Tentang Dexamethasone: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dexamethasone

Dexamethasone atau deksametason termasuk golongan obat kortikosteroid yang memiliki beragam manfaat sekaligus efek samping. Pembelian obat satu ini hanya bisa menggunakan resep dari dokter agar lebih tepat dosisnya.

Mungkin Anda bisa dengan mudah menemukan obat kortikosteroid satu ini di apotek, namun tidak boleh sembarangan untuk mengonsumsinya. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal manfaat, dosis, hingga efek samping dari obat deksametason ini.

Apa itu Dexamethasone?

Saat ini semakin banyak jenis dan merek obat yang beredar sehingga lebih mudah mendapatkan obat untuk penyakit tertentu. Meskipun demikian, tidak semua jenis obat bisa Anda beli secara bebas seperti deksametason.

Lantas, apa itu obat deksametason? Deksametason atau dexamethasone adalah jenis obat anti radang golongan kortikosteroid. Pasalnya, obat ini berfungsi untuk mengurangi reaksi kekebalan tubuh dengan mencegah produksi senyawa yang mengakibatkan peradangan.

Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan obat ini, namun tidak sedikit pula yang belum paham cara kerja hingga efek sampingnya. Obat deksametason yang termasuk golongan kortikosteroid ini hanya berfungsi sebagai terapi paliatif.

Terapi paliatif dengan artian obat tidak dapat mengatasi penyebab penyakit tetapi hanya bisa meredakan peradangan. Tidak heran jika dexamethasone termasuk obat yang efektif untuk meredakan peradangan

Manfaat Dexamethasone

Meskipun sudah banyak tersedia di apotek, namun Anda tidak bisa membeli obat deksametason ini tanpa menggunakan resep dokter. Pasalnya, obat golongan kortikosteroid satu ini juga mengandung beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Anti Inflamasi

Deksametason mengandung beragam manfaat, salah satu manfaat utama sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Obat satu ini bermanfaat untuk meredakan radang rematik, radang usus, hingga infeksi mata.

  • Mengatasi Alergi

Obat deksametason tidak hanya mampu meredakan peradangan pada tubuh saja, namun bermanfaat juga meredakan alergi. Terkadang tubuh bisa memberikan reaksi alergi akibat makanan, udara, atau hal lainnya dengan gejala muncul bentol-bentol merah.

  • Masalah Pernapasan

Perlu Anda ketahui, peradangan juga bisa mengakibatkan penyakit lain seperti menimbulkan masalah pada pernapasan. Manfaat lain mengonsumsi dexamethasone adalah mengatasi masalah pernapasan seperti batuk dan asma (sesak napas).

  • Menangani Penyakit Autoimun

Tidak perlu ragu terkait manfaat deksametason yang tidak hanya berfungsi sebagai anti peradangan saja. Pasalnya, obat golongan kortikosteroid satu ini juga bisa menangani beberapa autoimun seperti rheumatoid arthritis.

  • Menyembuhkan Penyakit Kulit

Bahkan obat deksametason juga cocok untuk mengobati berbagai penyakit kulit yang tentunya harus menggunakan resep dokter. Penyakit seperti eksim, psoriasis, dan pemfigus bisa diobati menggunakan deksametason ini.

Dosis Pemakaian Dexamethasone

Mengenal rentang deksametason tidak hanya perihal fungsi dan manfaatnya saja, namun Anda juga perlu mengetahui dosis penggunaannya. Berapa anjuran dosis konsumsi deksametason? Tentunya dosis penggunaan obat deksametason berbeda-beda.

Terlebih bentuk obat satu ini ada 3 jenis, yaitu tablet, kaplet, dan injeksi sehingga perlu Anda ketahui perbedaannya. Berikut beberapa rincian dosis penggunaan deksametason sesuai bentuk dan peruntukannya, namun lebih baik jika sesuai anjuran dokter ahli.

