Cara Investasi Emas Bagi Pemula agar Aman dan Minim Risiko

investasi emas

Beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berinvestasi kian meningkat. Berbagai jenis investasi atau cara penanaman modal dilakukan untuk mendapatkan tambahan keuntungan. Salah satu tren berinvestasi yang banyak dilakukan masyarakat adalah dengan investasi emas.

Berinvestasi emas merupakan aktivitas penanaman modal, di mana seseorang membeli emas sebagai sarana untuk menyimpan nilai atau mencapai keuntungan di masa depan. Terdapat beberapa pilihan jenis investasi, termasuk diantaranya adalah emas fisik dan emas digital.

Investasi dalam bentuk emas fisik, sesuai namanya dilakukan secara langsung dalam bentuk emas fisik seperti batangan, koin, atau perhiasan. Sementara emas digital, yakni merupakan bentuk investasi di mana Anda membeli emas dalam bentuk digital yang dipegang oleh lembaga keuangan atau platform online.

Mengapa Memilih Investasi Emas?

Investasi emas tidak hanya menambah keuntungan finansial untuk kebutuhan ekonomi. Tetapi juga memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah diversifikasi portofolio. Menambahkan emas ke dalam portofolio dapat membantu mengurangi risiko investasi dengan mengimbangi aset-aset lain.

Emas juga memiliki sejarah sebagai aset yang dapat bertahan terhadap inflasi, sehingga dapat menjaga daya beli dari investasi Anda. Banyak orang berinvestasi dalam emas karena emas dianggap sebagai bentuk perlindungan terhadap ketidakstabilan ekonomi dan fluktuasi nilai mata uang.

Emas sering dianggap sebagai aset safe haven yang nilainya cenderung bertahan atau bahkan meningkat dalam situasi ketidakpastian. Selain itu, emas juga memiliki nilai intrinsik dan digunakan dalam berbagai industri, membuatnya menjadi pilihan investasi yang menarik bagi banyak orang.

Cara berinvestasi emas sendiri terbilang cukup mudah dan ramah bagi pemula. Namun tetap saja, Anda tidak sembarangan dalam berinvestasi. Anda tidak sekedar hanya membeli emas, menyimpan, lalu menjualnya kembali. Penting untuk mengetahui bagaimana cara berinvestasi emas yang mudah dan aman, serta minim risiko, terlebih bila Anda masih pemula.

Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Investasi emas dapat menjadi pilihan yang baik bagi pemula. Ada beberapa cara untuk memulai investasi yang bisa Anda lakukan.

  1. Menentukan Tujuan Investasi

Tujuan berinvestasi emas dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial Anda. Beberapa tujuan umum berinvestasi emas meliputi perlindungan nilai dari inflasi, diversifikasi portofolio, dan sebagai bentuk investasi jangka panjang.

Anda juga bisa mengincar potensi keuntungan dari kenaikan harga emas. Pastikan untuk mengidentifikasi tujuan Anda dengan jelas agar bisa merencanakan strategi investasi yang sesuai.

  1. Mengenali Kondisi Finansial

Sebelum Anda berinvestasi dalam emas, penting untuk memahami kondisi finansial secara menyeluruh. Pertimbangkanlah aspek-aspek seperti penghasilan, pengeluaran, tabungan darurat, dan tujuan keuangan jangka pendek maupun panjang.

Pastikan Anda memiliki dana sisa yang tidak diperlukan dalam jangka waktu tertentu sebelum mempertimbangkan untuk berinvestasi emas. Mengingat jenis investasi emas ini sifatnya adalah likuid.

  1. Memantau Harga Emas

Sebaiknya Anda memantau harga emas sebelum melakukan investasi. Harga emas dapat berfluktuasi secara harian. Jadi penting untuk memeriksa tren jangka pendek dan jangka panjang sebelum membuat keputusan investas.

