7 Pertanyaan Seputar Interview User dan Tips Menjawabnya

interview user

Seleksi kerja memang memerlukan tahap yang panjang. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang wawancara HR, tapi ternyata masih ada langkah selanjutnya sebelum Anda dinyatakan lolos perekrutan karyawan yaitu tahap interview user.

Secara garis besar, wawancara user adalah tahap penting saat melamar kerja untuk melihat kemampuan serta kepribadian pelamar. Biasanya proses wawancara ini merupakan tahapan kedua setelah seleksi berkas, psikotes, dan juga interview HR.

Apa itu Interview User?

Tahukah Anda, wawancara user sering disebut sebagai penentu apakah Anda lolos kerja atau tidak. Pasalnya pihak interviewer adalah atasan perusahaan yang biasanya menjabat sebagai manajer. Lalu apa itu wawancara user?

Interview user adalah wawancara yang dilakukan dengan user atau orang yang akan menjadi atasan Anda seperti supervisor atau manajer. Interview tersebut bertujuan untuk mengetahui informasi detail tentang Anda sebagai pelamar.

Adapun biasanya wawancara user juga berkaitan dengan latar belakang pendidikan, keahlian dasar, hingga pengalaman kerja yang sudah Anda miliki sebelumnya. Tidak heran kalau proses seleksi ini menentukan kesuksesan kandidat. untuk bergabung dengan perusahaan atau tidak.

Jadi, apakah interview user sudah pasti diterima? Jawabannya belum tentu. Namun jika pelamar sudah melakukan wawancara user, maka dapat dikatakan bahwa Anda akan dipertimbangkan untuk direkrut oleh perusahaan. Wawancara user umumnya berlangsung selama 1 jam, tapi ada juga yang hanya dilakukan selama 30 – 45 menit saja.

Perbedaan Interview User dan Interview HR

Meski memiliki tujuannya tersendiri, tapi masih banyak pencaker yang belum tahu perbedaan interview user dan HR. Padahal keduanya sangat berbeda dan berikut ini adalah informasinya khusus untuk Anda.

  • Pihak Penanya

Sesuai namanya, interview HR adalah proses wawancara yang dilakukan oleh pihak HRD perusahaan. Adapun wawancara user dilakukan oleh atasan seperti manajer atau supervisor sebagai pihak penanya yang akan bekerja dengan Anda nantinya.

  • Cara Memandang Potensi Karyawan

Pada dasarnya pertanyaan wawancara user lebih mengarah pada potensi kandidat sesuai job desc yang dicari. Sedangkan wawancara HR condong pada karakter dan sifat calon karyawan.

  • Kemampuan yang Dicari

Interview user memprioritaskan kemampuan akademis Anda sebagai pelamar. Pasalnya akan berkaitan dengan beban kerja yang dipercayakan nantinya. Dengan begitu, interview HR fokus pada karakter karyawan agar mereka tidak berisiko melakukan pelanggaran.

  • Tujuan Interview

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, wawancara user bertujuan untuk melihat potensi pelamar agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Sedangkan interview HR berguna untuk mencari pelamar dari sisi kesehatan, psikologis, kepribadian, hingga kedisiplinan.

4 Persiapan Interview User

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh pertanyaan interview user dan jawabannya, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan diri sebelum berhadapan langsung dengan interviewer. Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan dengan lancar, kemungkinan besar user tidak mau menerima Anda sebagai karyawan di perusahaan.

  • Kenali User yang Akan Mewawancarai Anda

Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai profil perusahaan dan juga siapa saja calon atasan Anda. Dengan begitu, Anda berkesempatan membangun relasi baik dengan mereka selama wawancara berlangsung.

  • Datang Tepat Waktu

Baik itu offline maupun online, Anda wajib datang tepat waktu ke lokasi wawancara. Jika Anda datang terlambat, sudah dipastikan akan memberikan impresi buruk. Usahakan datang 30 menit lebih awal ke lokasi, ya.

  • Jaga Sopan Santun

Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap perusahaan memiliki kultur yang berbeda. Meski begitu, Anda tetap harus menjaga sopan santun sebagai pekerja profesional khususnya selama interview user.

