7 Ide Jualan Makanan Online Cukup dari Rumah

ide jualan makanan online

Ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari rumah dengan berjualan makanan online? Sedang mencari ide jualan makanan online yang bisa dijalankan dengan fleksibel? Seiring dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce, banyak penjual makanan melihat peluang untuk berjualan makanan secara online.

Hal ini tentu saja memungkinkan para penjual untuk mencapai pelanggan lebih luas tanpa harus memiliki toko fisik. Kemajuan teknologi dan aplikasi pengiriman makanan telah membuatnya lebih mudah bagi penjual untuk mengelola pesanan dan mengirim makanan kepada pelanggan.

Ditambah lagi, sekarang ini konsumen semakin suka memesan makanan secara online karena kenyamanan dan pilihan yang lebih banyak. Kondisi ini telah mendorong penjual untuk berpindah ke platform online. Dengan meningkatnya popularitas jualan makanan online, bahkan banyak pula pebisnis pemula yang memulai bisnisnya dengan berjualan makanan dari rumah.

Inilah Ide Jualan Makanan Online dari Rumah

Banyak sekali ide perjalanan makanan yang bisa dijalankan dari rumah, diantaranya sebagai berikut.

1. Dessert Box

Ide jualan makanan online yang pertama adalah dessert box. Dessert box merupakan sebuah makanan penutup yang dalam penyajiannya menggunakan kotak atau wadah berisi berbagai jenis makanan penutup atau kudapan manis. Isinya bisa beragam, seperti kombinasi kue, permen, cokelat, buah-buahan, marshmallow, es krim, dan banyak lagi.

Kelezatannya tergantung pada jenis makanan penutup yang terdapat dalam dessert box dan selera pelanggan. Biasanya, dessert box dibuat untuk memberikan pengalaman rasa yang menenangkan dan memuaskan untuk pencinta makanan manis. Anda perlu membuat isian yang cocok dan kemasan menarik untuk dessert box Anda. Perlu Anda tahu, bahwa kemasan yang menarik dapat menarik pelanggan.

2. Frozen Food

Makanan beku (frozen food) adalah makanan yang telah dibekukan untuk mempertahankan kesegarannya dan dapat disimpan dalam freezer untuk jangka waktu yang lebih lama. Beberapa olahan olahan beku seperti es krim dan frozen food sangat lezat dan populer. Sementara makanan beku lainnya seperti sayuran beku dapat mempertahankan nutrisi dan rasa yang baik.

Jika ingin berbisnis dengan Ide jualan makanan online ini, ada beberapa pilihan yang perlu Anda pertimbangkan. Apakah Anda akan memasak dan mengemas makanan beku secara mandiri, menjual produk frozen food dari produsen lain untuk dijual kembali, ataukah berjualan makanan siap saji yang sudah dipanaskan.

3. Kue Kering

Kue kering adalah jenis kue yang begitu populer dan seringkali menjadi pilihan cemilan favorit di berbagai momen. Biasanya, kue ini memiliki tekstur yang renyah, serta rasa yang manis dan gurih. Kue kering seringkali disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Tak heran, jika bisnis kue kering ini juga begitu populer.

Berjualan kue kering bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika Anda memiliki resep yang lezat, kualitas yang baik, dan strategi pemasaran yang efektif. Bisnis ini dapat dimulai dari rumah dan kemudian berkembang menjadi usaha yang lebih besar dengan toko fisik atau penjualan online.

4. Salad Buah

Ide jualan makanan online selanjutnya, yakni salad buah. Salad buah adalah hidangan yang terbuat dari berbagai jenis buah yang diiris atau dipotong-potong dan seringkali disajikan dengan saus atau dressing. Salad buah ini memiliki rasa yang segar dan sehat. Di dalamnya mengandung banyak nutrisi dari buah-buahan segar, seringkali merupakan pilihan makanan populer.

Dalam bisnis makanan, salad buah bisa menjadi produk yang menarik untuk dijual. Anda bisa berjualan salad buah segar dengan saus atau dressing khusus. Mulai dengan berjualan online langsung ke pelanggan melalui promosi ke kontak yang ada di ponsel, serta bergabung ke platform. Keberhasilan bisnis ini dapat tergantung pada kualitas salad, inovasi dalam penyajian dan saus, serta strateginya.

5. Sambal Rumahan

Inovasi dalam olahan pedas seolah memang tak pernah ada habisnya. Kini, sedang tren olahan seperti sambal rumahan pedas, yang terbuat dari cabai, bawang, garam, gula, dan bahan-bahan lain yang bisa bervariasi. Ada banyak jenis sambal yang berbeda dengan tingkat kepedasan yang bervariasi.

Keberadaan sambal seringkali ditambahkan sebagai penyedap dalam masakan atau sebagai saus pelengkap untuk hidangan seperti nasi, mie, atau daging. Sambal juga memiliki peran penting dalam kuliner Indonesia dan memberikan rasa pedas yang khas pada banyak hidangan tradisional. Dalam bisnis ini, sambal bisa Anda buat dengan berbagai resep dan tingkat kepedasan, serta beragam jenis sambal.

6. Rice Box

Ide jualan makanan online lainnya, yakni makanan dengan konsep rice box. Rice box sendiri adalah hidangan nasi yang disajikan dalam kemasan atau kotak dengan gaya dan presentasi yang menarik serta sesuai dengan tren atau gaya makanan saat ini. Biasanya, rice box kekinian berisi nasi dengan berbagai macam topping. Rice box menjadi salah satu contoh bisnis kuliner yang populer dan menjadi tren seiring dengan popularitas media sosial.

7. Kripik

Sajian aneka kripik bisa menjadi ide bisnis lainnya. Buatlah keripik dengan berbagai variasi camilan yang terbuat dari bahan-bahan yang dipotong tipis dan kemudian digoreng atau dipanggang hingga menjadi renyah. Kripik dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk kentang, singkong, jagung, ubi, sayuran, buah, dan bahkan daging. Buatlah ide usaha keripik dengan berbagai bumbu dan rasa, seperti garam, pedas, manis, atau berbagai bumbu lainnya.

Potensi bisnis makanan dari rumah memang bisa sangat menjanjikan, terutama jika Anda memiliki rencana dan strategi yang baik. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang setidaknya perlu untuk Anda pertimbangkan sebelum memulai ide jualan makanan online ini. Diantaranya seperti memilih platform tempat berjualan, teknik marketing, hingga pengiriman barang.

Berbicara mengenai pengiriman barang, hal ini tergantung platform. Namun bukan tidak mungkin jika Anda harus melakukan pengiriman sendiri. Dalam hal ini Anda harus memiliki jaminan proteksi terhadap kendaraan mobil yang akan anda gunakan untuk pengiriman. Bagaimanapun juga, kondisi mobil yang performa dan kinerjanya baik akan sangat menunjang kelancaran bisnis.

Miliki asuransi mobil untuk menunjang bisnis Anda melalui Cekpremi.com. Cekpremi hadir membantu Anda dalam memberikan berbagai informasi dan rekomendasi terkait dengan pilihan asuransi yang tepat. Cek web resmi dan dapatkan rekomendasi asuransi yang tepat di Cekpremi.com!

REFERENSI

Pijar Mahir

Warung Pintar

Ginee