Kenali Apa Itu eDABU BPJS Kesehatan dan Cara Penggunaannya

eDABU BPJS Kesehatan

Tahukah Anda apa itu eDABU? Perlu diketahui bahwa eDABU BPJS kesehatan merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda dalam pelayanan BPJS agar lebih mudah. Aplikasi ini berbasis online yang mudah dan praktis bagi semua penerima BPJS.

Melalui fitur yang ada pada aplikasi eDABU ini, peserta BPJS bisa melakukan pendaftaran dan mutasi dengan mudah. Selain itu, peserta juga akan dengan mudah menggunakan fasilitas kesehatan yang disediakan rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Dengan eDABU BPJS kesehatan, Anda bisa melakukan pendaftaran, pengobatan, mutasi, hingga pelayanan kesehatan dengan cepat. Anda hanya perlu mengurusnya secara online tanpa harus pergi ke rumah sakit atau puskesmas.

Pengertian Aplikasi eDABU BPJS Kesehatan

Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui apa itu aplikasi eDABU BPJS Kesehatan ini. eDABU atau Elektronik Data Badan Usaha merupakan layanan yang berbentuk aplikasi untuk pengguna BPJS.

Selain memudahkan para pengguna BPJS, aplikasi ini juga memudahkan badan usaha atau perusahaan dalam mengelola data peserta BPJS. Mulai dari mengelola administrasi kepesertaan bagi para karyawan hingga anggota keluarga karyawan itu sendiri.

Layanan eDABU ini bisa diakses melalui komputer atau laptop. Anda bisa membuka situs eDABU BPJS Desktop untuk menggunakan layanan ini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya melalui ponsel dengan mengunduh aplikasi eDABU Mobile.

eDABU berguna untuk masuk atau BPJS kesehatan login pada sebuah perusahaan. Hal ini akan dilakukan pada pihak yang berwenang dalam mengelola keanggotaan BPJS di suatu perusahaan atau instansi. Melalui aplikasi ini, peserta BPJS akan lebih mudah dalam memasukkan data secara online.

Penggunaan eDABU ini cukup bermanfaat sekali bagi penggunanya. Aplikasi ini mampu dalam mempermudah pekerjaan perusahaan. Selain itu, aplikasi ini juga sangat baik dalam memperhatikan kesejahteraan banyak pengguna di seluruh Indonesia.

Terdapat beberapa fitur aplikasi yang akan Anda temukan saat menggunakan eDABU. Fitur-fitur ini akan membantu Anda dalam mengakses setiap menu yang ada pada aplikasi. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini diantaranya:

    • Upload data secara massal
    • Cek data peserta
    • Rekap laporan iuran
    • Approval
    • Tambah dan edit data
    • Cetak kartu keanggotaan

Cara Menggunakan Aplikasi eDABU BPJS Kesehatan

Banyak masyarakat yang masih belum memahami cara penggunaan aplikasi eDABU BPJS kesehatan ini. Selain itu, ada data yang perlu disiapkan sebelum menggunakan aplikasi ini. Berikut cara untuk menggunakan aplikasi eDABU dengan mudah:

  • Menyiapkan Data Diri

Untuk menggunakan aplikasi eDABU ini, langkah awal yang perlu disiapkan yaitu menyiapkan beberapa dokumen berisi data diri. Mulai dari KTP hingga kartu keluarga, siapkan juga dalam bentuk format excel untuk diakses pada data.

  • Input Data Peserta

Jika dokumen-dokumen berisi data diri telah disiapkan, Anda bisa memasukkan data tersebut setelah masuk pada aplikasi. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar terbelih dahulu melalui menu registrasi.

  • Memilih Fasilitas Kesehatan

Setalah memiliki akun, Anda perlu memilih fasilitas kesehatan yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Pastikan puskesmas atau rumah sakit terdekat menerima pengguna BPJS untuk nantinya berobat.

  • Pilih Unit Kerja

Selanjutnya Anda bisa memilih unit kerja untuk menambah atau mengurangi anggota keluarga pada data. Di bagian ini Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi yang tersedia. Selain itu, Anda bisa menambahkan anggota keluarga lainnya pada data.

  • Cek Tiket Pengiriman

Jika semua cara sudah dilakukan, data yang Anda masukkan sudah tersimpan dengan rapih pada web BPJS kesehatan. Anda bisa mengeceknya melalui bagian tiket pengiriman. Hanya perlu memilih menu home lalu pilih tiket pengiriman, semua data akan terlihat pada menu tersebut.

  • Cek Nomor BPJS Kesehatan

Jika Anda ingin mengecek nomor BPJS kesehatan, ada beberapa cara yang perlu dilakukan. Pertama, pilihlah menu data peserta dan mutasi peserta, lalu isi keterangan yang diminta. Jika sudah, klik cari dan data lengkap pengguna BPJS akan muncul pada layar.

Pastikan semua data yang dimasukkan pada aplikasi sudah benar dan tepat. Sehingga data Anda yang berada pada web BPJS tidak memiliki kesalahan. Gunakan aplikasi eDABU BPJS kesehatan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan dengan mudah dan efektif.

Cara Mengubah Data BPJS Kesehatan Via eDABU

Melalui aplikasi eDABU BPJS kesehatan, data Anda bisa diubah dengan praktis. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi new eDABU 4.2 login dan mengikuti beberapa cara untuk mulai mengubah data. Berikut cara untuk mengubah data BPJS kesehatan melalui eDABU:

  • Download Aplikasi eDABU

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengubah data yaitu mengunduh aplikasi eDABU. Anda bisa mengunduh aplikasinya secara langsung di Play Store. Pastikan aplikasi yang diunduh merupakan eDABU 4.2 atau eDABU yang telah diperbarui.

  • Masukkan Username dan Password

Setelah selesai mengunduh eDABU BPJS kesehatan, langsung login pada aplikasi untuk bisa masuk. Masukkan username dan password yang telah terdaftar sebelumnya pada BPJS kesehatan.

  • Edit Data yang Ingin Diubah

Jika sudah masuk aplikasi eDABU, pilihlah data peserta lalu pilih menu edit data peserta. Di sana Anda bisa memilih tombol edit yang nantinya akan muncul form untuk mengubah data. Jika sudah, Anda bisa mengubah data pribadi dan fasilitas kesehatan sesuai apa yang diinginkan.

  • Simpan Data

Pastikan data yang telah diubah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika sudah, Anda bisa langsung menyimpan data yang telah diubah. Anda hanya perlu menekan menu simpan dan data yang ada telah diperbarui pada eDABU.

Aplikasi eDABU BPJS kesehatan juga menyediakan fitur menu tambahan dan hapus anggota keluarga. Pastikan Anda menggunakan aplikasi eDABU plus yang telah diperbarui agar memudahkan Anda dalam penggunaan aplikasi.

Selain mempersiapkan BPJS, bagi Anda yang ingin memiliki perlindungan kesehatan maksimal maka bisa mempersiapkan sebuah asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi, perawatan dan pengobatan akan lebih nyaman dan aman. Selain dengan BPJS, biaya pengobatan Anda juga akan tercover dengan adanya asuransi kesehatan terpercaya.

Cek dan buka website cekpremi.com untuk mengetahui segala informasi dan perbandingan asuransi terbaik di Indonesia. Penggunaan asuransi kesehatan dan eDABU BPJS kesehatan akan membantu untuk meringankan biaya dan memudahkan Anda ketika memerlukan pengobatan di rumah sakit atau puskesmas.

Referensi

Finansialku

SehatQ