Terbaru! Harga USG di Bidan Jakarta dari 2D, 3D, Hingga 4D

harga usg di bidan

USG atau Ultrasonografi merupakan salah satu metode pemeriksaan kondisi kandungan pada ibu hamil. Harga USG di bidan Jakarta juga berbeda-beda sesuai jenis layanan USG dan fasilitas pelengkap lainnya yang ditawarkan.

Sebaiknya ibu hamil melakukan pemeriksaan USG setiap tiga bulan sekali guna memantau kondisi janin dalam perut. Pasalnya, gambar USG akan membantu dokter dalam mengevaluasi kondisi kehamilan, serta pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jenis-Jenis USG

Untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, Anda bisa mengunjungi bidan USG terdekat agar lebih mudah terjangkau. Sebelum melakukan pemeriksaan ultrasonografi, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis USG terlebih dahulu.

  • USG 2D

Mungkin sebagian besar orang sudah sering mendengar tentang USG atau ultrasonografi guna memeriksa kandungan atau kesehatan. Ultrasonografi 2D merupakan jenis USG standar untuk memeriksa kondisi awal kehamilan.

Jenis USG 2D ini akan menampilkan gambar berwarna hitam putih yang dapat membantu dokter mengevaluasi ukuran janin dan banyaknya air ketuban. Harga USG di bidan Jakarta tergolong murah untuk jenis 2D atau USG standar ini.

  • USG 3D

Dalam mendeteksi kehamilan atau kandungan tidak hanya menggunakan USG 2D saja, melainkan bisa menggunakan jenis USG lainnya. Salah satunya USG atau ultrasonografi 3D yang memiliki teknologi lebih canggih dari 2D.

USG 3D menghadirkan teknologi 3D dengan peningkatan kualitas pencitraan ultrasound, misal kualitas foto yang lebih realistis. Jenis USG ini dapat membantu kecurigaan masalah selama masa kehamilan, seperti kelainan wajah atau cacat tabung saraf.

  • USG 4D

Ultrasonografi 4D berbeda dengan jenis USG lainnya, jenis 4D mampu menampilkan video janin bergerak di dalam perut. Selama pemeriksaan menggunakan metode USG, Anda bisa melihat wajah hingga gerakan janin dengan lebih baik.

Mengingat teknologi 4D mampu memberikan hasil berkualitas, tentu harga USG di bidan akan berbeda atau sedikit lebih mahal. Bahkan USG 4D dapat mengidentifikasi kelainan dini pada janin, seperti bibir sumbing hingga masalah sumsum tulang belakang.

  • USG Transvaginal

Jenis USG atau ultrasonografi yang terakhir adalah USG transvaginal untuk memeriksa atau memastikan awal kehamilan. Jenis USG satu ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya karena menggunakan tongkat yang dimasukkan ke vagina.

Tongkat tersebut berfungsi mengirim gelombang suara sekaligus mengumpulkan pantulan suara. Anda bisa melihat kantung hingga bentuk janin secara jelas dan nyata menggunakan alat ini, bahkan USG transvaginal juga bisa mendeteksi penyakit dalam rahim.

Manfaat USG Kehamilan

Dokter ataupun bidan pasti menganjurkan pada ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi secara teratur. Tidak hanya bisa melihat gambar janin, namun banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan.

  • Konfirmasi Awal Kehamilan

Harga USG di bidan daerah Jakarta memang beragam namun banyak manfaat penting yang bisa Anda rasakan. Dengan melakukan pemeriksaan ketika mengalami tanda-tanda hamil dapat mengonfirmasi awal kehamilan.

Biasanya gejala awal kehamilan hampir sama seperti badan sedang masuk angin sehingga sedikit sulit membedakannya. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan USG setelah mengalami beberapa gejala, sudah terlambat haid, dan hasil testpack positif.

  • Cek Kondisi Rahim

Manfaat USG bagi ibu hamil tentu saja sangat penting untuk memantau kondisi janin selama masa kehamilan. Tidak hanya berguna untuk memastikan awal kehamilan saja, USG juga membantu memeriksa kondisi rahim.

Pasalnya, dalam rahim terdapat organ-organ penting yang berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. USG dapat membantu memantau kesehatan rahim, leher rahim, plasenta, hingga ovarium selama masa kehamilan.

  • Deteksi Organ dan Kelainan Genetik

Bukan hal yang asing jika ibu hamil kerap mempertimbangkan harga USG di bidan demi melihat atau memeriksa kondisi janin dalam perut. Terlebih USG saat ini sudah menggunakan berbagai teknologi canggih sehingga hasil pemeriksaan dapat terlihat lebih jelas.

Manfaat melakukan pemeriksaan ultrasonografi juga membantu memeriksa perkembangan organ vital pada janin. Selain itu, USG juga bisa mendeteksi adanya kelainan genetik atau kongenital sejak dini.

  • Deteksi Jenis Kelamin Janin

Pada awal kehamilan tentu Anda hanya bisa memastikan adanya janin dalam rahim serta memeriksa kondisi kesehatan janin tersebut. Hal lain yang pasti Anda nantikan selama masa kehamilan adalah mengetahui jenis kelamin janin.

Meskipun masih berada dalam rahim, namun Anda bisa melihat jenis kelamin janin melalui pemeriksaan ultrasonografi. Pasalnya, jenis kelamin calon buah hati bisa Anda lihat saat usia kandungan menginjak 20 minggu ke atas.

  • Menentukan Hari Perkiraan Lahir

Dengan pilihan harga USG di bidan yang beragam akan memudahkan Anda memilih layanan sesuai keinginan atau kebutuhan. Terlebih jenis USG saat ini tersedia dalam 4 jenis dengan mengusung teknologi berbeda.

USG juga bermanfaat untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL) calon buah hati sesuai perhitungan usia. Hal tersebut tentu sangat penting agar Anda bisa melakukan persiapan persalinan yang lengkap dan sehat

  • Diagnosa Keguguran

Manfaat melakukan USG selama kehamilan juga sangat penting guna mendiagnosis risiko keguguran dengan memantau perkembangan janin. Pada masa awal kehamilan kondisi janin masih sangat rentan sehingga perlu melakukan pemeriksaan rutin.

Selain faktor usia, kondisi kesehatan ibu hamil juga bisa mempengaruhi kondisi janin terutama perihal pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, sangat penting melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin agar bisa mendeteksi adanya kelainan sejak dini.

Harga USG di Bidan Jakarta

Setelah mengetahui jenis dan manfaat ultrasonografi, tentu Anda juga penasaran dengan harga USG di bidan Jakarta. Mengetahui harga USG bisa membantu Anda mempersiapkan jaminan kesehatan calon buah hati sejak dalam kandungan.

Biaya USG di bidan tergolong jauh lebih mudah dan terjangkau dari biaya USG di rumah sakit atau klinik bersalin. Untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi di bidan, Anda perlu menyiapkan biaya sekitar 200.000 hingga 400.000.

Dengan mendaftar asuransi kesehatan terbaik Anda tidak perlu bingung dan khawatir memikirkan biaya pemeriksaan hingga persalinan. Semua biaya pemeriksaan sampai persalinan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda bisa lebih fokus pada kesehatan tubuh dan calon buah hati.

Sekian penjelasan tentang jenis, manfaat, serta harga USG di bidan Jakarta yang masih terjangkau untuk pemeriksaan selama kehamilan. Anda juga bisa mendapatkan informasi berbagai perusahaan asuransi terpercaya sebagai bahan pertimbangan dengan mengunjungi laman cekpremi.com.

Referensi:

Kompas

Ruang Mom

99.co

Klik Dokter