Danau Cermin Tabalong Wisata Surga Tersembunyi di Kalimantan

danau cermin tabalong

Hutan Kalimantan terkenal keindahannya di seluruh dunia. Selain hutan, ada juga Danau Cermin Tabalong yang berada di tengah hutan dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik.

Anda yang sedang bingung mencari tempat wisata bisa langsung merencanakan untuk pergi ke Kalimantan dan mengunjungi danau ini. Selain Danau Cermin, masih banyak juga destinasi wisata lainnya yang bisa masuk ke daftar pilihan Anda.

Menilik Keindahan Danau Cermin Tabalong Kalimantan

Danau Cermin adalah lokasi wisata yang berada di Tabalong, Kalimantan Timur. Disebut dengan surga yang tersembunyi karena memang letaknya ada di dalam hutan. Cukup banyak pelancong dari luar negeri yang sengaja ingin berkunjung ke danau ini.

Mengingat letaknya yang ada di dalam hutan maka Anda harus melakukan banyak persiapan. Seperti membawa tenda, perbekalan dan keperluan perjalanan lainnya. Selama perjalanan dan sampai ke Danau Cermin ada banyak keindahan yang akan Anda dapatkan seperti:

  • Airnya yang Jernih Layaknya Cermin

Disebut dengan Danau Cermin karena memang penampilannya yang sangat indah dan tenang. Warna airnya sangat jernih sehingga saat siang hari Anda bisa melihat dasar danau yang penuh dengan bebatuan.

Selain itu airnya juga sangat tenang sehingga membuat tampilan alam di sekitarnya muncul layaknya cermin. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan karet yang tampilannya juga akan terlihat di permukaan air danau.

  • Suasana yang Sejuk dan Tenang

Berwisata ke Danau Cermin Tabalong membuat Anda bisa menikmati suasana yang lebih sejuk. Udara di sekitar danau pada saat pagi sampai sore hari terasa lebih dingin dan asri karena di sekitarnya terdapat pepohonan rimbun.

Tempat wisata di Tabalong ini juga sangat tenang, sehingga cocok menjadi tempat healing bagi Anda yang mencari ketenangan. Anda bisa datang bersama dengan kerabat untuk melepaskan penat setelah lelah bekerja di kota.

  • Melihat Flora Fauna yang Unik

Selama perjalanan ke danau Anda sebaiknya ditemani oleh pemandu wisata supaya tidak salah arah. Di perjalanan Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna unik yang sebelumnya mungkin tidak pernah dilihat.

See also Apa Itu Transit pada Perjalanan Menggunakan Pesawat Terbang

Pada saat di danau Anda juga akan melihat keunikan tersendiri yaitu adanya biota laut dan tawar. Mengingat danau ini memiliki dua jenis air laut dan air tawar. Jadi tidak heran jika biota di danau ini pun berbeda.

  • Bermain Air di Danau

Selama berada di Danau Cermin Tabalong Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau snorkeling. Anda bisa merasakan segar dan jernihnya air di danau. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan snorkeling atau pakaian ganti.

Bagi Anda yang tidak ingin berenang, bisa juga menaiki kapal yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Anda bisa menyewa kapal untuk bisa mengelilingi danau meskipun ukurannya kecil.

Alamat lengkap Danau Cermin Tabalong ada di Kecamatan Amuntai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Apabila Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Tabalong maka membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Destinasi Wisata Indah di Kalimantan Lainnya

Masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa Anda datangi selama liburan ke Kalimantan. Jadi tidak akan ada waktu liburan yang terbuang jika Anda sudah memiliki daftar destinasi wisata lainnya berikut ini:

  • Goa Liang Tapah

Masih berada di Tabalong, tempat wisata yang satu ini juga berhubungan dengan air. Goa Liang Tapah berada di Desa Garagata, Jaro, Tabalong. Daya tarik tempat ini adalah sebuah gua yang memiliki mata air sangat indah berbentuk seperti danau berwarna biru.

Banyak warga sekitar yang juga bermain air di mata air goa ini. Selain bermain air, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam Kalimantan yang luar biasa indahnya. Sama seperti saat ke Danau Cermin Tabalong, Anda juga harus berjalan kaki untuk menuju lokasi wisata utamanya.

  • Air Terjun Tangkum

Pilihan selanjutnya adalah Air Terjun Tangkum yang ada di Panaan, Bintang Ara, Tabalong. Berada di tengah-tengah kebun karet dan cukup terpencil, jadi Anda perlu berjalan kaki untuk menuju ke air terjun.

See also 10 Wisata Pantai Kalianda dengan Pemandangan Eksotis

Air terjun di tanjung Tabalong ini tidak terlalu deras jadi cukup aman jika ingin bermain di genangan air di bawahnya. Udaranya lebih sejuk karena pepohonan karet yang lebih lebat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat parkir jadi Anda tidak perlu berjalan kaki terlalu lama.

  • Danau Biru Pugaan

Disebut danau biru karena memang airnya yang berwarna biru sangat muda. Berbeda dengan Danau Cermin, karena Danau Biru ini adalah danau buatan yang ada di Tayur, Amuntai Utara, Hulu Sungai Utara.

Keasriannya masih sangat terjaga oleh karena itu sama sekali tidak ada kuliner di sekitarnya. Anda harus membawa bekal sendiri jika ingin liburan ke sini, namun fasilitas umum seperti toilet sudah tersedia.

  • Tanjung Bersinar Park

Jika Anda sedang berada di kota Tabalong, jangan lupa untuk mampir ke Tanjung Bersinar Park. Taman yang rindang dan bersih ini merupakan ruang terbuka hijau yang ada di pusat kota Tabalong.

Menjadi tempat bermain anak di Tanjung Tabalong, Tanjung Bersinar Park kerap dikunjungi oleh keluarga setiap akhir pekan. Sebelum Anda pergi ke tempat wisata alam seperti Danau Cermin atau Danau Biru maka sempatkan untuk datang ke Tanjung Bersinar Park yang gratis.

  • Masjid Pusaka Banua

Tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa mengunjungi destinasi lain seperti Masjid Pusaka Banua Lawas. Masjid tertua di Kalimantan ini sudah melewati proses pemugaran sehingga memiliki tampilan yang indah serta kokoh bisa untuk dikunjungi wisatawan.

Bangunan ibadah umat Islam ini dibangun sejak 1625 Masehi dan menjadi saksi bisu masuknya Islam ke Suku Dayak Maanyan di Tabalong. Masjid ini juga telah menjadi simbol penting persatuan Muslim dan Dayak.

See also 7 Tips Liburan Akhir Tahun di Tempat Romantis

Jadi tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi? Jangan lupa masukkan Danau Cermin Tabalong menjadi daftar nomor satu. Sambil mempersiapkan daftar destinasi wisatanya, jangan lupa untuk membeli juga asuransi perjalanan.

Asuransi ini penting meskipun Anda melakukan perjalanan wisata domestik. Anda akan mendapat perlindungan terbaik dengan menemukan asuransinya melalui Cekpremi. Bandingkan sendiri mana asuransi yang tepat untuk kebutuhan liburan Anda nantinya di Cekpremi.

Sumber:

Go Travelly

Go Travelly

Republika