Mau Investasi Emas Online? Cek Aplikasinya yang Aman

investasi emas online

Emas menjadi alat investasi yang banyak diminati, apalagi dengan hadirnya investasi emas online. Siapa saja bisa investasi emas tanpa harus pergi ke toko emas secara langsung. Beberapa bahkan menyediakan sistem menabung emas yang menjadi cara paling efektif.

Menariknya lagi pembelian emas bisa dilakukan dalam jumlah terkecil yaitu 0,1 gram yang tidak memberatkan. Aktivitas investasi pun bisa dilakukan oleh siapa saja, namun sebelum melakukannya Anda harus tahu mana aplikasi investasi emas yang tepat.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas Online Mudah dan Aman

Menjadi pemula dalam investasi emas digital membuat Anda harus lebih teliti lagi. Baik itu saat membandingkan harga jasa investasi emas, proses mencetak emas fisik, penyimpanan sampai dengan aplikasi yang digunakan.

Jangan sampai Anda terkena investasi emas bodong yang kini juga makin marak terjadi. Jika masih bingung memilih aplikasi, beberapa rekomendasi berikut ini bisa jadi acuannya.

  • Aplikasi Pegadaian Digital

Siapa bilang Pegadaian hanya menerima barang gadai saja? Sekarang Pegadaian yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menyediakan layanan investasi emas.

Mengingat aplikasi ini berasal dari BUMN tentu keamanannya lebih terjamin sehingga tidak salah jika jadi pilihan utama. Cara investasi emas di Pegadaian Digital ini adalah dengan membuka rekening terlebih dahulu dengan saldo Rp50.000 saja.

Anda bisa menabung emas digital dan penyimpanannya pun terjamin aman. Emas bisa digadaikan, dijual atau dicetak menjadi emas batangan yang sudah bersertifikat SNI/ LBMA 24 karat. Khusus pencairan emas bisa dilakukan minimal jika memiliki 1 gram.

  • Aplikasi Tamasia

Investasi emas online juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi Tamasia. Semua emas yang dibeli berasal dari PT Aneka Tambang Tbk. Proses investasi emas cukup mudah karena Anda hanya perlu menentukan jumlah gram emas dan jangka waktu angsuran.

Ya, aplikasi ini menyediakan cicilan untuk pembelian emas dalam waktu 3 sampai 24 bulan. Anda bisa membeli emas dengan ukuran terkecil yaitu 0,025 gram. Keamanan emas pun terjamin karena semua emas yang dibeli akan diasuransikan di Antam jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tidak hanya langsung, Anda juga bisa melakukan transaksi emas melalui marketplace karena aplikasi ini sudah bekerja sama dengan platform lainnya. Anda yang ingin jual beli emas juga dijamin mendapatkan harga yang bersaing. Emas yang sudah Anda beli bisa dicetak dan dikirim ke rumah.

  • Indogold

Aplikasi yang cukup terkenal dan bersaing dengan Pegadaian Digital. Indogold memberikan layanan investasi emas online dengan modal terkecil yaitu Rp10.000 saja. Anda sudah bisa menabung emas dan jika terkumpul dapat mencairkannya.

Tersedia dua macam cara untuk mencairkan investasi emas Anda yaitu dengan uang tunai, kedua adalah mencetak emas murni. Semua emas yang disediakan adalah murni milik Antam jadi terdapat sertifikat yang menjaminnya.

Aplikasi yang merupakan milik PT Sinar Rezeki Handal ini sudah menyediakan layanan untuk tabungan, cicilan, gadai sampai dengan jual beli emas. Khusus untuk pencairan dalam bentuk emas batang Anda bisa melakukannya jika memiliki berat 1 gram.

  • Aplikasi Pluang

Pilihan aplikasi lain yang cukup terkenal adalah Pluang. Beberapa layanan investasinya sering dipilih oleh pemula karena sangat mudah. Cara investasi emas pemula lewat Pluang hanya dengan memulai investasi dari Rp10.000 saja.

Soal keamanan Anda juga tidak perlu khawatir. Aplikasi yang ada di bawah naungan PT PG Berjangka dan PT Zipmex Exchange Indonesia sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Jadi selama melakukan investasi emas online Anda tidak perlu takut emas melayang.

Kelebihan lain dari Pluang adalah banyaknya produk yang disediakan untuk investasi selain emas. Anda bisa memilih indeks saham, aset kripto sampai dengan reksadana. Anda yang ingin investasi emas bahkan bisa memanfaatkan fitur auto debet melalui Gopay.

Sumber: https://elements.envato.com/hourglass-and-fine-gold-bullion-concept-of-investm-R6PNZQC

  • Aplikasi Orori

Selain aplikasi investasi emas Antam batangan, Anda juga bisa memilih investasi emas perhiasan. Tentunya aplikasi ini lebih disukai oleh kaum hawa dan aplikasi Orori menjawab kebutuhan tersebut.

Anda yang ingin membeli perhiasan emas seperti anting, gelang, kalung bisa melakukannya di aplikasi ini. Bahkan cukup banyak penawaran satu set perhiasan yang menarik untuk dimiliki.

Meskipun bisa membeli perhiasan, bukan berarti Anda tidak bisa investasi emas murni. Anda masih bisa melakukannya di aplikasi Orori, begitu juga untuk jual, beli dan mencairkan emas. Demi memudahkan pengguna, Orori juga sudah menyediakan fitur layanannya di Tokopedia.

  • DANA eMas

Investasi emas online sekarang juga bisa diakses melalui aplikasi dompet digital. Dana yang menjadi salah satu e-wallet menyediakan fitur investasi emas dalam produknya DANA eMas. Layanannya ini juga sudah terdaftar di Bappebti jadi aman.

Emas fisik yang Anda investasikan juga akan disimpan serta dijamin Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Pembelian emas disini mirip dengan Pegadaian Digital yaitu mulai dari 0,01 gram yang harganya kurang lebih Rp10.000.

Tidak ada biaya tambahan selama Anda investasi, kecuali jika Anda ingin mencairkannya dalam bentuk emas batangan. Anda tetap akan mendapatkan sertifikasi dari setiap emas yang dicetak.

  • Aplikasi Lakuemas

Rekomendasi aplikasi investasi emas online yang terakhir ini telah terdaftar di Bappebti sehingga operasionalnya sangat diawasi. Sudah beroperasi dari tahun 2018, Lakuemas memiliki beberapa kelebihan seperti untuk investasi emas Anda bisa mulai dari Rp50.000 saja.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan transfer, misalnya Anda ingin mengirimkan tabungan emas atau emas logam mulia kepada kerabat. Baik emas batangan atau perhiasan disediakan, jadi Anda bisa menukarkan tabungan emas ke toko emas yang berafiliasi dengan Lakuemas.

Kapan saja Anda ingin investasi emas online sekarang tinggal gunakan salah satu aplikasi yang aman tadi. Cara menggunakan aplikasi pun mudah dengan modal yang tidak terlalu berat.

Masih banyak investasi lain yang perlu Anda pertimbangkan dari sekarang demi masa depan yang lebih baik. Salah satu yang tidak kalah penting dari investasi emas adalah perlindungan terhadap kendaraan pribadi Anda.

Lindungi kendaraan kesayangan Anda dengan memiliki asuransi mobil. Pemilihan asuransi mobil bisa Anda bandingkan terlebih dahulu melalui Cekpremi. Bandingkan dan temukan sendiri mana asuransi terbaik di Cekpremi sekarang.

Sumber:

IDN Times

Kata Data

Daily Social

The Asian Parent

Metro TV

Glints