Glass Coating, Solusi Perlindungan Cat Mobil

Glass Coating

Beraktivitas di jalanan dengan lalu lintas padat, masalah seperti gesekan dan goresan pada mobil seringkali terjadi. Mulai dari gesekan antar kendaraan hingga kondisi jalan yang kurang baik. Melihat kondisi ini, maka pemilik mobil perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kendaraan. Sebagai langkah untuk melindungi cat mobil, menggunakan teknologi glass coating bisa menjadi solusi.

Mengenal Glass Coating

Glass coating adalah lapisan pelindung yang sering digunakan untuk melindungi permukaan cat mobil dari goresan dan kerusakan. Lapisan ini menggunakan teknologi nano materials atau nano coating untuk memberikan perlindungan ekstra.

Nano coating sendiri adalah sebuah teknologi pelapisan yang digunakan untuk melindungi dan memperbaiki tampilan permukaan bodi mobil. Partikel-partikel nano dalam lapisan ini sangat kecil dan mampu menyerap hingga pori-pori cat mobil. Setelah diaplikasikan, lapisan ini mengeras dan menciptakan perlindungan transparan pada permukaan cat.

Manfaat dari Penggunaan Glass Coating

Dengan adanya lapisan tambahan yang digunakan pada permukaan, tentu hal ini akan memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil Anda. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Tahan terhadap Goresan

Teknik coating ini mampu melindungi bodi mobil dari goresan dan kerusakan. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, Anda perlu memilih bahan coating yang berkualitas tinggi dan memiliki tingkat kekerasan 9H. Pasalnya, tingkat kekerasan merupakan salah satu faktor penting terkait daya tahannya terhadap goresan.

  1. Mencegah Munculnya Jamur

Selanjutnya, coating juga mampu mencegah munculnya jamur. Hal ini dikarenakan sebelum proses pelapisan, akan dilakukan persiapan pembersihan dengan menghilangkan jamur dan kotoran pada lapisan cat mobil. Caranya adalah dengan memoles permukaan mobil menggunakan grinder.

Metode ini tentu akan sangat membantu dalam memastikan bahwa permukaan mobil bersih dan bebas dari kontaminan sebelum lapisan pelindung diterapkan. Tak heran, jika coating akan meningkatkan hasil akhir pelapisan dan menjaga tampilan mobil menjadi lebih baik.

  1. Melindungi Warna Mobil
See also 5 Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Macet, Anda Harus Tahu!

Manfaat lain dari coating adalah sebagai lapisan pelindung mobil yang dapat membantu melindungi warna cat asli dari kerusakan dan pudar. Kondisi ini seringkali terjadi akibat paparan sinar matahari dan polusi. Dengan menjaga warna cat tetap cerah dan asli, maka tampilan terlihat lebih menarik dan mampu menjaga nilai jual mobil di masa depan.

  1. Tampilan Mobil Mengkilap

Glass coating bisa memberikan tampilan yang kinclong dan mengkilap pada mobil. Selain itu, lapisan tersebut dapat membantu melindungi cat mobil dari goresan ringan dan kotoran.

  1. Melindungi dari Paparan Sinar UV

Teknik coating juga mampu memberikan perlindungan tambahan untuk mobil Anda terhadap sinar UV. Pasalnya, paparan sinar UV dapat menyebabkan perubahan warna dan penuaan pada cat mobil, seperti membuat cat warna hitam berubah menjadi abu-abu tua. Dengan menggunakan teknik pelapisan, Anda dapat mengurangi risiko perubahan warna ini dan menjaga tampilan mobil tetap awet dan terlindungi.

Perawatan Coating Mobil supaya Mengkilap dan Tahan Lama

Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/person-working-car-wrapping_24481812.htm#query=glass%20coating&position=4&from_view=keyword&track=ais

Coating mobil memerlukan perawatan yang tepat supaya tetap mengkilap dan tahan lama. Beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Rutin Mencuci Mobil

Perawatan coating mobil yang pertama adalah dengan rutin membersihkan. Coating adalah proses pelapisan permukaan mobil dengan bahan khusus yang dapat membuat cat lebih tahan terhadap air dan kotoran. Pelapisan ini dapat memberikan sifat water repellent pada cat mobil.

Efek water repellent ini membuat air membentuk tetesan di permukaan cat dan tidak meresap ke dalam pori-pori cat. Hal ini mempermudah saat mencuci mobil karena air dan kotoran mudah dibersihkan, dan mobil cenderung lebih mudah kering saat di lap.

See also Gardan Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

Coating juga dapat memberikan efek “self-cleaning” di mana debu dan kotoran lebih sulit menempel pada permukaan cat, menjaga mobil tetap bersih lebih lama. Maka dari itu, Anda bisa melakukan pencucian dan penggunaan shampo khusus mobil untuk menjaga lapisan coating dan tampilan mobil Anda.

Selain itu, membersihkan mobil dengan air bersih dan lap setelah terkena hujan juga membantu mencegah kotoran atau noda menempel pada permukaan cat. Cara ini dapat memperpanjang usia lapisan coating dan menjaga mobil tetap bersih dan mengkilap.

  1. Memberi Wax

Perawatan selanjutnya adalah dengan menggunakan waxing, namun jangan berlebihan. Cukup lakukan dua minggu sampai sebulan sekali. Anda bisa memakai jenis cairan wax spray maupun gel. Caranya adalah cukup mengolesi permukaan cat dengan lapisan yang tipis, lalu ratakan dan bersihkan dengan lap kering.

Sebelum memberi wax, pastikan Anda mencuci bersih terlebih dulu permukaan cat mobil. Waxing dapat membentuk lapisan pelindung di atas cat kendaraan Anda, melindungi cat dari kerusakan akibat sinar matahari, debu, kotoran, dan faktor lingkungan lainnya.

Waxing mampu memberikan kilap pada cat, membuat kendaraan Anda terlihat lebih bersih dan mempercantik penampilannya. Dengan perawatan glass coating yang baik, cat mobil akan tetap terlihat bagus dan terlindungi.

  1. Parkir di Tempat Teduh

Perlu Anda tahu, bahwa parkir di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung untuk waktu yang lama bisa merusak tampilan mobil. Pasalnya, sinar UV dapat merusak lapisan coating pada cat. Kesalahan ini bisa menyebabkan cat terlihat kusam dan memudar seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, sebaiknya pilih tempat parkir yang teduh atau gunakan penutup mobil untuk melindungi coating.

See also Cover Jok Mobil, Bagian Interior Kendaraan

Meski Anda sudah melakukan perawatan terbaik pada mobil, bukan berarti glass coating tidak bisa rusak. Kerusakan bisa saja terjadi akibat pemakaian, misalnya saja bergesekan dengan kendaraan lain atau kecelakaan.

Kerusakan pada coating ini bisa berupa goresan, penyok, atau lapisan cat yang terkelupas. Jika coating mobil mengalami kerusakan parah, maka diperlukan perbaikan profesional untuk mengembalikan penampilan cat yang baik dan melindungi mobil dari kerusakan lebih lanjut.

Jika terjadi seperti ini, tentu Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan. Sebagai solusi, akan lebih baik bila Anda memiliki proteksi atas kondisi mobil Anda. Polis asuransi mobil mampu mencakup berbagai jenis kerusakan, termasuk kerusakan pada bodi mobil.

Anda dapat menggunakan layanan Cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang jenis perlindungan yang tersedia dan membahas polis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan rekomendasi produk asuransi yang tepat bersama tim ahli Cekpremi!

Referensi

Grid Oto

Rust Pro

Automotive

Cinta Mobil