GIIAS dari Masa ke Masa: Sejarah dan Perkembangannya

giias

GIIAS dari masa ke masa tentu memiliki sejarah yang panjang dan sangat menarik. GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show merupakan sebuah pameran otomotif terkemuka di Indonesia yang sudah berkembang pesat dari masa ke masa. Pameran dimulai sejak tahun 1986 dengan diawali pameran lokal. Kemudian berkembang menjadi acara internasional dan sangat menarik perhatian, bahkan produsen otomotif global.

asuransi mobil

Setiap tahun GIIAS menjadi platform bagi para produsen otomotif untuk memamerkan produk-produk terbaru dan juga berinteraksi dengan para penggemar otomotif, dari seluruh dunia. Sampai saat ini, GIIAS terus berinovasi untuk menampilkan teknologi terkini dan juga tren terbaru dalam industri otomotif. Lalu bagaimana sejarah GIIAS dari masa ke masa, dari awal kemunculan sampai sekarang?

Perkembangan GIIAS dari Masa ke Masa

dunia otomotif

Berikut ini yang akan dijelaskan perjalanan dan juga perkembangan GIIAS dari masa ke masa, mulai dari tahun 1986 sampai sekarang.

  • 1986

Di tahun ini belum terbentuk nama GIIAS, melainkan masih Pameran Mobil GAIKINDO yang diselenggarakan GAIKINDO. Pameran tersebut diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta, tepatnya pada tanggal 11-15 Juli 1986. Pada awal pameran hanya diikuti 13 anggota GAIKINDO yang merupakan kalangan industri kendaraan bermotor. Acara ini juga sekaligus untuk mempromosikan industri otomotif Indonesia yang sedang berkembang.

  • 1989

Tidak lagi bertajuk Pameran Mobil GAIKINDO sudah berubah menjadi Jakarta Auto Expo. Perubahan nama ini dilakukan, karena ternyata konsep nama baru lebih menjual terutama untuk pameran otomotif bertaraf nasional. Terlebih di tahun-tahun tersebut, kondisi ekonomi Indonesia tengah menurun maka tema yang diusung untuk bisa memajukan industri otomotif nasional. Tema yang diusung adalah Memacu Era Industri Mandiri.

  • 1996

Pameran sempat vakum pada tahun 1994 dan 1995, karena pemerintah Indonesia memberlakukan pengetatan. Jakarta Auto Expo kemudian digelar kembali pada tahun 1996 dengan antusiasme masyarakat terhadap otomotif yang cukup tinggi bahkan di luar dugaan. Bahkan rekor pengunjung terpecahkan dan sudah tercatat 200 ribu orang yang hadir pada acara tersebut di 1996.

  • 2000

Perkembangan GIIAS dari masa ke masa, saat terjadi krisis moneter membuat pameran Jakarta Auto Expo vakum kembali selama 3 tahun dari 1997 lalu kemudian digelar kembali pada tahun 2000. GAIKINDO melakukan perubahan nama kembali dari Jakarta Auto Expo menjadi Gaikindo Auto Expo.

  • 2003

Pada 2003, pameran Gaikindo Auto Expo kembali digelar pada 19-27 Juli 2003 di Jakarta Convention Center. Acara pameran otomotif ini cukup meriah, karena diikuti oleh 150 perusahaan otomotif.

  • 2005

Perkembangan GIIAS dari masa ke masa, berlanjut ke tahun 2005 yaitu pada Gaikindo Auto Expo ke 14. Pasca krisis moneter rekor baru tercatat di tahun ini karena sebanyak 532.000 unit kendaraan terjual. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi GAIKINDO, untuk terus berkembang dan juga berinovasi.

  • 2006

Di tahun ini pameran otomotif GAIKINDO kembali digelar dan berhasil meningkatkan reputasi bahkan tercatat dalam kalender pameran otomotif internasional. GAIKINDO juga berhasil membuktikan bahwa pameran yang sudah diselenggarakan memenuhi standar global. GAIKINDO bahkan mendapatkan pengakuan dari Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Dunia atau Organization Internationale Des Constructeurs d’Automobiles (OICA). Pemberian dukungan ini tentu saja membuktikan GAIKINDO, memang layak disebut sebagai salah satu ajang pameran bertahap dunia.