  • Tunjukkan Sisi Unik

Persiapan wawancara kerja selanjutnya adalah Anda harus menunjukan sisi unik dalam diri. Hal tersebutlah yang akan menjadi ciri khas dan meyakinkan user bahwa Anda layak bekerja pada posisi yang dilamar.

7 Pertanyaan Interview User dan Tips Menjawabnya

Selain keempat persiapan wawancara user di atas, ternyata ada satu hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan yaitu mengetahui apa saja pertanyaan yang mungkin dilontarkan dan bagaimana cara menjawabnya. Oleh karena itu, ayo simak ulasan berikut.

  • Ceritakan Tentang Diri Anda!

User biasanya akan memulai wawancara dengan menawarkan pertanyan yang berkaitan dengan diri Anda. Disini Anda tinggal menyampaikan informasi tentang diri Anda secara profesional. Mulai dari pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, keahlian, dan prestasi yang pernah diraih.

  • Jelaskan Deskripsi Pekerjaan yang Dilamar!

Setelah menanyakan tentang diri Anda, rekruter akan menjurus ke pekerjaan. Mereka akan melontarkan pertanyaan seperti “jelaskan deskripsi pekerjaan yang Anda lamar”. Untuk menjawabnya, Anda perlu menjelaskan deskripsi pekerjaan yang dilamar sesuai pemahaman Anda dengan jelas.

  • Jelaskan keterampilan yang Anda Miliki untuk Posisi Ini!

Pertanyaan interview user akan mengarah pada kemampuan teknis dan nonteknis yang Anda miliki. Dengan begitu, jelaskanlah apa saja keterampilan yang Anda miliki dan dirasa mampu menjadi poin penilaian untuk dipertimbangkan selama menjawab pertanyaan ini.

  • Apa Alasan Anda Mengapa di Melamar Posisi Ini?

Pertanyaan interview dengan user yang satu ini bertujuan untuk mengetahui sedalam apa pengetahuan Anda terkait posisi yang dilamar dan juga seberapa tertariknya Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Anda harus melakukan riset tentang job desc dan perusahaan sebelum interview dilakukan.

  • Apa yang Membuat Anda Menjadi Kandidat Terbaik?

Jika Anda mendapat pertanyaan tersebut, berikan jawaban mengenai contoh prestasi yang pernah Anda raih tapi harus relevan dengan posisi yang dilamar. Sehingga nantinya Anda tinggal menghubungkan pencapaian tersebut dengan kebutuhan perusahaan.

  • Ceritakan Pencapaian Terbesar Anda!

Sebenarnya pertanyaan keenam ini hampir sama dengan contoh pertanyaan wawancara sebelumnya. Pertanyaan tersebut berguna untuk melihat relevansi pencapaian Anda dengan kebutuhan perusahaan. Gunakanlah format S-T-A-R atau Situation, Task, Action, dan Result untuk menjelaskan pencapaian Anda.

  • Apakah Ada pertanyaan?

Untuk mengakhiri sesi interview user, rekruter akan bertanya “apakah ada pertanyaan untuk perusahaan?” Disini Anda hanya perlu mengajukan pertanyaan kepada user seperti terkait kultur perusahaan atau pengetahuan teknis tentang posisi yang dilamar.

Nah itulah 7 contoh pertanyaan wawancara user yang biasa ditanyakan. Saat nantinya Anda pergi ke kantor, pastinya Anda membutuhkan mobil sebagai kendaraan pribadi. Nah demi menjaga kesehatan kendaraan tersebut, sebaiknya Anda memiliki asuransi mobil.

Pasalnya asuransi mobil sangat membantu Anda dalam menjaga aset kendaraan dari kerusakan di masa depan. Dan kini Cekpremi akan membantu Anda mendapatkan pilihan asuransi mobil yang sesuai kebutuhan.

Sebagai portal pembanding asuransi online, Cekpremi menawarkan rekomendasi produk terbaik dari mitra asuransi terpercaya secara praktis dan tanpa biaya tambahan. Jadi ayo segera kunjungi website resmi Cekpremi untuk menemukan rekomendasi asuransi mobil yang dibutuhkan setelah melakukan interview user.

Referensi:

Qubisa

Glints

My Robim

Cakeresume

Jobs