Detailing Mobil, Manfaat , Proses Dan Berapa Biayanya

detailing mobil

Detailing Mobil merupakan sebuah proses dalam merawat maupun mempercantik tampilan kendaraan yang Anda miliki. Selain itu, perawatan tersebut pun dilakukan dengan secara detail. Sehingga tidak mengherankan apabila hasilnya pun terlihat sangat bagus.

Proses ini pun dikenal sebagai teknik dalam untuk merawat kendaraan dari segala sisi. Baik dari eksterior maupun interiornya. Sehingga bukan hanya terlihat cantik, tetapi mobil pun akan terlihat bersih dan tampak seperti baru lagi. Selain itu, untuk membuat Anda lebih mudah dan aman, sebaiknya untuk mendaftarkan asuransi. Sehingga mobil dapat dilindungi dan membeli produk di cekpremi tidak akan dikenakan biaya tambahan pembelian. Tentu ini sangat menguntungkan, bukan?

asuransi mobil

Manfaat Detailing Mobil

Dengan melakukan proses ini, maka noda yang menempel pada mobil bisa dihilangkan. Seperti goresan kerikil-kerikil, terik matahari, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya yuk simak informasi berikut ini!

  • Perawatannya Lebih Mudah Dilakukan Setelah Detailing Mobil

Ketika mobil sudah melakukan detailing mobil maka akan mudah dibersihkan. Hal ini karena Anda tidak perlu menekan terlalu keras. Anda hanya perlu menyiram semua noda maupun kotoran karena akan luntur dengan sendirinya. Tentu hal ini berbeda halnya apabila mobil belum di poles maka Anda perlu ekstra hati-hati. Ini dikarenakan hal tersebut dapat merusak cat.

  • Cat Akan Dilapisi Dengan Cairan Pelindung

Ketika mobil yang Anda miliki dilapisi dengan cairan pelindung maka tampilan mobil akan terlindungi dari noda-noda yang menempel. Layaknya seperti daun talas yang terkena air, maka tidak akan tembus. Selain itu, dengan Anda menggunakannya maka warna dari mobil yang Anda miliki pun tidak akan mudah rusak. Dimana tentunya jika hal tersebut dibiarkan maka akan sulit dibersihkan.

  • Dapat Membantu Penuaan Pada Body Mobil

Seperti yang diketahui bahwa sinar Ultraviolet memang memiliki dampak buruk bagi body mobil. Belum lagi karen faktor-faktor lain seperti terkena cipratan air dan ditunjang oleh iklim negara ini yang tropis. Bahkan cuacanya pun tidak mudah untuk diprediksi sehingga memperparah dampak buruk yang akan terjadi pada mobil yang Anda kendaraan tersebut, bukan?

Tentu hal tersebut akan membuat mobil cepat rusak. Sehingga dengan melakukan detailing mobil dengan rutin maka akan membuat kendaraanmu lebih tahan lama. tentunya dengan begitu, mobil pun bisa Anda pakai dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  • Detailing Mobil Dapat Membuat Kendaraan Lebih Mengkilap Dan Fresh

Selain membuat mobil tampak bersih ternyata kendaraan yang Anda gunakan pun dapat membuat lebih fresh dan kinclong. Sehingga, wajar apabila banyak orang beranggapan bahwa tampilan mobil akan terlihat seperti baru lagi. Tidak hanya terlihat cantik, tetapi dapat membuatmu merasa nyaman ketika berkendara.

Proses Detailing Mobil

detailing mobil

Proses detailing mobil ini sendiri memiliki beberapa tahapan. Sebelum akhirnya menjadi mobil yang cantik dan menakjubkan. Apakah Anda penasaran dengan tahapannya? Jika iya, yuk simak pembahasan berikut ini secara detail!

  • Cleaning ( Proses Pem bersihan Dalam Detailing Mobil)

Pada proses ini mobil akan dibersihkan terlebih dahulu. Sehingga tidak ada kotoran maupun noda yang tertinggal. Dengan begitu, proses dari detailing mobil akan mudah dilakukan. Selain itu, proses ini pun dilakukan hanya dua tahapan saja. pertama clying dan paint cleaning. Dimana claying adalah sebuah upaya untuk membersihkan kotoran.

Adapun paint cleaning merupakan sebuah tahapan dalam membersihkan body mobil tanpa harus merusak semua permukaan cat. Dimana hal tersebut dilakukan untuk membuat permukaannya lebih halus.

  • Paint Correction (Proses Preparasi)

Proses ini dapat dikatakan sangat penting karena mengoreksi sebuah permukaan kendaraan. Dimana hal tersebut disebabkan oleh oksidasi, gores, dan lain sebagainya hal lainnya. Selain itu paint correction ini sendiri melakukan semuanya dengan polishing dan glazing, compound, dan lain sebagainya.

  • Protection (Proses Perlindungan)

Setelah semua dilakukan maka hasilnya pun akan terlihat bagus. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlalu aman. Sehingga untuk lebih aman maka harus disertai dengan tahapan proteksi. Adapun proteksi dalam hal ini adalah dengan memasang lapisan sealant, wax, dan lain sebagainya. Tentunya berada diatas permukaan cat.

  • Maintenance

Perlindungan yang diberikan kepada mobil, tidak mungkin akan selamanya. Selain itu, untuk melindungi mobil secara menyeluruh adalah dengan melakukan perawatan terhadap mobil dengan rutin.

Biaya Detailing Mobil

Untuk melakukan proses ini maka ada beberapa hal yang perlu dibahas. Sehingga, baik Anda maupun suami tidak akan bingung lagi. Inilah beberapa biaya untuk melakukan detailing mobil. Untuk melakukan proses ini maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2,400.000 untuk mobil kecil.

Selain itu, untuk mobil medium adalah 2,6 Sementara untuk harga mobil yang besar, sekitar 2,8 – 3,5 juta. Namun, biaya tersebut bukanlah biaya yang pasti karena nominal tiap bengkel mobil bisa saja berbeda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berbeda halnya apabila mendaftar kan asuransi. Anda tidak perlu langsung menyiapkan uang sebesar nominal diatas. Pasalnya, jika Anda membeli produk asuransi mobil di cekpremi, maka itu dapat membantumu untuk mengatasi hal tersebut.

Maka, ketika melakukan detailing mobil secara rutin Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai biaya. Selain itu, perawatan tersebut dapat membuat kendaraan yang Anda miliki akan menjadi lebih nyaman digunakan. Sehingga Anda pun akan lebih percaya diri karena tampilannya akan jauh lebih bagus dari sebelumnya.

asuransi mobil

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Apa itu detailing mobil?

Detailing mobil adalah proses perawatan menyeluruh yang membuat mobil terlihat bagus dan seperti baru.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan detailing mobil?

Sebaiknya dilakukan 2 hingga 3 kali setahun, dan disarankan menggunakan asuransi untuk proteksi tambahan.

Dengan detailing rutin, mobil Anda akan lebih awet, bersih, dan nyaman digunakan.