  • 2009

Di tahun 2009, GAIKINDO memindahkan pameran otomotif dari JCC ke Jakarta International Expo, Kemayoran (JI-Expo) dengan memanfaatkan area seluas 60.000 meter persegi.

  • 2013-2014

Pameran kembali digelar dan mencatat sukses besar sehingga memutuskan untuk memperluas area menjadi 80.000 meter persegi. Hal ini karena kebutuhan akomodasi untuk para peserta dan pengunjung pameran agar ruangan lebih lega dan juga tetap nyaman.

  • 2015-2019

GAIKINDO berhasil mengganti nama lama dan memiliki nama baru yaitu GIIAS dengan makna yang lebih progresif dan juga elegan serta mendunia. Pameran GIIAS dari masa ke masa di tahun 2015 ini menempati area baru di Indonesia Conference Exhibition-Bumi Serpong Damai (ICE-BSD) City. Dengan lokasi yang lebih luas dan juga tentunya lebih elegan, karena pameran GIIAS merupakan salah satu pameran otomotif bertaraf internasional.

Pameran otomotif ini menempati lahan seluas 220.000 m² dengan bangunan 10 exhibition halls yang luasnya 50.000 m² dan areal terbuka seluas 50.000 m², sebuah convention hall seluas 4000 m² yang disekat menjadi 4 ruangan. Lalu 29 ruang meeting room dan convenient privation lobby seluas 12.000 meter persegi. Pameran diselenggarakan mulai dari 20-30 Agustus 2015 alias 11 hari.

Pada 2016-2019, GIIAS terus berkembang dengan menampilkan lebih banyak inovasi teknologi bahkan memunculkan kendaraan listrik dan otonom. Partisipan dari perusahaan otomotif di berbagai merek global dan lokal juga semakin banyak yang mengikuti pameran ini.

  • 2020-2021

Perkembangan GIIAS dari masa ke masa, seperti diketahui bersama bahwa pada tahun tersebut terjadi Pandemi Covid-19 sehingga di 2020 pameran digantikan dengan acara virtual GIIAS Auto360 agar tetap bisa menjangkau penggemar otomotif. Kemudian di tahun 2021, pameran diselenggarakan secara fisik namun tetap didukung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Peraturan juga dilakukan dengan format hybrid yaitu kombinasi online dan offline.

  • 2022

Di tahun 2022 GIIAS digelar dalam skala besar dengan menampilkan berbagai inovasi terbaru terutama pada kendaraan listrik. Pameran diselenggarakan pada 11-21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Tema yang diusung adalah The Future is Bright yang maknanya optimisme terhadap masa depan industri otomotif. Perkembangan otomotif di tahun ini juga semakin kencang dengan fitur-fitur mobil yang punya mobilitas cerdas dan teknologi ramah lingkungan semakin digaungkan.

  • 2023

Pameran GIIAS 2023 masih diselenggarakan di tempat yang sama yaitu ICE BSD City di tanggal 10-20 Agustus 2023. Mengusung tema Future Now yang mencerminkan fokus pada inovasi teknologi masa depan terutama bidang kendaraan listrik, teknologi otonom dan solusi mobilitas cerdas berkelanjutan.

  • 2024

GIIAS 2024 akan diselenggarakan pada 18-28 Juli mendatang di tempat yang sama yaitu ICE BSD City. Dengan tema Innovation Meets Inspiration, yaitu fokus pada teknologi otomotif canggih dan solusi mobilitas masa depan.

Sekarang Anda tentu sudah tahu bagaimana perkembangan GIIAS dari masa ke masa. Kendaraan otomotif adalah alat transportasi penting bagi masyarakat di seluruh dunia. Namun alat transportasi ini juga harus didukung dengan adanya perlindungan menyeluruh salah satunya dengan memiliki asuransi mobil.

Anda tidak perlu bingung saat sedang mencari pilihan asuransi mobil yang tepat, karena bisa memanfaatkan portal online Cekpremi. Cekpremi Asuransi Mobil akan membantu Anda untuk menemukan pilihan asuransi yang tepat dari perusahaan resmi dan terkemuka.

Referensi :

Detik