidak terlalu deras seperti pada air terjun di Tawangmangu.

Justru dengan airnya yang tidak terlalu deras inilah air terjun menjadi tempat yang cukup aman untuk berwisata. Anda bisa lebih leluasa untuk berfoto dengan latar belakang air terjun di sini.

  • Air Berwarna Hijau yang Jernih

Kolam di bawah curug memiliki warna kehijauan yang sangat jernih. Anda bisa dengan jelas melihat dasar kolam yang merupakan campuran dari tanah dan bebatuan berlumut. Kolam ini hanya memiliki kedalaman 2 sampai 3 meter, jadi aman jika ingin berenang atau sekedar bermain air.

See also Pantai Lebih Gianyar, Wisata Pasir Hitam nan Cantik

Saat siang hari kolam ini tampak lebih tenang dan pantulan cahaya matahari akan membuat warnanya semakin indah. Hanya saja jika ingin berenang tidak disarankan untuk berada di bawah air terjun langsung karena kedalaman Curug Pangeran Gunung Salak bisa sampai 6 meter.

  • Suasana Dingin dengan Banyak Tumbuhan Pakis

Meskipun siang hari seluruh area di curug ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Hal ini karena banyak tumbuhan pakis yang menjadi bingkai air terjun. Kesegaran udara bisa dirasakan bagi Anda yang sudah bosan dengan udara di perkotaan.

Tumbuhan pakis yang sangat lebat juga turut menjadi penyejuk udara apalagi daunnya yang basah karena terkena air terjun. Selama perjalanan menuju ke Curug Pangeran Gunung Salak Anda juga akan banyak melihat tumbuhan ini.

Informasi Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Curug Pangeran

Anda yang berangkat dari Pulau Jawa atau pulau lain harus melakukan banyak persiapan karena lokasinya yang cukup jauh. Anda harus berjalan kaki atau trekking untuk sampai curug langsung dari pintu utama.

Berikut ini informasi lengkap dari lokasi sampai dengan fasilitas yang tersedia di Curug Pangeran Gunung Salak.

  • Lokasi

Apabila dilihat dari peta, curug ini berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Alamatnya adalah di Desa Gunung Sari, Pamijahan, Jawa Barat. Curug tidak dibuka pada malam hari jadi Anda sebaiknya datang di pagi hari.

Jam bukanya adalah untuk hari kerja dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB. Jika akhir pekan atau tanggal merah tempat ini buka dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Pastikan Anda datang tepat waktu supaya bisa lebih lama saat berada di curug.

  • Rute

Curug Pangeran lebih mudah didatangi jika Anda memulai perjalanan dari Bogor. Anda bisa menaiki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jadi terlebih dahulu datang langsung ke Bogor kemudian menyewa kendaraan agar lebih mudah.

See also Pesona Pantai Cijeruk Garut yang Sayang untuk Dilewatkan

Anda akan menempuh jarak sekitar 25,2 km dan jika menggunakan kendaraan pribadi hanya diperlukan waktu 30 menit untuk sampai ke tujuan. Anda bisa memulai perjalanan dari Jalan Raya Bojong Rangkas dan terus sampai ke jalan Gunung Bunder.

Jika Anda sudah sampai di Gunung Bunder maka tinggal terus saja sampai menemui pertigaan. Di pertigaan inilah Anda akan menemukan marka Curug Pangeran dan tinggal ikuti saja petunjuknya.

  • Harga Tiket Masuk

Berada di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuat Anda harus membayar dua tiket masuk. Pertama adalah tiket ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan biaya Rp35.000 per orang.

Saat sudah berada di curug Anda juga harus membayar Rp10.000 per orang. Kendaraan bisa diparkir di pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Khusus mobil Anda bisa membayar Rp10.000, jika naik motor Anda perlu membayar Rp5.000.

  • Fasilitas

Mulai dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Anda harus berjalan kaki, namun tidak terlalu jauh yaitu sekitar 150 meter saja. Butuh waktu 10 menit untuk sampai di Curug Pangeran.

Beragam fasilitas bisa Anda akses di area tempat parkir sedangkan di area curug masih sangat asri. Mulai dari fasilitas seperti mushola, toilet, dan juga warung yang menyediakan makanan ringan hingga berat pun tersedia.

Anda yang membawa bekal pun bisa beristirahat dan makan di saung yang sudah disediakan. Saung ini juga banyak digunakan wisatawan untuk istirahat sebelum mulai berjalan kaki ke curug.

Ada juga beberapa penginapan Curug Pangeran yang cukup terjangkau, cocok jika Anda datang dari luar kota. Begitu juga dengan camping ground Curug Pangeran yang biasanya ramai wisatawan untuk berkemah.

See also Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Semarang

Bagi Anda yang datang bersama dengan keluarga besar bisa juga menyewa villa Curug Pangeran yang harganya tidak terlalu mahal. Persewaan villa ini biasanya sudah tersedia secara online jadi Anda bisa melakukan booking sebelumnya.

Lokasi Curug Pangeran Gunung Salak yang cukup jauh dari kota Bogor membuat Anda harus melakukan persiapan yang cukup matang. Apalagi jika Anda datang dari luar kota, persiapan seperti asuransi perjalanan wajib dimiliki.

Penting untuk mempersiapkan diri sebelumnya agar liburan terasa aman dan nyaman. Soal asuransi Anda bisa membandingkannya terlebih dahulu dengan mengakses Cekpremi. Di Cekpremi Anda bisa menemukan sekaligus membandingkan banyak asuransi dalam waktu singkat. Akses sekarang juga Cekpremi.

Sumber:

Travels Promo

Kompas

Kompas

Wisata Bagus

Pesisir