IHSG: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

ihsg

Sebelum mulai berinvestasi khususnya di bidang saham Anda perlu tahu pengertian dari IHSG. Tanpa mengetahui pengertiannya akan sulit untuk Anda mengetahui waktu yang tepat dalam jual beli instrumen investasi.

Anda yang mempertaruhkan banyak uang dalam investasi tentunya tidak boleh meremehkan soal grafik yang jadi acuan para investor ini. Bukan hanya pengertian tetapi juga cara menggunakannya agar investasi bisa bekerja secara maksimal. Simak pengertian sampai cara menggunakannya secara lengkap ini.

Pengertian IHSG

Kepanjangan dari IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan dan di Indonesia dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau juga disebut dengan IDX Composite.

Mengenali kepanjangannya Anda tentu bisa menebak arti dari indeks dalam investasi ini. Secara umum pengertiannya adalah indeks yang digunakan untuk mengukur kerja dari harga semua saham yang telah tercatat dalam Bursa Efek Indonesia.

Mengapa indeks ini menjadi acuan dalam jual beli saham karena pergerakan pasar dapat dilihat dengan jelas sehingga keuntungan investor dapat diukur secara pribadi. Banyak hal yang bisa melalui indeks yang akan langsung tampil ketika Anda membuka aplikasi investasi.

Istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan indeks ini adalah Jakarta Stock Exchange Composite Index (JKSE). Tidak ada perbedaan IHSG dan JKSE, jadi jika ada yang menyebutkan salah satu istilah tersebut artinya sama.

Manfaat IHSG bagi Investor

Pergerakan saham gabungan pertama kali tercatat dan dikenali oleh masyarakat adalah pada 1 April 1983. Para investor dapat dengan bebas mengamati pergerakan pasar dan dapat menemukan harga saham yang naik, turun bahkan memiliki grafik yang datar.

Mengingat indeks ini memperlihatkan begitu banyak pergerakan saham, artinya ada berbagai jenis investor yang bisa digunakannya. Mulai dari investor pemula sampai yang sudah profesional.

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan investor selama mengamati IHSG. Berikut ini ragam manfaatnya.

  • Memudahkan Pengamatan Pergerakan Pasar

Seperti yang telah disampaikan, bahwa indeks ini berisi informasi pergerakan saham-saham setiap harinya yang ada di pasar modal. Pergerakan ini penting sekali untuk dipantau supaya investor bisa mengetahui instrumen investasi mana yang naik hingga turun secara real time.

Bukan hanya investor saja yang sebenarnya diuntungkan dari grafik ini tetapi juga pemerintah hingga ekonomi. Perkembangan ekonomi suatu negara bisa diperhatikan melalui indeks ini sehingga memudahkan pemerintah untuk mengambil langkah. Misalnya meningkatkan suku bunga acuan saat gairah investasi menurun.

  • Mengetahui Kinerja Portofolio

Anda yang sudah menanamkan atau sering menjual beli saham tentunya paham akan pentingnya portofolio produk. Di dalam indeks harga saham gabungan Anda bisa menentukan benchmark untuk mengambil keputusan. Misalnya Anda sudah berinvestasi selama 5 tahun dalam beberapa aset.

Pada lima tahun terakhir ternyata beberapa portofolio memiliki kinerja di bawah presentasi yang Anda jadikan benchmark. Padahal telah terjadi penguatan yang cukup signifikan, namun Anda tidak meraih keuntungan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda perhatikan dan mengubah strategi investasi.

  • Memudahkan Menghitung Estimasi Profit

Setiap calon investor wajib menghitung estimasi profit sebelum akhirnya membeli suatu saham. Informasi dalam indeks saham gabungan ini dapat dijadikan acuan utama ketika Anda menghitungnya. Seperti berapakah estimasi keuntungan dalam 5 bulan bahkan satu tahun ke depan ketika terjadi kenaikkan beberapa persen.

Anda jadi bisa lebih mudah untuk memprediksi keuntungan yang diberikan dari saham atau instrumen investasi tersebut. Harapannya tentu saja Anda berhasil membeli instrumen investasi yang perhitungannya tidak meleset dari prediksi.

  • Mengetahui Kondisi Perekonomian

Indeks saham gabungan juga menjadi cerminan kondisi perekonomian di sebuah negara. Kondisi ekonomi ini erat kaitannya dengan investasi dan membantu Anda membuat keputusan untuk menjual atau justru membeli aset. Berdasarkan indeks tersebut Anda akan mengetahui bagaimana aliran modal yang sedang berjalan.

Anda juga akan memahami seperti apa pertumbuhan ekonomi di masyarakat sampai dengan penerimaan pajak negara. Perlu dipahami bahwa ketika investasi meningkat artinya aliran modal naik dan hal ini membuat pertumbuhan ekonomi akan membaik.

Cara Menggunakan IHSG dalam Investasi

Kini Anda sudah mengetahui pengertian sampai dengan manfaat dari indeks saham gabungan, selanjutnya tentu saja soal bagaimana cara menggunakannya. Mengetahui pengertiannya saja tidak cukup jika Anda ingin investasi menjadi sukses.

Beberapa cara menggunakan indeks tersebut berikut ini bisa Anda pelajari.

  • Menjual saat Bullish

Selama beberapa hari memperhatikan grafik IHSG dan ada kenaikan tren maka Anda perlu bersiap-siap untuk melakukan penjualan saham yang dimiliki demi mendapat keuntungan. Biasanya kondisi bullish ini akan ditunjukkan dengan warna merah pada grafik.

  • Hold saat Bearish

Berlawanan dengan bullish, saham bisa mengalami penurunan dalam beberapa hari yang disebut dengan bearish. Pada kondisi ini Anda sebaiknya menyimpan saham atau melakukan hold dan menunggu dengan harapan harganya akan naik.

  • Mengenali Stock Buble

Berdasarkan indeks Anda bisa memperhatikan apakah sedang terjadi stock bubble yaitu harga saham yang meningkat dalam waktu singkat dan sangat tidak normal. Hal ini membuat Anda berhati-hati karena kemungkinan adanya manipulasi harga saham. Jadi lebih aman juga untuk melakukan hold menunggu situasi kembali kondusif.

  • Mengurangi Posisi Beli saat Break All Time High

Ada juga kondisi yang disebut break all time high yang artinya saham sudah mengalami kenaikkan berkali-kali dalam waktu yang singkat. Biasanya ada kecenderungan terjadi koreksi hingga satu minggu, yang memungkinkan saham dengan harga tinggi menurun. Oleh karena itu Anda bisa mengurangi pembelian supaya aman.

  • Mempersiapkan Modal saat Indeks Menurun Tajam Lebih dari Satu Hari

Anda yang sudah memperhatikan suatu portofolio menurun tajam bahkan lebih dari satu hari bisa mempersiapkan diri soal modal. Mengingat kemungkinan rebound bisa terjadi sehingga Anda bisa membeli saham diskon yang jadi peluang berharga.

Banyak sekali cara untuk menggunakan indeks saham gabungan sehingga membuat Anda harus memperhatikan IHSG hari ini, besok dan seterusnya. Selain investasi di bidang saham, Anda yang ingin main aman bisa juga memiliki asuransi properti,

Bisa juga memanfaatkan keuntungan dari investasi saham untuk mendapatkan asuransi properti. Dengan begitu aset Anda akan jadi lebih aman. Soal mana asuransi properti yang tepat Anda bisa cek dulu di cekpremi.com. Bandingkan langsung mana asuransi yang sesuai dengan mengakses cekpremi.com.

Sumber:

Sikapi Uangmu

Glints

Daily Social

OCBC NISP