Inilah Destinasi dan Biaya Liburan Ke Labuan Bajo

biaya liburan ke labuan bajo

Ingin wisata ke Labuan Bajo? Berapa biaya liburan ke Labuan Bajo dengan budget pas-pasan? Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong di Indonesia. Salah satu yang menjadi daya tarik dari lokasi wisata ini adalah Pulau Komodo yang terkenal di mancanegara.

Selain itu, ada banyak destinasi wisata lain seperti Gua Batu, Gua Rangko, Gua Cermin, Rumah Tenun, Mini Tenun Museum, Bukit Sylvia, Pantai Waecicu, hingga Kampung Ujung. Pemandangan alamnya berupa pegunungan dan pantai menawarkan panorama yang mempesona. Lokasinya juga masih alami dan sering disebut sebagai surganya wisata. Meski begitu, masih banyak orang malas pergi ke sana karena akomodasinya yang dianggap cukup mahal.

Tips Hemat dan Nyaman Liburan ke Labuan Bajo

Sebenarnya liburan ke Labuan Bajo tidaklah semahal seperti yang Anda pikirkan. Anda harus tahu tips perjalanan dan bagaimana cara untuk menekan biayanya.

  1. Memilih Waktu Liburan yang Tepat

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk pergi ke Labuan Bajo, mulai dari jalur darat hingga udara. Perjalanan yang lebih praktis dan cepat tentu saja menggunakan jalur udara atau dengan transportasi pesawat terbang. Hanya saja tiket pesawat terbang menuju ke Labuan Bajo cenderung cukup mahal.

Namun jangan khawatir karena Anda bisa menyiasatinya dengan memesan tiket jauh-jauh hari. Paling tidak Anda bisa pesan tiket tersebut sebulan sebelum keberangkatan. Tips hemat biaya liburan ke Labuan Bajo lainnya, yakni jangan melakukan perjalanan ketika masuk musim liburan. Di waktu-waktu tersebut, cenderung lebih mahal.

Waktu yang tepat untuk memesan tiket dan hotel dengan harga murah yaitu minggu pertama di bulan Januari. Di waktu tersebut, tren wisata tengah menurun. Sehingga banyak maskapai penerbangan yang banting harga, bahkan menurunkannya hingga batas paling rendah.

  1. Ajak Teman atau Rombongan
See also Tips Asuransi Perjalanan Internasional untuk Liburan Luar Negeri

Biaya liburan ke Labuan Bajo murah juga bisa Anda dapatkan dengan pergi bersama teman atau rombongan. Dengan mengajak teman, maka Anda bisa membagi biaya sewa kapal hingga biaya penginapan selama di Labuan Bajo. Tapi perlu diingat untuk tidak membawa rombongan dalam jumlah besar, justru akan mengurangi fleksibilitas Anda dalam melakukan perjalanan.

  1. Memilih Rute Penerbangan Jakarta – Lombok

Memesan tiket pesawat secara langsung ke Labuan Bajo, harganya akan cenderung lebih mahal. Sebagai cara untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih rute penerbangan ke Lombok terlebih dulu. Harga selisih tiketnya juga lumayan besar, yakni bisa separuh harga.

Untuk rute penerbangan Jakarta – Lombok sendiri, ketika promo Anda bisa bisa mendapatkan harga kurang dari 3 juta. Ketika hari keberangkatan dan Anda sudah tiba di Lombok, carilah bus DAMRI yang menuju ke arah Selong di Lombok Timur, dengan tujuan Pelabuhan Kayangan.

Setelah tiba di Pelabuhan Kayangan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, lalu gunakan transportasi feri dengan tarif sekitar Rp17 ribu. Selanjutnya, teruskan perjalanan Anda menuju ke Bima dengan menggunakan transportasi bus ekonomi yang tarifnya hanya sekitar Rp80 ribu.

