Beragam Keuntungan Memilih Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang

Dalam dunia investasi, ada istilah investasi jangka panjang. Jenis investasi ini merupakan kegiatan investasi dengan menanamkan modal atau aset dalam jangka waktu tertentu, yang berlaku lebih dari 5 tahun. Memang untuk mencapai waktu yang maksimal dan juga mendapatkan imbal hasil yang tinggi membutuhkan waktu cukup lama. Bisa dikatakan rata-rata tujuan orang melakukan investasi dengan jangka yang panjang adalah untuk memperoleh penghasilan pasif di kemudian hari.

Rata-rata bagi perorangan, investasi jenis ini memiliki tujuan untuk membentuk keuangan pribadi dalam hidup seperti misalnya investasi untuk tujuan memperoleh biaya, biaya pernikahan, haji dan masih banyak lagi. Ada juga yang bertujuan untuk memperoleh pendapatan tetap dalam jangka waktu tertentu, sementara bagi perusahaan investasi dalam jangka waktu yang panjang ini seperti misalnya pengendali perusahaan hingga kepentingan sosial untuk perusahaan itu sendiri.

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Jaminan Passive Income

Keuntungan yang pertama adalah tentu saja jaminan untuk mendapatkan penghasilan pasif di masa depan. Seperti misalnya, jika memilih instrumen tersebut maka tentu Anda akan mendapatkan imbal hasil dari dividen saham yang dibayarkan tiap tahun oleh perusahaan. Pendapatan dividen merupakan pendapatan pasif yang bisa dilakukan tanpa harus bekerja secara aktif, namun cukup menjadi pemegang saham dari emiten yang akan membagikan dividen tersebut.

Jadi jika Anda hanya ingin mengandalkan penghasilan dari gaji atau keuntungan usaha, maka bisa memilih untuk investasi dengan jangka waktu yang panjang. Karena Anda akan mendapatkan pemasukan tambahan dari dana investasi yang sudah dikumpulkan dan mencapai tujuan finansial.

Tingkatkan Nilai Aset

Salah satu cara untuk menghadapi inflasi adalah dengan melakukan investasi jangka panjang. Seperti diketahui, inflasi merupakan permasalahan bagi banyak orang yang berinvestasi pada instrumen yang tidak tepat. Untuk menghadapi inflasi, maka Anda harus memilih instrumen yang punya imbalan hasil lebih tinggi dari persentase inflasi setiap tahun.

Karena jika tidak melakukannya, maka percuma saja jika sudah mengumpulkan dana yang banyak namun nilainya akan terus-menerus tergerus oleh inflasi. Maka dari itu penting melakukan investasi agar dana yang Anda miliki tidak hanya pasif di tabungan dan pilih instrumen investasi yang punya potensi imbal hasil besar, terutama untuk jangka waktu yang panjang.

Kebebasan Finansial

Siapa yang tidak ingin memiliki kebebasan finansial di masa depan. Maka dari itu Anda bisa mulai dari investasi jangka panjang. Karena di saat Anda sudah tidak produktif bekerja atau sudah memasuki masa pensiun, maka keuntungan investasi yang didapatkan tentu bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus bekerja lagi.

Anda yang ingin mendapatkan kebebasan finansial di usia muda juga wajib memilih investasi dalam jangka waktu yang panjang, karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari imbal hasil investasi baik berupa bunga maupun dividen. Untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal, tentu membutuhkan periode waktu yang cukup lama. Maka dari itu penting juga bagi Anda yang ingin investasi jangka panjang memahami efek compounding untuk melipatgandakan aset. Karena semakin panjang periode maka semakin besar pula efek compounding yang akan didapatkan.

Sebagai Dana Pensiun

Memilih investasi jangka panjang juga menjadi alternatif untuk dana pensiun, tidak hanya Anda yang para pekerja namun juga pengusaha. Dana pensiun merupakan cara terbaik untuk menghadapi hari tua apalagi jika Anda bukan PNS di mana hari tua terjamin dengan dana yang akan diberikan saat masa jabatan berakhir.

Jadi misalnya Anda bekerja di perusahaan swasta, maka bisa memilih untuk investasi dengan jangka waktu yang panjang apalagi jika masih memiliki keluarga dan anak yang akan dibiayai terutama untuk kebutuhan pendidikannya. Memiliki dana pensiun dengan investasi, maka membantu keluarga Anda tidak mengadopsi budaya sandwich generation di mana hari tua mengandalkan anak untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Memiliki Karakter Hemat

Dengan investasi dalam jangka waktu tertentu, maka Anda sendiri akan punya karakter hemat karena ingin terus berinvestasi. Anda jadi memiliki habit investasi dengan menyisihkan sebagian penghasilan secara rutin bukan hanya sekali atau setahun saja. Anda juga lebih menghargai dana yang dimiliki dan menjalani gaya hidup sewajarnya, karena akan lebih mengutamakan untuk investasi.

Apalagi jika memang ingin memiliki kebebasan finansial lebih cepat, tentu harus punya karakter hemat ini untuk mempercepat jalan tersebut. Perilaku hemat dilakukan terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama tentu harus dimiliki oleh semua investor terutama bagi investor pemula.

Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Dalam investasi jangka panjang Anda bisa menemukan banyak pilihan jenis instrumen investasi. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Saham, jenis investasi ini dijalankan dengan modal besar dan mudah diaplikasikan terutama untuk anak muda karena memberikan imbal hasil yang lebih besar dibanding instrumen investasi. Merupakan surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan baik perseroan ataupun investor korporat.
  • Reksadana, bisa jadi pilihan yang tepat untuk pemula apalagi anak muda. Reksadana merupakan surat berharga yang mewakili suatu aset. Reksadana dipilih karena ada beberapa pilihan jenis investasi di dalamnya mulai dari saham dan juga pasar mata uang yang disesuaikan dengan dana dan risiko.
  • Obligasi, jenis investasi ini juga cocok untuk investasi jangka panjang. Merupakan jenis investasi untuk para pebisnis dan pengusaha karena bisa mendapatkan dana untuk meningkatkan usahanya.
  • Emas
  • Properti
  • Asuransi

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja keuntungan yang didapatkan jika memilih untuk investasi jangka panjang. Investasi adalah cara terbaik untuk melindungi finansial, baik sekarang maupun di masa depan. Perlindungan tentu tidak hanya harus Anda berikan pada keuangan saja namun juga kepada aset yang dimiliki salah satunya kendaraan.

Misalnya saja jika Anda punya pastikan memiliki asuransi mobil sebagai perlindungan terhadap aset tersebut. Tidak perlu bingung saat memilih asuransi mobil karena Anda bisa bandingkan lewat portal online Cekpremi, agar dapat menemukan pilihan asuransi dari perusahaan terbaik yang menguntungkan bagi pemegang polis asuransi. Di Cekpremi juga sangat aman untuk melakukan perbandingan asuransi karena semua perusahaan asuransi yang ada merupakan perusahaan resmi, legal dan terdaftar di OJK.

Referensi :

Gramedia