Fungsi Gerai Samsat Berdasarkan Jenisnya

gerai samsat

Samsat memiliki kepanjangan yaitu Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, yang juga diambil dari bahasa Inggris yaitu One-stop Administration Services Office. Pengertian Samsat adalah sistem administrasi yang akan memudahkan dan memperlancar pelayanan kepentingan, untuk masyarakat itu sendiri. Di Indonesia Anda bisa menemukan banyak sekali gerai Samsat terutama di daerah perkotaan dan juga keramaian.

Samsat di Indonesia adalah bentuk kerjasama antara Polri dengan Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Dengan adanya gerai Samsat maka memudahkan masyarakat untuk berbagi kepentingan karena memang fungsi dari Samsat sendiri menjadikan masyarakat ikut andil untuk memberikan pemasukan uang negara. Selain itu Samsat juga ikut membantu menjaga ketertiban lalu lintas, menjaga kondisi jalanan yang baik dan angkutan umum yang terintegrasi serta masih banyak lagi.

Tujuan Adanya Samsat

Dengan adanya gerai di berbagai daerah di Indonesia, Anda juga wajib tahu apa saja fungsi adanya Samsat sampai saat ini.

  • Samsat memiliki fungsi yaitu memberikan layanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor jika terjadi curanmor.
  • Gerai Samsat merupakan tempat pembayaran pajak.
  • Fungsi Samsat sebagai sumbangan wajib dana kecelakaan baik lalu lintas maupun angkutan.
  • Setelah itu Samsat akan memproses semuanya secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan cepat, transparan, akuntabel dan sudah pasti informatif.

Fungsi Samsat Berdasarkan Jenis Pelayanan

Samsat sendiri punya banyak jenis pelayanan untuk masyarakat Indonesia. Setidaknya selain banyak pilihan gerai, Samsat punya 7 pelayanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

1. Samsat Induk

Samsat Utama adalah fungsi pertama dalam Samsat yang sampai saat ini masih digunakan sebagai sistem konvensional atau manual. Untuk berbagai kegiatan administrasi, masyarakat harus datang ke Samsat dan mengikuti berbagai proses di setiap loket yang sudah tersedia.

Pada gerai ini, Anda akan menemukan loket pendaftaran hingga verifikasi dan terdapat loket pembayaran dan penyerahan. Meskipun layanan Samsat ini kurang fleksibel, tapi untuk masyarakat awam yang masih suka melakukan berbagai kegiatan manual cukup terbantu dengan adanya Samsat Induk. Di mana masyarakat harus mengisi formulir secara manual lalu fotocopy berkas hingga antri di setiap loket. Di sini Anda juga akan melakukan pembayaran secara tunai.

Samsat Induk menyediakan layanan perpajakan paling lengkap. Di sini Anda bisa menemukan layanan pajak kendaraan tahunan, ganti plat nomor, balik nama kendaraan sampai pajak 5 tahunan juga sudah pasti ada.

2. Samsat Drive Thru

Samsat Drive Thru adalah pelayanan untuk wajib pajak yang sangat fleksibel, karena Anda tidak perlu turun dari kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak. Seluruh proses pendaftaran sampai pembayaran bisa Anda lakukan langsung dari atas kendaraan.

Anda sebagai pemilik kendaraan hanya cukup menyediakan berbagai dokumen yang akan dilampirkan dan tidak perlu fotocopy berkas. Setelah lampirkan berkas, Anda tinggal pindah ke loket 2 untuk pembayaran dan pengambilan dokumen baru.

Layanan ini memang mengadopsi dari layanan membeli tanpa harus turun dari kendaraan yang diterapkan oleh restoran cepat saji. Di sini Anda juga akan menemukan antrian panjang sejumlah kendaraan di Samsat Drive Thru.

3. Samsat Keliling

Samsat keliling juga jadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Gerai Samsat keliling hari ini, akan menemui masyarakat di beberapa lokasi strategis di daerah Anda. Misalnya di tengah kota, area pasar sampai di kampus ternama hingga instansi yang memang membutuhkan layanan pajak secara kolektif. Tidak perlu bingung untuk menemukan Samsat keliling di kota Anda, karena sudah pasti layanan Samsat ini muncul di keramaian.

4. Gerai Samsat

Gerai Samsat adalah tempat pelayanan publik yang juga jadi tempat berkumpulnya masyarakat. Gerai satu ini, layaknya pusat perbelanjaan atau mall di mana anda bisa menemukan banyak pilihan layanan.

Gerai ini bisa Anda temukan di mana saja. Karena bentuknya gerai maka Anda akan menemukan gerai ini dengan ruangan yang kecil dan biasanya padat pada waktu tertentu. Namun kekurangannya adalah pelayanan yang ada tidak selengkap Samsat Induk.

5. Samsat Kecamatan

Sementara untuk gerai Samsat terdekat di kecamatan sendiri memberikan layanan khusus untuk warga kecamatan. Awal kemunculan layanan Samsat satu ini, ada di Jakarta khusus bisa dimanfaatkan untuk masyarakat DKI yang berhubungan dengan berbagai pelayanan Samsat tanpa harus datang ke Samsat Induk.

Namun di zaman sekarang, pelayanan Samsat kecamatan sudah bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengurus pajak, tidak perlu jauh-jauh harus ke kota karena ada dekat dengan tempat tinggal.

6. E-Samsat dan Samsat Online

Anda yang membutuhkan layanan Samsat tapi tidak punya waktu untuk mengunjungi Samsat induk maupun gerai Samsat, maka bisa manfaatkan E-Samsat dan Samsat Online. Dengan layanan Samsat satu ini, Anda tidak perlu datang ke kantor pelayanan Samsat karena tinggal buka aplikasi atau website resmi Samsat.

Layanan Samsat online satu ini bisa membantu anda untuk bayar pajak tahunan kendaraan lewat ATM ataupun m-banking.

7. Samsat Digital

Samsat Digital ciri adalah layanan Samsat yang dirilis sejak tahun 2018 oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. Layanan satu ini membantu masyarakat untuk menggunakan sistem elektronik atau digital untuk pelayanan mulai dari proses pendaftaran penerimaan surat kelengkapan kendaraan bermotor sesuai dengan permohonan.

Adapun Samsat digital ini adalah objek dari gerai Samsat induk. Meskipun bentuknya digital, tapi layanannya juga mengharuskan masyarakat untuk datang ke Samsat karena proses yang ada, mirip Samsat manual atau konvensional namun dengan digitalisasi.

Sekarang tentu Anda sudah tahu berbagai fungsi Samsat berdasarkan jenisnya. Anda bisa gunakan pilihan layanan Samsat berdasarkan kebutuhan. Dengan adanya layanan Samsat tentu saja Anda bisa bayar pajak kendaraan jauh lebih cepat tanpa harus terlambat dan kena denda. Jika punya kendaraan maka wajib pula yang namanya memberikan perlindungan dengan punya asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan terbaik di Indonesia Anda bisa temukan lewat Cekpremi. Di Cekpremi bahkan Anda bisa menemukan pilihan asuransi kendaraan dengan premi yang disesuaikan dengan kemampuan. Terdapat pula promo diskon premi setiap bulannya. Selain asuransi kendaraan Cekpremi juga membantu Anda untuk mendapatkan pilihan asuransi dari asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi jiwa dan masih banyak lagi.



Sumber :

Kumparan