Harga Asuransi Mobil Berbeda? Cek Dulu Faktor Penentunya

harga asuransi mobil

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa harga asuransi mobil di setiap penyelenggara selalu berbeda-beda? Ada yang memasang premi tinggi namun juga rendah di waktu yang bersamaan.

Padahal jika dilihat dari jenis asuransinya mungkin saja sama yaitu all risk atau asuransi TLO (Total Loss Only). Mengetahui faktor yang menentukan perbedaan harga ini dapat membantu Anda nantinya memutuskan mana asuransi mobil yang sebaiknya dipilih. Cek secara lengkap apa faktor penentunya hingga akhir.

5 Faktor yang Menentukan Harga Asuransi Mobil

Besaran premi asuransi mobil biasanya sudah ditentukan oleh penyelenggara. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menghitungnya sendiri. Beberapa penyelenggara bahkan ada yang sudah menyediakan kalkulator asuransi mobil agar Anda bisa menghitung sendiri premi yang akan diperoleh.

Tinggi rendahnya tarif ini juga sudah mengacu pada Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Nomor 6/SEOJK.05/2017. Pada surat edaran tersebut dijelaskan secara terperinci mengenai batas atas dan bawah premi yang bisa diberikan perusahaan penyedia layanan asuransi.

Batasan ini dibuat supaya perusahaan penyedia asuransi bisa menentukan premi berdasarkan kebijakannya masing-masing. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga tersebut dan juga telah dijelaskan pada Surat Edaran OJK tadi.

  • Jenis dan Harga Mobil

Faktor penentu utama adalah soal jenis dan juga harga mobil yang Anda miliki. Contoh yang paling jelas adalah premi untuk mobil mewah atau sport tentu akan jauh lebih mahal dibandingkan mobil seperti SUV atau MPV kelas menengah. Hal tersebut sangat jelas karena harga mobilnya saja sudah berbeda jauh.

Alasan mengapa faktor ini dipertimbangkan karena suku cadang dari mobil sport akan lebih tinggi harganya dibandingkan mobil biasa. Oleh karena itulah premi asuransi mobil pun akan lebih tinggi.

Begitu juga dengan jenis mobil yang diciptakan apakah memiliki sistem keamanan yang lengkap. Adanya fitur keamanan yang lebih baik biasanya dapat membuat harga asuransi mobil menjadi lebih rendah. Biasanya perusahaan asuransi berani memberikan potongan untuk mobil yang fitur keamanannya lengkap.

  • Lokasi Mobil Diterbitkan dan Digunakan

Pada Surat Edaran OJK mengenai asuransi, penetapan tarif premi sudah dibagi berdasarkan dengan lokasi tertentu. Mulai dari wilayah 1 yaitu Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, wilayah 2 yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Wilayah terakhir adalah selain wilayah 1 dan 2.

Mengikuti ketetapan tersebut, maka mobil-mobil yang diterbitkan pada masing-masing wilayah tersebut akan disesuaikan tarif preminya. Ditambah lagi perusahaan asuransi juga akan mempertimbangkan soal penggunaan kendaraan. Fungsi kendaraan pribadi dan umum atau aktivitas dinas dinilai berbeda.

Semakin sering digunakan maka harga asuransi mobil bisa meningkat karena tingkat risiko yang dimiliki lebih tinggi. Oleh karena itulah perusahaan asuransi selalu membagi produk asuransinya untuk mobil pribadi dan juga niaga sehingga harganya pun berbeda.

  • Jenis Perlindungan yang Dipilih

Maksud dari jenis perlindungan adalah jenis asuransi mobil yang akan Anda pilih akan menentukan pula preminya. Secara umum ada dua jenis asuransi untuk mobil yaitu all risk dan TLO. All risk adalah asuransi mobil yang memberikan semua jenis perlindungan baik risiko kerusakan kecil hingga besar.

Asuransi TLO adalah asuransi yang menanggung kerusakan lebih dari 75% yang artinya adalah kerusakan berat. Memperhatikan dari jenisnya, harga asuransi mobil all risk 2023 akan lebih tinggi dibandingkan TLO. Alasannya tentu saja karena perlindungan asuransi all risk lebih besar.

Bagi Anda yang ingin mencari asuransi mobil lebih baik cari tahu jenis asuransinya dengan begitu Anda bisa mengetahui gambaran besar premi yang didapatkan. Seperti asuransi all risk dan TLO ini.

  • Usia Kendaraan

Faktor yang menentukan selanjutnya adalah soal usia kendaraan. Asuransi mobil tidak hanya bisa didapatkan untuk mobil baru saja. Anda yang membeli mobil bekas bisa juga mendaftarkan ke asuransi.

Hanya saja harga asuransi mobil bekas biasanya akan jauh lebih tinggi dibandingkan mobil baru. Mengingat mobil bekas apalagi mobil tua biasanya memiliki risiko kerusakan lebih tinggi, otomatis perusahaan asuransi harus siap menanggung segala kerusakan yang terjadi.

Bahkan OJK juga sudah mengatur soal loading rate yaitu rate tambahan ketika mobil sudah berada di batas usia maksimum yang bisa di-cover. Loading rate yang ditetapkan oleh OJK adalah maksimal 5 tahun sebanyak 5%. Dalam hal ini jika Anda memiliki mobil yang ada di usia maksimum harus bersiap dengan biaya loading rate ini.

  • Jarak Tempuh

Terakhir adalah soal jarak tempuh kendaraan yang Anda daftarkan ke asuransi. Jarak tempuh biasanya dilihat dari segi per tahun. Ketika mobil kerap digunakan maka risiko terhadap kecelakaan atau kerusakan lebih tinggi. Oleh karena itu harga asuransinya pun lebih besar pada mobil yang kilometernya sudah tinggi.

Berbeda dengan mobil baru, perusahaan asuransi biasanya berani memberikan potongan harga mengingat kilometernya masih rendah. Termasuk juga mobil yang jarak tempuh per tahun selalu di bawah 5.000 km, biasanya bisa mendapat diskon.

Khusus untuk mobil bekas, perusahaan asuransi biasanya juga memasukkan faktor penentu harga berdasarkan history klaim. Misalnya Anda pernah menjadi nasabah dan ingin melakukan perpanjangan asuransi. Perusahaan akan mengecek history klaim untuk menentukan apakah akan meningkatkan harga atau memberikan harga yang sama.

Apabila sebelumnya Anda pernah klaim asuransi dengan nilai tinggi maka harga asuransi yang baru bisa lebih tinggi bahkan di batas paling atas. Jadi jangan heran jika premi Anda naik setelah perpanjangan.

Harga asuransi mobil selalu menjadi faktor utama yang menentukan ketika Anda hendak membeli asuransi. Penting untuk mengecek harga ini agar Anda bisa merencanakan keuangan dengan baik di masa depan. Tidak ada salahnya untuk review asuransi mobil satu per satu agar memperoleh yang tepat.

Jika Anda ingin melakukan review sendiri bisa mengeceknya melalui Cekpremi. Proses review bisa dilakukan hanya dengan memasukkan informasi merk, tahun kendaraan hingga penggunaannya. Cekpremi akan memperlihatkan informasi asuransi mobil yang bisa Anda review secara langsung.

Demi mendapatkan keputusan yang tepat Anda tidak boleh terburu-buru dalam membeli asuransi mobil. Review dengan cermat melalui Cekpremi yang bisa Anda akses dengan mudah dan gratis sekarang juga.

Sumber:

MTWI

Raksa Online

OCBC NISP

Carmudi

OJK