Bisnis & Finansial

2 Cara Ganti Nomor HP M-Banking BCA, Yuk Simak Caranya!

Mengganti nomor HP di m-banking sangat penting terutama jika nomor yang tersambung sudah tidak aktif. Cara ganti nomor HP m-banking BCA pada dasarnya mudah dilakukan. Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat atau menggunakan ATM yang lebih praktis. Tujuan mengganti nomor ini adalah untuk menjamin keamanan data pribadi nasabah.

Mengapa Perlu Ganti Nomor HP M-Banking BCA?

Di era digital yang serba cepat, informasi pribadi termasuk nomor HP untuk m-banking perlu diperbarui. Terlebih lagi jika nomor m-banking tidak aktif. Nasabah harus memahami pentingnya menjaga agar data tetap aman. Salah satu langkah terbaik yaitu dengan mengganti nomor HP m-banking BCA.

Ada alasan tertentu mengapa Anda harus mengganti nomor HP, mungkin karena alasan pribadi hingga kehilangan HP. Jika nomor HP yang terdaftar di m-banking BCA sudah tidak aktif atau diganti akan menyulitkan jika mendadak harus verifikasi transaksi. 

Mengganti nomor HP untuk m-banking BCA akan membantu Anda terus terhubung dengan layanan bank tanpa hambatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memastikan nomor yang terdaftar selalu up to date. Selain itu, ganti nomor HP m-banking BCA juga untuk menjamin keamanan bertransaksi secara online.

Proses penggantian nomor HP m-banking memberi kesempatan kepada nasabah untuk segera merespon ketika ada transaksi yang mencurigakan. 

2 Cara Ganti Nomor HP M-Banking BCA

M-banking BCA adalah layanan aplikasi dari bank BCA untuk bertransaksi digital. Anda bisa menggunakannya untuk membayar listrik, transfer, membeli pulsa dan lainnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, syarat utama yaitu mendaftarkan nomor HP aktif.  Berikut ini cara mengganti nomor HP m-banking BCA:

1. Melalui ATM

Ganti nomor m-banking BCA tanpa ke bank akan memudahkan nasabah yang tidak punya waktu luang. Ada empat tahapan yang harus Anda lakukan ketika mengganti nomor HP m-banking melalui ATM:

  • Menghubungi CS Halo BCA

Langkah awal ganti nomor HP m-banking BCA melalui ATM yaitu menghubungi CS Halo BCA. Tujuannya untuk menghapus nomor lama m-banking nasabah. Hubungi nomor 1500888 dan sampaikan keinginan untuk menghapus nomor lama agar bisa menggantinya dengan yang baru. 

Setelah cara menghapus nomor m-banking berhasil,maka Anda tidak bisa lagi membuka BCA Mobile karena nomor tidak terdaftar. Oleh karena itu, sebaiknya menyiapkan juga nomor baru.

  • Lakukan Registrasi Nomor Baru

Setelah menyiapkan nomor baru, lanjutkan dengan registrasi nomor baru. Nasabah BCA bisa mengikuti langkah-langkah registrasi berikut ini:

  1. Cari ATM BCA terdekat.
  2. Ganti nomor HP m-banking BCA dengan memasukkan kartu ATM, lalu masukkan PIN.
  3. Selanjutnya, Anda masuk ke halaman menu.
  4. Pilih menu daftar e-banking atau autodebet.
  5. Kemudian, pilih mobile banking.
  6. Akan muncul perintah layanan, lalu klik Ya.
  7. Masukkan nomor HP baru yang ingin Anda daftarkan.
  8. Cek kembali nomor apakah sudah benar, lalu klik Benar.
  9. Anda akan dihadapkan pada klausul layanan m-BCA, kemudian klik Benar.
  10. Buat PIN m-BCA, lalu tekan benar.
  11. Lanjutkan lagi dengan mengkonfirmasi PIN m-BCA.
  12. Tunggu hingga proses registrasi sudah berhasil.
  13. Setelah mendapatkan konfirmasi nomor baru sudah diregistrasi, maka cabut ATM dari mesin.

Sumber gambar: https://elements.envato.com/side-view-of-a-woman-inserting-a-card-in-the-atm-o-UZWD63K

Tidak membutuhkan waktu lama untuk ganti nomor HP m-banking BCA melalui ATM asalkan dilakukan dengan tahapan yang benar.

