Hp Tidak Ada Suara? Begini Cara Mengatasinya

hp tidak ada suara

Kenyamanan para pengguna smartphone bukan hanya pada jaringan yang lancar tetapi juga speaker. Masalah besar jika hp tidak ada suara, karena aktivitas telepon, meeting online atau mendengarkan musik dapat terganggu.

Anda mungkin bisa menggunakan earphone atau headphone agar tetap bisa mendengarkan suara, namun menambah perangkat membuat aktivitas tidak praktis. Apabila speaker smartphone Anda mengalami kerusakan jangan panik, ada banyak cara untuk memperbaikinya.

7 Cara Ampuh Mengatasi Hp Tidak Ada Suara

Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa speaker hp yang tidak berbunyi karena kerusakan pada hardware. Lantas Anda pun pergi ke tempat servis dan mengeluarkan banyak uang untuk menggantinya atau bahkan membeli ponsel baru.

Padahal penyebab hp tidak ada suara bisa saja karena hal sepele seperti kotornya lubang speaker atau ada software yang tidak aktif. Cara memperbaikinya pun sangat mudah jika penyebabnya adalah ini.

Anda yang saat ini terganggu karena tidak munculnya suara pada hp bisa mengikuti beberapa solusi mudah berikut ini.

  • Mengecek Pengaturan Volume dan Mode Hp

Cara mudah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengecek bagian volume hp. Anda cukup menekan tombol volume yang ada di bagian kanan atau kiri hp. Tekan tombol yang ada di bagian atas sehingga muncul indikator volume. Jika setelah ditekan indikator naik angkanya maka suara harusnya bisa kembali normal.

Bagaimana setelah meningkatkan volume masih belum keluar juga? Bisa jadi mode hp sedang diatur menjadi silent. Anda bisa mengecek dengan swipe ke bawah dari atas layar hp. Kemudian temukan ikon gambar speaker, jika terdapat garis miring artinya masih dalam mode silent. Anda tinggal klik ikon tersebut untuk mengembalikannya.

Seharusnya pengeras suara di hp akan kembali normal ketika mode sudah dikembalikan ke normal dan volume diperbesar. Cobalah untuk mendengarkan musik atau menerima telepon, nada dering harusnya terdengar.

  • Restart Hp

Apakah hp tidak ada suara terjadi tiba-tiba? Jika iya, bisa jadi penyebabnya adalah masalah perangkat lunak. Anda mungkin saja tidak sengaja klik pengaturan yang membuat perangkat lunak tidak berfungsi dengan baik.

Apabila penyebabnya adalah hal ini maka Anda bisa mencoba restart hp. Anda tinggal menekan tombol power di samping hp selama beberapa detik. Tunggu sampai menu restart muncul dan klik atau swipe ke menu tersebut.

Hp Anda akan otomatis mati kemudian menyala kembali dalam keadaan sistem yang lebih ringan. Biasanya perangkat lunak pada bagian speaker yang tidak berfungsi bisa bekerja kembali dengan normal.

  • Factory Reset

Cara memperbaiki speaker hp lainnya jika setelah restart, software masih tidak berfungsi maka Anda bisa melakukan factory reset. Mungkin saja ponsel Anda sudah terlalu bekerja berat karena banyak aplikasi yang digunakan.

Kerja yang terlalu berat bisa membuat software speaker tidak bekerja dengan baik. Anda harus melakukan factory reset yaitu mengembalikan hp ke pengaturan pabrik yang awal. Tujuannya agar perangkat lunak yang menjalankan speaker bisa bekerja normal.

  • Membersihkan Speaker Hp

Sumber: https://elements.envato.com/hands-performing-disassembly-maintenance-of-smartp-BUB8953

Seiring penggunaan speaker hp biasanya mengalami penumpukan kotoran oleh karena itu penting untuk rutin membersihkannya. Cara membersihkan speaker hp sangat mudah, Anda bisa menggunakan cotton bud berukuran kecil dan juga kering.

Tidak perlu dioleskan minyak, tinggal gosok saja speaker dengan cotton bud sampai semua kotorannya menempel. Bersihkan semua speaker baik itu di bagian atas dan bawah hp. Jika Anda memiliki pipet kecil akan lebih baik menggunakannya.

  • Memanfaatkan Aplikasi Sound

Ketika hp tidak ada suara maka perbaikan selanjutnya bisa dengan menginstal aplikasi tertentu. Misalnya aplikasi Equalizer yang biasa digunakan untuk mengatur suara secara custom bisa juga dimanfaatkan memperbaiki suara yang tidak muncul. Anda bisa menginstal kemudian mengatur volume suara lebih keras.

Pilihan aplikasi yang kedua adalah Lesser Audio Switch yang fungsinya mengatur perubahan suara dari speaker ke earphone atau sebaliknya. Anda yang tidak menemukan pengaturan agar speaker bisa berfungsi kembali setelah menggunakan earphone tinggal memanfaatkan aplikasi ini.

Ada juga aplikasi SoundAbout yang menjadi cara mengatasi hp tidak ada suara saat menelepon. Tinggal pasang aplikasinya di hp kemudian di bagian menu Phone Call Audio Anda bisa mengaktifkannya. Sekarang jika ingin telepon Anda bisa mengaktifkan menu loudspeaker kapan saja.

  • Membersihkan Cache

Terdengar klise, tapi membersihkan cache juga menjadi solusi hp tidak ada suara. Cache yang biasanya dihapus untuk meringankan kinerja hp juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kinerja pengeras suara yang macet.

Pada hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel kemudian pilih Kelola Aplikasi. Baru pilih aplikasi yang jumlah cache-nya paling banyak. Hapus data cache yang tersimpan. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain dengan cache tinggi.

Sekarang Anda bisa mencoba menyalakan speaker hp apakah sudah berfungsi dengan benar. Jika kesulitan Anda bisa juga menginstal aplikasi pembersih lainnya di Play Store yang tersedia gratis.

  • Mengakses Safe Mode

Langkah ini bisa digunakan untuk sementara atau lebih ke arah mengecek apa yang menyebabkan pengeras suara hp rusak. Jika Anda sudah masuk safe mode speaker masih rusak maka terdapat perangkat keras yang rusak. Namun jika aktif maka permasalahan ada di bagian perangkat lunak.

Cara masuk ke safe mode adalah dengan menekan tombol Power dan Volume bersamaan. Tunggu beberapa detik sampai menu Safe Mode muncul. Anda tinggal menekannya dan setelah masuk coba nyalakan musik. Apabila Anda sudah tahu penyebabnya maka langkah perbaikan hp tidak ada suara bisa dilakukan.

Apabila perangkat keras yang rusak Anda harus bersiap mengeluarkan uang yang cukup besar untuk memperbaikinya. Tidak hanya alat elektronik seperti smartphone saja yang harus Anda perhatikan. Aset lain seperti properti rumah pun bisa mengalami kerusakan.

Inilah saat yang tepat bagi Anda memiliki asuransi properti untuk menjaga dari risiko kerusakan di masa depan. Asuransi properti dapat meringankan keuangan Anda ketika properti yang dimiliki mengalami kerusakan tidak terduga. Apa asuransi yang tepat bisa Anda cek terlebih dahulu di Cekpremi.

Cekpremi memudahkan Anda untuk membandingkan asuransi demi memperoleh yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, cek sekarang juga asuransi yang tepat untuk Anda dengan mengakses Cekpremi.

Sumber:

Leskompi

Jete

Kumparan

Dianisa