Aspek Pemasaran Digital Marketing dan Cara Penerapannya

Digital Marketing

Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk yang dilakukan dengan menggunakan media digital dan internet, caranya dengan melakukan digital campaign atau kampanye online melalui website dan social media suatu perusahaan.

Sedangkan tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat, umumnya perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Kelebihan Digital Marketing

Seiring berkembangnya kemajuan di bidang teknologi, banyak perusahaan yang sekarang memakai digital marketing sebagai bentuk pemasarannya. Adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut;

  • Kecepatan Penyebaran

Digital Marketing atau yang biasa disebut dengan istilah DM dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik, serta dapat diukur secara tepat dan real-time.

  • Kemudahan Evaluasi

Hasil dari kegiatan pemasaran melalui strategi digital dapat segera langsung diketahui, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi iklan mana yang baik dan yang kurang mendapatkan respon.

Sehingga, setelah mengetahui informasi seperti berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa lama produk Anda ditonton orang, atau berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan lain sebagainya, maka Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

  • Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya adalah hanya melalui beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet, Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia, karena jangkauan geografis dari DM sangat luas.

  • Murah dan Efektif

Biaya yang Anda keluarkan ketika memakai strategi DM tentu jauh lebih murah dan efektif, jika dibandingkan harus dengan pemasaran tradisional. Bahkan Anda dapat menghemat biaya hingga 40%.

  • Membangun Nama Brand

Eksistensi dunia maya akan membantu Anda membangun nama brand dengan baik, karena keberadaan brand sangat penting bagi sebuah perusahaan, sebab umumnya orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Jenis Digital Marketing

Ada beberapa jenis strategi DM yang bisa Anda lakukan untuk memajukan sebuah brand atau perusahaan, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Website

Website merupakan salah satu strategi DM yang sangat berperan untuk membantu calon konsumen mengetahui produk atau bisnis Anda dengan menunjukkan profesionalisme perusahaan. Hal itu adalah sebuah promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

  • SEO & SEM

Memasarkan produk lewat search engine terbagi menjadi dua strategi, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Kedua strategi ini berfungsi untuk membuat website perusahaan Anda mudah ditemukan pada sistem mesin pencarian di internet.

Bedanya, SEO bisa Anda lakukan sendiri dengan waktu yang relatif lama tapi biayanya murah. Di sisi lain, SEM lebih cepat namun harus dengan berbayar. Selain itu, untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa mempertimbangkan keyword sewa akun whitelist dan melakukan riset interest yang sesuai dengan target pasar.

  • Sosial Media Marketing

Anda bisa mengedarkan platform dengan biaya yang sangat minim bahkan gratis di media sosial Facebook, instagram, twitter, tiktok, YouTube, dan lain-lain. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan brand atau produk, dan nama perusahaan.

  • Online Advertising

Untuk mendapatkan konsumen yang lebih cepat dan memuaskan, Anda bisa melakukan media promosi melalui internet dengan berbayar, namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

  • Email Marketing

Ada satu lagi strategi DM yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan email marketing, untuk memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung kepada email konsumen dan calon konsumen.

  • Video Marketing

Terakhir adalah dengan cara menjelaskan secara langsung tentang bisnis Anda, atau tentang produk dan cara menggunakannya, disertai dengan menampilkan testimonial pelanggan melalui sebuah video.

Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing

Cara memulai melakukan strategi pemasaran menggunakan media digital, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan hal-hal di bawah ini.

  • Persiapkan Alat atau Media

Langkah pertama adalah Anda harus mempersiapkan alat atau media apa yang akan digunakan untuk melakukan pemasarannya seperti website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain. Hal ini merupakan aset penting bagi perusahaan Anda.

  • Persiapkan Konten

Setelah memutuskan menggunakan platform apa untuk melakukan promosi, hal berikutnya adalah menyiapkan konten. Siapkan konten berupa foto, video, atau tulisan yang menarik perhatian dan shareable, tentukan juga tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.

  • Konsisten Mengunggah Konten

Anda sudah bisa mulai mengunggah konten, dan selalu evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, lakukan secara konsisten. Setelah mengevaluasi, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.

  • Gabung di Marketplace

Langkah selanjutnya Anda bisa bergabung dengan forum marketplace public, dan usahakan profil bisnis yang Anda miliki Anda bagus dan menarik, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Perkembangan bisnis dan teknologi di Indonesia, mengharuskan kita untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk dalam dunia perdagangan untuk menemukan peluang baru demi pertumbuhan bisnisnya.

Beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda lakukan;

  • Berjualan di Marketplace

Marketplace merupakan platform perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online.

  • Bisnis Affiliasi

Caranya sangat mudah, yang Anda lakukan hanya perlu mendaftar pada sebuah program affiliasi, lalu dapatkan kode referral yang berfungsi sebagai tautan khusus untuk memasarkan produk orang lain yang ingin Anda tawarkan.

Apabila barang atau jasa itu terjual melalui tautan Anda, maka akan mendapatkan komisi penjualan sesuai kesepakatan.

  • Content Creators

Profesi baru yang hanya ada di era kemajuan digital adalah menjadi seorang influencer atau konten kreator seperti blogger, youtuber, selebgram, dan lain-lain.

Selain itu Anda juga bisa menjadi konsultasi bisnis, Online Teaching, Web Development, App Development, Dropshipper & Reseller, dan lain sebagainya.

Intinya Anda harus fokus dan konsisten, agar bisnis digital yang Anda kelola bisa maju dan berkembang

Semua kegiatan dan ide bisnis tersebut bisa Anda lakukan hanya dari dalam rumah saja, sehingga sebagai aset berharga ternyaman yang secara tidak langsung tempat mengembangkan kemajuan bisnis Anda, layak untuk mendapatkan perlindungan terbaik melalui asuransi properti.

Cek dan bandingkan semua layanan asuransi properti di Indonesia melalui cekpremi, agar Anda bisa mendapatkan asuransi properti terbaik sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.



Referensi:

Jurnal

Sasana Digital