  • Kaplet dan Tablet

Anak-anak: dosis dexamethasone sebagai anti inflamasi atau autoimun pada anak-anak sekitar 0,02 sampai 0,03 mg per kg BB dalam dosis terbagi. Tentunya hal tersebut menyesuaikan dengan kondisi anak dan tingkat keparahan penyakit.

Dewasa:

  1. sebagai anti inflamasi pada orang dewasa menggunakan dosis awal sekitar 0,5 sampai 9 mg per hari dalam dosis terbagi.
  2. Sedangkan untuk penanganan sindrom cushing biasanya menggunakan dosis 30 mg selama 7 hari dengan dosis lanjutan yang berbeda.
  3. Penggunaan deksametason dengan tujuan pengobatan tumor ganas menggunakan dosis 2 mg pada pukul 23.00.
  • Injeksi

Anak-anak: obat deksametason dalam bentuk injeksi biasanya dengan tujuan multiple sclerosis bisa untuk anak-anak. Pemberian deksametason pada anak-anak menggunakan dosis 167 sampai 333 mcg/kgBB per hari atau sesuai anjuran dokter.

Dewasa: pemberian dosis dexamethasone injeksi pada dewasa berbeda dengan anak-anak untuk tujuan multiple sclerosing. Sekitar 0,5 hingga 9 mg per hari setiap 12 jam sekali melalui intramuskular serta sesuai ketentuan dokter.

Efek Samping

Menggunakan obat secara bebas tentu bisa berakibat fatal meskipun Anda bisa dengan menemukan atau membeli obat tersebut. Tidak heran jika beberapa jenis obat terutama obat yang tergolong keras harus menggunakan resep dan sesuai dosis anjuran dokter.

Salah satu obat yang harus menggunakan resep dari dokter adalah deksamethasone atau obat anti radang. Pasalnya, obat satu ini juga memiliki efek samping meskipun sudah mengonsumsi sesuai anjuran dokter.

  • Peningkatan Berat Badan

Lantas, apa efek samping konsumsi dexamethasone? Mengonsumsi deksametason dalam meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menambah porsi makan dan tetap rutin berolahraga setiap hari.

  • Gangguan Tidur

Konsumsi dexamethasone juga dapat menyebabkan gangguan tidur karena memiliki kadar paling rendah saat waktu tidur. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda konsumsi deksa tidak lebih dari satu kali dalam sehari.

  • Gangguan Pencernaan

Tidak hanya menyebabkan peningkatan berat badan dan gangguan tidur saja, deksametason juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk mengatasi masalah perut, Anda harus menghindari makanan pedas atau meminumnya bersama camilan

  • Perubahan Suasana Hati

Bukan hal yang asing lagi jika mengonsumsi obat memiliki efek samping tertentu termasuk saat mengonsumsi deksametason. Pasalnya, deksametason juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati sehingga merasa cemas, marah, atau gelisah.

  • Masalah Pernapasan

Berbagai efek samping ringan hingga berat mungkin bisa Anda rasakan dalam kondisi tubuh tertentu. Dexamethasone juga bisa menyebabkan masalah pernapasan atau merasa kesulitan untuk bernapas terutama saat istirahat.

Deksametason termasuk obat golongan kortikosteroid yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Obat ini dapat meredakan peradangan, alergi, dan masalah lainnya dengan cara penggunaan dan dosis sesuai anjuran dokter.

Meskipun sudah banyak jenis obat yang beredar, namun mendaftarkan asuransi kesehatan sangat penting untuk perlindungan terbaik. Jika takut salah pilih asuransi, Anda bisa informasi sebagai bahan pertimbangan dengan mengunjungi website cekpremi.com.

Demikian ulasan tentang manfaat, dosis, hingga efek samping dari obat dexamethasone yang perlu Anda ketahui. Untuk mempermudah dalam mendapatkan perlindungan kesehatan terbaik sebaiknya cek informasi asuransi terbaik di cekpremi.com.

Referensi:

SehatQ

Detik

Honest Docs

Hello Sehat

Klik Dokter