Segini Gaji Operator Alat Berat di Indonesia

gaji operator alat berat

Pernah bertanya-tanya berapa gaji operator alat berat di Indonesia? Risiko kerja yang sangat tinggi membuat profesi ini biasanya memiliki gaji yang cukup tinggi. Seorang operator bertanggung jawab untuk mengoperasikan alat berat seperti excavator, dump truck, forklift dan masih banyak lagi.

Alat-alat ini akan digunakan untuk memudahkan konstruksi bangunan, jembatan, sampai dengan di pertambangan. Biasanya gaji ini akan dibedakan dengan jenis alat berat yang dioperasikan. Anda yang tertarik dengan profesi ini bisa cek dulu berapa gajinya.

Gaji Operator Alat Berat Sesuai Jenis Alat di Indonesia

Layaknya kendaraan pribadi, seorang operator alat berat juga harus memiliki lisensi atau SIM khusus. Sebelumnya operator harus mengikuti pelatihan kemudian uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi sekaligus ujian SIM.

Pelatihan juga harus dilakukan di lembaga resmi yang profesional sehingga Anda nantinya bisa lulus dengan keterampilan yang baik. Usai lulus kesempatan untuk bekerja pun cukup tinggi mengingat operator alat berat sampai saat ini masih banyak dibutuhkan.

Jika Anda berhasil diterima maka berikut ini perkiraan gaji operator alat berat sesuai dengan alat yang dioperasikan.

  • Operator Forklift

Forklift adalah alat yang cukup sering digunakan berupa truk untuk mengangkat, memindahkan serta menurunkan barang. Jenisnya pun ada banyak dan jika Anda menjadi operator mesin ini maka gaji yang didapatkan bisa mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp7.500.000 sebulan.

Pembagiannya sendiri adalah 20 hari kerja dan 10 hari libur. Jika dihitung per hari maka gaji yang diperoleh adalah sekitar Rp200.00 hingga Rp300.000.

  • Operator Excavator

Excavator merupakan alat berat yang bekerja sebagai mesin penggaruk. Bentuknya terdiri dari batang, tongkat, keranjang di ujung tongkat dan rumah yang bisa berputar tempat operator bekerja.

Alat ini menjadi yang paling umum digunakan baik untuk pekerjaan pembongkaran jalan sampai dengan tambang. Ukurannya pun bervariasi yang dipilih sesuai dengan skala pekerjaan. Lalu berapa gaji operator alat berat excavator?

Per bulannya dengan skema 25 hari kerja dan 5 hari libur operator bisa mendapatkan Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000. Apabila dihitung per hari maka bisa mendapatkan sekitar Rp300.000 hingga Rp350.000.

  • Operator Crane

Alat berat crane merupakan alat berat yang lebih besar dari excavator dan fungsinya untuk memindahkan material. Alat ini memanfaatkan kerja tali dan juga katrol sehingga membutuhkan ketelitian sekaligus kehati-hatian dalam penggunaannya.

Seorang operator crane bisa mendapat gaji per bulan dengan jam kerja 20 hari dan 10 hari libur sebanyak Rp9.000.000 hingga Rp15.000.000. Jika dihitung per hari maka upah yang didapatkan adalah Rp450.000 sampai Rp600.000.

  • Operator Bulldozer

Bulldozer merupakan alat berat yang memiliki pisau pendorong dengan fungsi untuk menarik beban, meratakan tanah, atau menggusur hingga menggali. Operator bulldozer bisa mendapat penghasilan rata-rata Rp8.000.000 hingga Rp14.000.000 per bulan dengan 20 hari masuk dan 10 hari libur.

Apabila mendapat pekerjaan harian maka perhitungannya bisa menjadi Rp400.000 hingga Rp550.000 per harinya. Selama bekerja operator juga harus bisa memelihara alat berat dengan baik dan mengecek kondisinya setiap kali akan menggunakan.

  • Operator Loader

Loader adalah alat berat yang digunakan untuk memuat hasil galian seperti tanah, pasir, batu dan masih banyak lagi. Loader bisa mengangkat semua material namun tidak dalam jarak yang terlalu jauh.

Gaji operator alat berat per hari adalah sekitar Rp250.000 hingga Rp350.000. Sedangkan untuk gaji per bulan dengan 20 hari kerja dan 10 hari libur adalah sekitar Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

Gaji yang tertera ini adalah untuk junior operator alat berat. Masih ada tingkatan di atasnya yaitu senior, lead dan terakhir supervisor. Semakin tinggi jabatan operator alat berat maka gaji yang didapatkan pun akan meningkat.

Kemampuan Operator Alat Berat yang Diperlukan

Demi berhasil menjadi operator alat berat, pelatihan menjadi hal utama yang perlu diikuti. Terus belajar dan mendapatkan lisensi atau sertifikasi sekaligus SIM komersial akan menjadi modal paling utama.

Selain persyaratan dokumen tersebut, ada beberapa kemampuan lain yang juga harus diperhatikan yaitu:

  • Kemampuan Bekerja dalam Tim

Seorang operator harus bisa berkoordinasi dengan baik dengan rekan kerja sekaligus atas. Anda yang menjadi operator harus bisa mengikuti arahan yang diberikan baik itu jalur operasional dan standar operasional prosedur yang ditetapkan.

Semua aktivitas harus bisa dikoordinasikan dengan rekan kerja lainnya demi kelancaran pekerjaan konstruksi atau pertambangan. Memahami arahan dan berkoordinasi harus terus dilakukan setiap sebelum mulai bekerja.

  • Kemampuan Berpikir Kritis

Layaknya pekerja lapangan lain, operator alat berat harus bisa berpikir secara kritis. Kemampuan untuk mengidentifikasikan masalah dan mencari solusinya yang terbaik dalam waktu singkat sesuai dengan standar operasional sangat diperlukan.

Hal ini bertujuan demi kelancaran pekerjaan sekaligus keamanan, mengingat alat berat yang digunakan berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Oleh karena itu kemampuan dalam mengatasi masalah harus dimiliki.

  • Pengetahuan tentang Medan

Gaji operator alat berat yang cukup tinggi bukan hanya soal kemampuan mengoperasikan alat yang diperlukan. Setiap operator juga harus memiliki pengetahuan akan medan yang akan dikerjakan.

Baik itu medan untuk konstruksi sampai dengan pertambangan sehingga mengetahui berbagai risiko yang dapat terjadi dan mampu menghindarinya. Operator harus tahu mana medan yang menjadi jalur aman dan berbahaya untuk dilalui.

  • Kemampuan Mengoperasikan dan Memelihara

Sudah pasti kemampuan utama yang diperlukan adalah mengoperasikan alat berat. Kemampuan dasar teknis seperti analisis, diagnostik bidang elektronik diperlukan. Begitu juga kemampuan untuk memelihara alat berat demi meningkatkan kualitas kerja.

Inilah estimasi gaji operator alat berat yang bisa didapatkan di Indonesia penting diketahui Anda sebagai pemilik perusahaan konstruksi dan calon karyawan. Selain gaji, Anda pemilik perusahaan juga wajib memperhatikan perlindungan alat berat.

Memiliki asuransi alat berat jadi langkah utama perlindungan yang terbaik mengingat alat ini harus dibeli dengan harga yang tidak murah. Anda bisa menemukan dan membandingkan sendiri asuransi alat berat paling tepat melalui Cekpremi. Temukan asuransinya yang tepat di Cekpremi sekarang juga.

Sumber:

Stella Maris College

Ilmu Tambang

IDX Channel

Pilih Profesi