Jangan Salah, Ini Dia Perbedaan Paylater dan Pinjol

paylater

Masyarakat modern tentu sudah banyak yang mendengar tentang paylater dan pinjol. Kedua layanan keuangan ini memang menjadi hal yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bisa menikmati kemudahan dalam mendapatkan suatu produk atau uang. Apabila Anda belum terlalu memahami tentang kedua hal tersebut sebaiknya mengetahui pengertian dan perbedaannya.

Meskipun keduanya berkaitan dengan pembiayaan, akan tetapi ada perbedaan mendasar yang perlu dipahami. Dengan mengetahui tentang dua hal tersebut Anda akan lebih berhati-hati saat memanfaatkan layanan keuangan tersebut.

Perbedaan Paylater dan Pinjol

Ada beberapa hal yang membuat dua layanan keuangan tersebut memiliki perbedaan, mulai dari konsep dasar hingga kegunaannya. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari paylater dan pinjol yang wajib Anda ketahui:

1. Definisi dan Konsep Dasar

Secara definisi, kedua layanan keuangan tersebut sangatlah berbeda. Paylater adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi tanpa harus membayar pada waktu itu juga. Artinya, seseorang dapat membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya nanti dalam periode waktu tertentu. Sementara itu, Pinjol adalah platform yang menyediakan pinjaman uang secara online. Pinjaman ini bisa berjumlah kecil atau besar, tergantung pada kebutuhan pengguna.

2. Waktu Pembayaran

Hal berikutnya yang juga membuat paylater serta pinjol sangat berbeda adalah pada waktu pembayaran. Apabila Anda menggunakan layanan ‘bayar nanti’, maka Anda biasanya memiliki waktu tertentu, misalnya 14 atau 30 hari, untuk melunasi pembelian yang dilakukan.

Di sisi lain, Pinjol biasanya memiliki metode pembayaran dengan angsuran rutin dalam jangka waktu yang lebih panjang. Orang-orang yang meminjam uang melalui pinjol atau pinjaman online diharuskan untuk membayar cicilan dalam kurun waktu beberapa bulan sesuai dengan opsi yang dipilih.

3. Risiko dan Bunga

Perbedaan berikutnya ada pada resiko dan bunga yang ditawarkan oleh kedua layanan keuangan tersebut. Ketika Anda menggunakan layanan bayar nanti, biasanya risiko yang dihadapi akan lebih rendah karena hanya menangguhkan pembayaran untuk suatu periode waktu. Namun, layanan ini dapat mengenakan biaya tambahan jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.

Sedangkan bagi pengguna layanan pinjaman online atau pinjol, biasanya bunga yang harus dibayarkan cukup besar. Bunga pinjaman tersebut akan sangat tergantung berapa besar uang yang juga memiliki risiko finansial yang lebih tinggi apabila seseorang tidak melakukan pembayaran tepat waktu.

4. Tujuan Penggunaan

Selanjutnya, hal yang juga membedakan antara paylater dan pinjol adalah pada tujuan penggunaan. Para pengguna layanan bayar nanti seringkali memanfaatkan layanan ini ketika membeli barang tertentu untuk kebutuhan. Akan tetapi pada waktu itu belum memiliki uang, sehingga memilih layanan ini agar tetap bisa mendapatkan produk segera dan melakukan pembayaran nanti. Penggunaan layanan ini juga lebih fleksibel dan tidak mengikat dalam jangka panjang.

Sebaliknya, Pinjol seringkali dipilih ketika seseorang membutuhkan dana tambahan untuk keperluan yang lebih besar, seperti biaya pendidikan, perbaikan rumah, atau keadaan darurat. Jadi ketika Anda melakukan transaksi dengan dua layanan keuangan tersebut, produk yang didapatkan akan berbeda.

Paylater artinya Anda mendapatkan produk, kemudian melakukan pembayaran di kemudian hari. Sedangkan pinjaman online, pengguna akan mendapatkan uang pada waktu itu dan melakukan pembayaran secara dicicil.

5. Proses Aplikasi dan Persetujuan

Ketika Anda menggunakan dua layanan keuangan tersebut, maka akan merasakan perbedaan pada proses aplikasi dan persetujuan. Proses aplikasi Paylater biasanya lebih cepat dan sederhana. Beberapa aplikasi bahkan menawarkan layanan bayar nanti tanpa memerlukan verifikasi kredit yang rumit.

Sedangkan masyarakat yang ingin menggunakan atau memanfaatkan aplikasi Pinjol, biasanya akan melalui proses yang lebih detail dan memerlukan persetujuan yang lebih ketat karena melibatkan pinjaman uang dalam jumlah yang cukup besar.

6. Pengaruh terhadap Kredit

Anda akan menemukan perbedaan antara dua layanan tersebut terhadap kredit atau pembayaran. Penggunaan Paylater biasanya tidak memiliki dampak besar pada skor kredit seseorang, selama pembayaran dilakukan tepat waktu. Sebaliknya, Pinjol dapat memengaruhi skor kredit, jika tidak dikelola dengan baik atau jika terjadi keterlambatan pembayaran.

Meskipun Paylater dan Pinjol memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan akses keuangan yang lebih mudah, akan tetapi pada kenyataannya terdapat berbagai macam perbedaan yang mencolok bagi setiap penggunanya.

Penting bagi masyarakat untuk memahami karakteristik masing-masing layanan ini agar dapat membuat keputusan finansial yang cerdas dan sesuai dengan kebutuhan. Seiring dengan perkembangan teknologi keuangan, pilihan-pilihan ini kemungkinan akan terus berkembang. Sehingga pemahaman yang baik tentang kedua layanan keuangan tersebut akan membantu Anda untuk bisa mengontrol diri dan keuangan sehingga tidak terjerumus pada resiko yang membahayakan finansial Anda.

Pentingnya Asuransi Mobil dalam Kehidupan Sehari-hari

Anda tentu sangat peduli dengan keadaan finansial, sehingga penting untuk memahami tentang perbedaan pinjol dan paylater. Setelah mengetahui tentang dua layanan keuangan tersebut, Anda juga harus memahami tentang pentingnya perlindungan finansial dengan Asuransi. Salah satu aset penting yang perlu dilindungi dengan asuransi adalah mobil.

Apabila Anda memiliki asuransi mobil tentu akan merasa lebih terlindungi dari berbagai macam kerugian akibat berbagai macam resiko seperti kecelakaan, pencurian, atau bahkan kerusakan. Asuransi mobil akan membantu Anda merasa lebih tenang karena tidak akan terlalu khawatir jika sewaktu-waktu ada biaya besar yang harus dikeluarkan untuk membiayai mobil Anda.

Untuk memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, Anda bisa memanfaatkan website Cek Premi. Website ini memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi masyarakat yang ingin menemukan layanan asuransi mobil terbaik dan terpercaya sesuai kebutuhan.

Dengan mengakses situs ini, Anda bisa mendapatkan informasi berkaitan dengan Asuransi mobil sesuai dengan keinginan. Dengan melakukan perbandingan ini, Anda dapat mengevaluasi cakupan, premi, dan manfaat tambahan yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Selain itu, membandingkan beberapa layanan asuransi mobil melalui website cek premi juga dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat. Sehingga Anda dapat memilih asuransi mobil mana yang memberikan perlindungan optimal dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan paylater dan pinjol serta pentingnya memiliki asuransi mobil. Jangan ragu untuk memanfaatkan website Cek premi, karena website ini bisa diakses dengan mudah, cepat, dan bermanfaat.

Referensi :

CNN Indonesia