Anda bisa mendapatkan informasi menggunakan sumber-sumber berita keuangan atau situs web yang menyediakan pembaruan harga emas secara berkala. Dengan begini, Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

  1. Memilih Jenis Investasi

Memilih jenis emas sebelum berinvestasi perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin berinvestasi dalam bentuk emas fisik atau digital. Misalnya saja emas fisik dalam bentuk batangan atau perhiasan, ataukah sistem digital dengan instrumen keuangan seperti Reksadana emas atau saham perusahaan pertambangan emas. Keputusan ini harus disesuaikan dengan tujuan investasi dan risiko yang dapat diterima.

  1. Memilih Tempat Jual Beli Emas

Ada berbagai pilihan tempat jual beli emas yang bisa. Anda pertimbangkan. Beberapa rekomendasi tempat untuk berinvestasi emas yang paling umum adalah toko emas, bank, pegadaian, Butik/Unit Bisnis Antam, hingga marketplace. Memilih tempat yang tepat untuk berinvestasi emas melibatkan beberapa faktor penting.

Seperti reputasi, biaya transaksi, kemudahan penggunaan, dan pilihan produk emas. Jangan lupa pula untuk selalu cek juga sertifikat maupun surat-suratnya. Selain itu, ketika memilih tempat yang aman untuk berinvestasi emas digital, selalu pastikan bahwa aplikasi sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti.

  1. Keamanan Tempat Penyimpanan

Hal penting lain yang tidak boleh terlewatkan adalah memperhatikan keamanan penyimpanan emas saat melakukan investasi. Anda memiliki beberapa pilihan, seperti menyimpannya di brankas pribadi atau brankas bank yang menawarkan fasilitas Safe Deposit Box (SDB) dengan tambahan biaya.

Sebagai solusi keamanan penyimpanan, Anda bisa investasi dalam bentuk emas digital. Investasi ini bisa menjadi pilihan aman karena memungkinkan Anda untuk memiliki emas dalam bentuk digital tanpa perlu menyimpannya secara langsung atau fisik.

  1. Tetap Sabar dan Selalu Konsisten

Perlu Anda tahu, bahwa kesabaran dan konsistensi sangat penting dalam berinvestasi emas. Harga emas bisa naik dan turun dalam jangka pendek, tetapi cenderung meningkat dalam jangka panjang. Dengan tetap sabar dan konsisten dalam menginvestasikan dana secara berkala, Anda memiliki peluang yang lebih baik.

Terlebih untuk mengatasi fluktuasi pasar dan mendapatkan manfaat dari potensi pertumbuhan nilai emas seiring waktu. Namun, perlu dipahami, bahwa seperti semua jenis investasi, tetap ada risiko yang terkait dengan berinvestasi emas. Harga emas bisa naik atau turun, tergantung pada faktor-faktor seperti permintaan, penawaran, kondisi ekonomi, dan sentimen pasar.

Fluktuasi harga ini bisa memengaruhi nilai investasi Anda, biaya penyimpanan dan asuransi, serta kurangnya pendapatan pasif. Selain itu, investasi emas tidak menghasilkan pendapatan atau dividen seiring waktu, sehingga potensi pertumbuhannya mungkin lebih lambat dibanding jenis investasi lainnya.

Melihat risiko ini, maka Anda perlu memiliki proteksi guna meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Hal yang sama juga berlaku untuk berbagai aset lain. Anda perlu melindungi aset tersebut dari berbagai risiko, yakni dengan menggunakan jaminan perlindungan dari asuransi.

Misalnya saja untuk asuransi mobil, dimana Anda akan mendapatkan jaminan kerugian sesuai dengan premi yang Anda bayarkan. Cekpremi hadir memberikan solusi untuk Anda yang ingin membeli dan menemukan asuransi terbaik. Dapatkan asuransi terbaik sesuai kebutuhan Anda dari mitra-mitra terpercaya. Untuk informasi lengkapnya seputar asuransi, kunjungi website Cekpremi.com!

referensi

Cekpremi

Cekpremi

Pintu

Bisnis

Populix