Nah, dari Bima ke Labuan Bajo, Anda bisa terlebih dahulu menuju ke Pelabuhan Sape, lalu menyeberang menggunakan kapal feri. Biaya menyeberang dengan menggunakan kapal feri ini sekitar Rp60 ribu. Untuk waktu tempuhnya sekitar 6-8 jam.

  1. Menyewa Kapal Langsung ke Pemiliknya

Melakukan liburan ke Labuan Bajo, pastinya ingin mengunjungi berbagai pulau kecil menggunakan kapal yang sudah disediakan. Bagi Anda yang ingin menekan biaya liburan ke Labuan Bajo, disarankan untuk menghindari menggunakan jasa yang memberikan penawaran trip sailing.

See also Traveling di Era New Normal? Berikut Tips Agar Kamu Tetap Aman

Akan lebih baik bila Anda secara langsung datang ke pelabuhan Pelni yang lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta. Ada banyak kapal yang bersandar dan Anda bisa secara langsung melakukan negosiasi dengan pemiliknya terkait harga sewa.

  1. Memilih Penginapan untuk Beristirahat

Jika ingin menekan biaya liburan ke Labuan Bajo disarankan Anda memilih penginapan kelas Backpacker di Pantai Kampung Ujung yang menawarkan harga lebih murah. Di sini Anda bisa menemukan satu kamar yang dapat diisi hingga 3 orang dengan extra bed. Untuk satu kamarnya sendiri, harga yang dipatok rata-rata adalah sekitar Rp100.000 hingga Rp300.000.

Apabila Anda datang bersama dengan rombongan, akan lebih baik bila Anda memilih pen house atau villa. Pilih penginapan yang memiliki dapur, sehingga Anda bisa memasak makanan sendiri. Setidaknya cara ini bisa menekan biaya makan dan juga penginapan Anda ketika berlibur di Labuan Bajo.

  1. Menentukan Destinasi Wisata

Tips hemat biaya liburan ke Labuan Bajo selanjutnya adalah dengan menentukan destinasi wisata yang ingin Anda tuju. Cari tahu berbagai tempat wisata apa saja yang tersedia di sana, serta informasi mengenai tempat tersebut. Buat daftar atas semua tempat yang ingin Anda kunjungi selama liburan di Labuan Bajo.

Untuk memudahkan mobilitas Anda selama liburan di Labuan Bajo, cobalah untuk mengelompokkan setiap tempat wisata yang ingin Anda kunjungi berdasarkan arah lokasi dan jaraknya.

  1. Transportasi untuk Berkeliling

Untuk transportasi berkeliling ke Labuan Bajo Anda bisa menggunakan sewa mobil, beserta supir di Klook yang harganya mulai dari Rp 320.000 / 3 jam atau Rp 500.000 / 5 jam. Misalnya saja Anda pergi bersama tiga orang teman, Anda bisa membaginya untuk menekan biaya perjalanan.

See also 4 Pantai Wonosari Gunung Kidul yang Hits Karena Pesonanya

Namun bila Anda hanya berdua, lebih baik untuk memilih transportasi menggunakan motor agar lebih hemat dan efisien. Biaya sewa motor di sini hanya sekitar Rp 122.222 / hari. Melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, pastinya Anda tidak satu atau dua hari saja. Dengan membagi biaya sewa transportasi untuk berkeliling tempat wisata, tentu saja cara ini cukup efektif untuk menekan anggaran perjalanan Anda.

Anda bisa lebih hemat biaya liburan ke Labuan Bajo dengan tips-tips di atas. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Salah satu yang penting dan jangan sampai terlewat, yakni menggunakan asuransi perjalanan.

Dapatkan perjalanan yang aman dan nyaman ke Labuan Bajo dengan jaminan terbaik. Kunjungi web cekpremi.com untuk informasi lengkap seputar asuransi yang Anda butuhkan.

Sumber :

IDN Times

Traveloka

Tiket

Klook