Pentingnya Mempersiapkan Investasi Pensiun sejak Dini

investasi pensiun

Sebagus apapun keahlian dan kemampuan seseorang, ia tidak akan selamanya terus bekerja. Pasti akan datang masa seseorang berusia lanjut dan tidak mampu lagi bekerja. Di saat pensiun itulah, semua orang pasti menginginkan bisa hidup sejahtera. Salah satu caranya bisa memulai investasi pensiun sejak dini.

Di usia pensiun, semua orang berharap bisa menjalani masa tersebut tanpa beban pekerjaan atau masalah keuangan. Sayangnya itu hal tersebut tidak bisa terwujud begitu saja. Untuk memiliki masa pensiun yang tenang, seseorang memang harus bekerja keras sejak usia muda, termasuk harus pandai mengelola keuangan saat usia produktif.

Tidak sedikit orang yang di masa pensiunnya masih menanggung beban kehidupan yang berat. Misalnya, masih harus menghidupi anggota keluarga lain atau memiliki utang masa muda yang belum juga selesai. Hal-hal semacam itu menjadikan masa pensiun sebagai kondisi yang sulit dan bahkan bisa menyebabkan seseorang stres.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

Masih banyak anak muda di zaman sekarang yang belum menyadari pentingnya mempersiapkan dana pensiun dengan investasi pensiun or. Sebagian besar dari mereka tidak pernah memikirkan akan seperti apa masa tuanya nanti. Hal yang ada di pikiran hanya tentang bagaimana menikmati hasil kerja di masa muda dengan hidup bersenang-senang tanpa batas.

Akibat dari cara hidup yang demikian, seseorang akan sulit mempersiapkan dana pensiun. Padahal masa pensiun adalah suatu kepastian yang akan datang dan tidak bisa ditolak. Sementara saat itu tiba, tentu produktivitas telah menurun sehingga sulit bagi seseorang untuk tetap berpenghasilan.

Maka dari itu, anak muda perlu sadar betul akan pentingnya memiliki investasi pensiun. Mempersiapkan dana pensiun tidak bisa dimulai ketika sudah mendekati usia pensiun. Dana pensiun harus disiapkan sedini mungkin saat seseorang masih mampu bekerja keras. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyiapkan dana untuk masa tua?

1.Lunasi Utang

Tidak bisa dipungkiri, utang sudah menjadi hal biasa di masyarakat. Utang bukan suatu hal yang salah, asal terukur dan tidak melampaui batas. Memiliki utang di usia produktif juga sebenarnya bisa jadi cara untuk mencapai tujuan keuangan tertentu. Syaratnya, utang harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Anda sebaiknya tidak mengambil utang dengan jangka yang sangat lama, hingga memasuki usia pensiun. Selain itu, Anda juga lebih baik tidak mengambil utang baru mendekati masa pensiun. Utang yang sudah ada sebisa mungkin harus diselesaikan sebelum masuk usia pensiun agar nantinya masa itu tidak terganggu dengan beban utang.

2. Tentukan Jumlahnya

Mempersiapkan dana untuk masa tua tidak hanya sekadar menabung atau investasi pensiun. Anda sebaiknya memiliki rencana yang pasti, terutama tentang berapa jumlah yang harus terkumpul. Untuk mengetahui jumlah dana pensiun yang tepat, lakukan riset tentang biaya hidup di tempat yang akan ditinggali saat usia pensiun.

Setelah mengetahui jumlah dana pensiun yang perlu dikumpulkan, Anda bisa mulai menyisihkan dari pemasukan yang Anda terima. Tentukan pula berapa jumlah uang yang bisa disisihkan setiap bulannya. Jangan sampai jumlah tersebut mengganggu cash flow sebab nantinya bisa mengganggu kestabilan finansial.

3. Evaluasi Rutin

Evaluasi rutin penting dilakukan untuk memastikan dana pensiun terkumpul sesuai dengan rencana. Evaluasi bisa dilakukan dalam periode waktu tertentu sesuai dengan keinginan masing-masing. Ada yang mengevaluasi setiap 5 tahun sekali, 1 tahun sekali atau beberapa bulan sekali.

Tujuan lain dari evaluasi adalah untuk melihat hasil dari investasi pensiun yang Anda pilih, apakah bisa menghasilkan keuntungan atau justru merugi. Jadi Anda bisa secepatnya mengambil keputusan atau melakukan tindakan . Sedangkan jika tanpa evaluasi, kerugian atau masalah lain akan terlambat disadari.

Alasan Memilih Investasi Pensiun

Menabung merupakan cara paling mudah untuk mempersiapkan dana pensiun. Siapa saja bisa melakukan cara ini. Namun investasi lebih disarankan sebagai program dana pensiun. Mengapa investasi lebih dianjurkan daripada menabung? Bukankah keduanya sama-sama bisa mendatangkan keuntungan?

Dari menabung, Anda bisa mendapatkan bunga. Akan tetapi, bunga tabungan tidak bisa diandalkan untuk mencapai target dana pensiun karena nilainya yang relatif kecil. Sementara target dana pensiun selalu dalam jumlah yang besar sebab dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat Anda tidak bisa lagi produktif bekerja.

Faktanya, bunga tabungan yang saat ini berlaku di Indonesia hanya sebesar 3-4%. Itu adalah presentase yang berlaku untuk tabungan minimal Rp1 milyar. Sedangkan investasi pensiun bisa menghasilkan keuntungan hingga 7-8% per tahun. Nilai tersebut bisa dibilang sudah cukup besar untuk memulai program dana pensiun.

Fakta lain memperlihatkan bukti bahwa banyak masyarakat saat ini masih belum berpikir untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini. Hal itu disebabkan oleh beragam faktor alasan. Generasi milenial lebih suka menyisihkan penghasilannya untuk pendidikan atau membangun rumah. Sementara yang lain memang tidak punya cukup uang untuk dana pensiun.

Pentingnya Memiliki Investasi Pensiun

Dana pensiun termasuk rencana anggaran jangka panjang. Waktu mengumpulkannya lumayan lama dan juga akan dipakai dalam waktu yang lama. Memiliki tabungan hari tua dari investasi pensiun memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini.

1.Bisa Hidup Tenang di Masa Tua

Dana pensiun akan menjadikan Anda orang yang bisa hidup tenang dan menikmati masa tua. Pasalnya Anda tidak akan lagi dipusingkan dengan aktivitas bekerja. Anda bisa menjalani waktu di usia tua dengan melakukan hobi, lebih banyak beristirahat dan bisa lebih fokus pada kesehatan.

2. Sebagai Jaminan Kesehatan

Masa tua selalu erat kaitannya dengan berbagai risiko penyakit, mengingat fungsi organ menurun seiring bertambahnya usia. Dengan memiliki dana pensiun yang cukup, Anda tidak khawatir akan risiko kesehatan yang mungkin muncul di usia lanjut.

3. Tidak Membebani Generasi Penerus

Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini sama artinya Anda menyelamatkan generasi berikutnya. Artinya, Anda bisa menanggung sendiri kebutuhan hidup tanpa bergantung pada anak. Cara ini juga bisa menjadi upaya untuk memutus rantai sandwich generation yang menjadi fenomena di masyarakat saat ini.

Selain mempersiapkan tabungan hari tua dengan investasi pensiun, sejak dini Anda juga harus sadar pentingnya proteksi terhadap harta benda. Salah satunya adalah asuransi mobil untuk kendaraan yang Anda miliki. Tentukan asuransi terbaik untuk kenyamanan hidup Anda dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Digibank