Pentingnya Penggunaan FOB dalam Mengurus Asuransi

fob

Tahukah Anda apa itu free on board? FOB adalah salah satu kegiatan penyerahan suatu barang yang sebelumnya sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Dalam kegiatan FOB ini, pihak penjual dan pembeli menyepakati beberapa syarat yang nantinya akan dilakukan kedua belah pihak.

Pada free on board ini, pihak penjual nantinya memiliki sebuah tugas dan tanggung jawab dalam mengantarkan barang hingga ke atas kapal. Jika barang sudah berada di atas kapal. Selanjutnya barang tersebut menjadi tanggung jawab pembeli untuk memantau setiap pergerakan pengiriman.

Kegiatan ini termasuk ke dalam salah satu metode pembayaran sebuah pengiriman yang terjadi pada dunia perdagangan internasional. Nantinya penjual menetapkan suatu harga yang dihitung berdasarkan nilai barang sampai barang tersebut berada di atas kapal.

2 Jenis FOB dalam Dunia Perdagangan Internasional

Tahukah Anda bahwa FOB sendiri memiliki 2 jenis? FOB destination dan shipping point adalah dua hal yang sering digunakan dalam kegiatan free on board ini. Berikut penjelasan singkat mengenai 2 jenis free on board yang perlu diketahui:

  • Free on Board Destination

Jenis pertama yaitu metode pembayaran jenis destination. Pada jenis ini, pihak penjual memiliki sebuah tanggung jawab terhadap biaya kirim. Selain itu, penjual juga mengambil segala resiko yang terjadi sampai barang diterima oleh pembeli.

Proses pencatatan pengiriman barang pada jenis ini dilakukan setelah barang sudah berada di tangan pembeli. Oleh karena itu, pada jenis destination ini pihak penjual memiliki tanggung jawab penuh dalam melakukan sebuah pengiriman barang.

  • Free on Board Shipping Point

Jenis metode pembayaran FOB yang kedua yaitu jenis shipping point. Pengertian FOB shipping point adalah salah satu metode pembayaran yang di mana tanggung jawab sepenuhnya ada pada pembeli. Pada jenis ini pembeli memiliki tanggung jawab dan menerima segala resiko dalam pengiriman.

See also 7 Rekomendasi Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua

Berbeda dengan jenis destination, metode pembayaran yang satu ini pembeli memiliki tanggung jawab yang dikirim. Walaupun barang tersebut masih dalam perjalanan, tetapi barang dan ongkos pengiriman ditanggung oleh pembeli.

Kedua jenis FOB yang ada tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, penting untuk Anda dalam memilih jenis metode pembayaran yang tepat jika menggunakan free on board ini. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari segala macam resiko atau kerugian yang akan terjadi.

Alasan Penggunaan FOB yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan FOB. Dalam dunia perdagangan internasional, Anda bisa memiliki dua metode pembayaran yang ada untuk pengiriman barang. Berikut alasan penggunaan free on board dalam melakukan pembayaran ketika pengiriman barang berlangsung:

  • Pihak Pembeli Bisa Melakukan Negosiasi untuk Biaya Kapal

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan pengiriman barang impor, biasanya Anda sudah mengetahui rekanan dari perusahaan yang bekerja sama. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman selanjutnya.

Sebagai pembeli, Anda bisa menentukan sendiri atau melakukan negosiasi kepada perusahaan yang bekerja sama dengan pengiriman. Nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan atau keringanan sehingga biaya pengiriman yang dilakukan lebih kompetitif dan terjangkau.

  • Bisa Menggunakan Biaya Asuransi

Dalam kegiatan free on board ini, salah satu jenis metode pembayaran ditanggung sepenuhnya oleh pembeli. Hal ini menjadi kesulitan sendiri jika pembeli tersebut tidak menyiapkan sebuah asuransi untuk mengcover biaya yang dikeluarkan.

Dengan adanya asuransi, pembeli bisa melakukan negosiasi dengan perusahaan untuk mendapatkan biaya yang lebih terjangkau. Selain itu, menyiapkan asuransi dalam kegiatan ini juga membantu Anda mendapatkan jaminan keselamatan barang yang dikirim.

  • Mengurangi Capital Flight
See also 15 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia 2021, Premi dan Manfaat

Tahukah Anda apa itu capital flight? Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu fenomena suatu arus modal atau keluarnya dana secara besar-besaran dari suatu negara. Istilah ini tentunya bisa merugikan Anda jika melakukan pembelian atau pengiriman barang dari luar negeri.

Adanya kegiatan free on board ini, tentunya cukup membantu dalam mengurangi capital flight yang akan terjadi. Free on board akan membantu dengan mengurangi dana yang mengalir ke luar negeri. Hal ini karena biaya pengepakan atau asuransi harus dilakukan di dalam negeri, bukan luar negeri.

  • Lebih Mudah dalam Mengurus Klaim Asuransi

Jika metode pembayaran kegiatan free on board ditanggung dan dilakukan oleh pihak pembeli sepenuhnya, Anda bisa mengurus sebuah asuransi untuk membantu pengiriman. Selain itu, jika terjadi sesuatu dalam perjalanan, maka klaim asuransi akan lebih mudah untuk diurus.

Seluruh dokumen atau pemilihan pihak asuransi yang dilakukan oleh pembeli nantinya akan meringankan dan memudahkan pengiriman. Pihak pembeli juga tidak perlu menghubungi penjual untuk berkoordinasi. Hal ini karena semuanya sudah dalam kendali pembeli dengan bantuan asuransi.

  • Status Kepemilikan Barang Jelas

Setelah barang tiba dengan baik di pelabuhan, maka mulai dari pelabuhan tersebut kepemilikan barang berubah. Sebelumnya kepemilikan barang berada di tangan penjual, sampai barang tersebut sampai. Lalu kepemilikan berpindah ketika barang sampai di pelabuhan.

Free on board tentunya memberikan kejelasan mengenai status kepemilikan barang yang dikirim. Hal ini cukup membantu pembeli untuk memahami kepemilikan barang yang dikirim. Selain itu, tanggung jawab dan resiko terhadap barang tersebut juga berpindah ke pembeli.

Dengan menggunakan free on board ini, kegiatan pengiriman barang dari luar negeri menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, resiko yang didapat tidak terlalu besar bagi para pembeli yang baru pertama kali melakukannya.

See also Info Lengkap Tentang Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja, Cara Klaim dan Jumlah Santunan

Sebelum melakukan pengiriman suatu barang dari luar negeri, ada baiknya Anda mempersiapkan dan memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu perlindungan dari barang yang dikirim harus dipastikan aman hingga nantinya berada di tangan Anda.

Untuk memastikan barang yang dikirim mendapatkan perlindungan yang maksimal, Anda bisa menggunakan asuransi kargo. Ada beberapa jenis asuransi yang tersedia dan bisa dipilih sesuai jenis barang yang dikirim. Dengan adanya asuransi, biaya yang dikeluarkan misalkan terjadi kerusakan atau kehilangan dapat di minimalisir.

Kunjungi website cekpremi.com untuk mengetahui segala informasi mengenai perbandingan asuransi terbaik di Indonesia. Pastikan sebelum melakukan FOB Anda sudah memiliki sebuah asuransi, hal ini tentunya untuk memberi perlindungan dan keamanan bagi barang yang dikirim.

Referensi

rederp

Daya,id

Ingrisk