  • Mengaktivasi Ulang M-BCA

Anda perlu mengaktivasi ulang mobile banking BCA setelah mengganti nomor m-banking. Ikuti 11 langkah berikut ini:

  1. Langkah awal yaitu membuka aplikasi BCA mobile.
  2. Pilih menu m-BCA selanjutnya.
  3. Baca syarat dan ketentuan lalu klik accept.
  4. Masukkan 16 digit nomor di kartu ATM. Proses ini akan memotong pulsa, jadi pastikan nomor terisi pulsa Rp5.000.
  5. Klik ok.
  6. Tunggu SMS dari 6988, lalu klik kirim.
  7. Anda akan mendapatkan balasan terkait informasi bahwa proses aktivasi sudah berhasil.
  8. Secara otomatis aplikasi m-BCA melakukan reload.
  9. Selanjutnya, buat kode dari kombinasi antara angka dan huruf. Nantinya, kode ini akan digunakan untuk membuka aplikasi sebelum masuk dan bertransaksi. Pastikan menggunakan kode yang berbeda dari PIN m-banking.
  10. Masukkan PIN ATM dan klik Send.
  11. Proses aktivasi m-BCA sudah berhasil.

Proses aktivasi ulang wajib dilakukan setelah Anda ganti nomor HP m-banking. Sebaiknya mengganti kode agar proses transaksi lebih cepat.

  • Hubungi Kembali CS Halo BCA

Walaupun telah melakukan aktivasi nomor baru bukan berarti Anda bisa langsung menikmati semua fitur BCA mobile. Fitur yang bisa digunakan hanya sebatas cek saldo atau cek mutasi. Untuk bisa menggunakan fasilitas penuh, maka Anda harus menghubungi CS Halo BCA.

Tujuannya untuk membuka fitur, sehingga bisa mentransfer ke sesama bank atau bank lainnya.

2. Melalui Kantor Cabang

Cara ganti nomor HP m-banking BCA selanjutnya yaitu melalui kantor cabang. Cara ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki waktu luang. Simak langkah-langkah mengganti nomor HP m-banking melalui kantor cabang berikut ini:

  • Persiapkan Dokumen Pribadi

Sebelum mendatangi kantor cabang, maka siapkan dokumen pribadi yang harus dibawa. Persiapkan Kartu Debit BCA, buku tabungan, KTP, dan nomor HP baru.

  • Kunjungi Kantor Cabang

Setelah dokumen pribadi Anda lengkap, maka kunjungi kantor Bank BCA terdekat. Setelah masuk, Anda akan diminta mengambil nomor antrian customer service. Tunggu giliran nomor antrian Anda dipanggil.

  • Minta CS untuk Mengganti Nomor

Setelah nomor antrian dipanggil, maka segera datangi CS dan sampaikan bahwa Anda ingin ganti nomor HP m-banking BCA. Serahkan semua dokumen yang Anda bawa. Selanjutnya, Anda akan menerima beberapa pertanyaan sebagai bagian proses verifikasi. Jika jawaban sesuai dengan data diri, maka permintaan Anda akan segera diproses.

  • Menunggu Proses Ganti Nomor

Petugas akan membantu mengganti nomor HP Anda yang baru. Langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi ulang dan registrasi sesuai dengan nomor kartu debit agar Anda bisa menggunakan layanan m-BCA kembali.

Setelah berhasil menjalankan cara ganti nomor HP m-banking BCA ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaannya. Anda bisa memanfaatkan fitur keamanan tambahan dan mengatur notifikasi transaksi secara real time, Kedua hal tersebut untuk menjaga keamanan akun dan meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Jika penggantian nomor HP untuk m-banking selesai dilakukan jangan lupa mengecek pembayaran asuransi mobil. Membeli asuransi mobil akan mendatangkan banyak manfaat untuk Anda. Sebab, Anda tidak perlu memikirkan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan atau mobil mengalami kerusakan.

Untuk mendapatkan informasi asuransi mobil terbaik, Anda bisa mengakses cekpremi. Selain itu Anda bisa membandingkan satu produk asuransi dengan produk lainnya untuk mendapatkan yang terbaik.

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024